Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor Terbaru 2022

Penyebab Oli Bocor Di Blok Mesin Motor
Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor

Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor Terbaru 2022. Kebocoran oli di blok mesin Ini biasanya terjadi ketika Anda tidak merawat kendaraan Anda dengan baik.

Oli yang bocor dari blok mesin jika dibiarkan bisa merusak mesin nantinya karena kehabisan oli di mesin.

Tidak hanya merusak mesin, kebocoran oli juga dapat membuat motor Anda terlihat kotor setiap saat karena oli yang menempel dan sulit dibersihkan.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus tahu jika mesin Anda bocor oli dari blok mesin. Pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab kebocoran oli di blok mesin.

Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor Terbaru

Jangan biarkan oli rembes pada kendaraan anda terlalu lama, karena akan memperparah kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda.

Segera cari tahu penyebab bagaimana oli bisa bocor ke blok mesin Anda agar bisa ditangani dengan baik.

Secara umum, ada beberapa hal yang biasa terjadi dalam kasus ini. Berikut Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor :

1. Blok Mesin

Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor pertama yang sering terjadi saat terjadi kebocoran blok mesin adalah penyebabnya: disana ada. Segel minyak ini terbuat dari karet, sehingga memiliki banyak kekurangan.

Segel oli akan rusak karena mengeras hingga retak karena sudah dimakan usia pemakaiannya.

Selain rusak karena masa pakainya, penggunaan oli yang berlebihan seperti kapasitas hanya 0,8 tetapi oli ditambah 1 liter juga menjadi penyebab seal oli rusak dan menyebabkan kebocoran.

Baca juga: 2 Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar dan Aman

Oleh karena itu, gantilah oli sesuai takaran kendaraan Anda, jangan berlebihan atau kurang.

Fasilitas disana ada yang tidak akurat juga dapat menyebabkan kebocoran blok mesin. Pemasangan seal oli harus rata dan presisi agar tidak terjadi kebocoran.

Selain itu, untuk menghindari masalah kebocoran pada blok mesin, pemasangan seal oli dapat dibantu dengan menggunakan lem khusus pada lubang pemasangan.

Anda juga harus memperhatikan bahwa segel tidak boleh penyok, karena jika demikian, lingkaran segel oli akan berubah.

2. Kebocoran di mesin pengepakan

Rembesan oli ke blok mesin juga bisa terjadi karena paking mesin dan menjadi Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor Ini terjadi karena mesin pengepakan harus diganti agar terjadi kebocoran.

Dalam hal ini, biasanya terjadi karena sudut sambungan antara komponen eksternal, seperti penutup gearbox kiri dan kanan pada mesin bermotor, tidak lagi akurat.

Udara panas yang menyebabkan mesin pengemasan menyusut sehingga perlu diganti, hal ini menyebabkan oli bocor ke blok mesin.

Kondisi blok mesin yang panas dapat menyebabkan gasket menyusut dan tidak menempel seperti dulu.

Selain itu dapat juga terjadi akibat proses pelepasan baut pengencang blok mesin yang tidak hati-hati sehingga ulir aus dan tidak mampu menahan sambungan secara maksimal, sehingga oli bocor.

Baca juga: Penyebab Lampu Motor Sering Rusak Dan Cara Mengatasi Lampu Motor Rusak 2022

3. Blok mesin retak

Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor selanjutnya adalah retakan pada blok mesin. Pemilik sepeda motor jarang menyadari hal ini.

Retak pada blok mesin dapat terjadi karena benturan yang kuat pada saat berkendara atau penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin yang dimiliki kendaraan tersebut.

Mengemudi dengan hati-hati atau sesuai dengan kapasitas mesin dapat membantu mencegah terjadinya keretakan pada blok mesin.

Pemilihan oli juga harus sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki, Anda harus memperhatikan tingkat kekentalannya.

Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor, jika oli terlalu kental akan sulit untuk dipindahkan, sehingga kinerjanya akan cenderung sesuai. Di sisi lain, jika terlalu cair, dapat menyebabkan banyak masalah dengan mesin.

Efek oli yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kondisi stress pada mesin sehingga menyebabkan blok mesin pecah.

Perhatikan kendaraan Anda, jangan sampai terjadi kebocoran pada blok mesin. Karena jika terjadi kebocoran, maka Anda memerlukan penanganan khusus untuk kendaraan Anda.

Itulah informasi singkat tentang Penyebab Oli Bocor di Blok Mesin Motor Terbaru 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.