4 Cara Cek Valid Blog AMP di Halaman Mobile Lengkap

  • Bagikan
4 Cara Cek Valid Blog AMP di Halaman Mobile Lengkap

BYSNIS.COM – pengguna internet saat ini ini sudah didominasi oleh smartphone dari pada komputer. Memakai blog valid AMP seakan-akan hukumnya wajib. Untuk mengecek valid blog AMP bisa memakai 4 tools di halaman ini. Mari kita bahas 4 Cara Cek Valid Blog AMP Pakai Tools.

Blog AMP

AMP atau Accelerated Mobile Pages bahasa indonesia berarti laman seluler dipercepat. Blog AMP dibuat oleh Google secara open source. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan HP dalam mengakses laman internet.

Valid blog amp juga dibuat untuk kenyamanan pengguna yang tidak bisa membuka search layaknya komputer.

Sementara komputer mengakses semua program yang ada di laman internet. Sedangkan valid blog AMP lebih optimal ketika dibuka di smartphone secara mobile.

Perangkat mobile seperti HP hanya membutuhkan teks dan gambar saja tanpa harus mengakses program yang lebih kompleks seperti komputer.

Baca juga : Perbedaan Blog Valid AMP dan Non AMP Lengkap

Halaman web yang telah menggunakan teknologi AMP memungkinkannya bisa dimuat 4 kali lebih cepat dari biasanya. Selain itu, dari sisi pengguna dapat menghemat data internet hingga 10 kali lipat.

Pemilik situs web harus rela menampilkan halamannya dengan sederhana. Teknologi AMP saat ini tidak dapat mendukung berbagai jenis konten dan grafik, seperti pada halaman non-AMP. Sehingga tampilan halaman lebih sederhana.

Teknologi AMP sangat cocok untuk pemilik blog yang memiliki jumlah pengunjung di dominasi dari perangkat mobile.

Saya merekomendasikan pengguna platform Blogger untuk menggunakan fitur AMP ini di blog baru. Selain template yang digunakan, template tersebut harus kompatibel dengan fungsi AMP. Anda harus mengubah semua gambar di postingan satu per satu.

Berbeda dengan platform WordPress, Anda bisa menggunakan plugin yang bisa mempermudah proses pengubahan struktur halaman web.

Baca juga : Apa Kelebihan Blog Valid AMP Dari Non AMP

Kelebihan Menggunakan Blog Valid AMP

4 kali lebih cepat loadingnya

Kelebihan pertama yang paling terlihat adalah kecepatan loading hingga 4 kali lebih cepat dari non amp. kamu hanya bisa akses di perangkat mobile smartphone saja. Tidak untuk pengguna mode desktop meskipun di smartphone. Kamu hanya bisa memakai di mode mobile.

Beban Server Jadi Lebih Ringan

Halaman AMP telah disimpan ke cache Google. secara otomatis kelebihan ini dapat meringankan beban server atau hosting kamu.

Tampilan Blog Lebih Sederhana

Perubahan dari halaman non AMP menjadi amp dapat mengorbankan beberapa perintah program html atau CSS. Hal ini dapat menjadikan kelebihan pada plot karena pengunjung menjadi fokus pada konten body halaman.

Bisa Meningkatkan Ranking di Google

Kelebihan terakhir yaitu dapat meningkatkan ranking domain blog kita menjadi di atas mesin pencari Google. Mengapa demikian? Karena Google lebih menyukai pada pelek yang memiliki kecepatan loading maksimal.

Jika Anda telah menerapkan teknologi AMP di web. Anda dapat memeriksa situs web menggunakan berbagai alat pengujian AMP. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pada website.

Untuk mengecek blog apakah sudah valid AMP, akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Cara Cek Valid Blog AMP

Terdapat 4 cara cek blog valid amp untuk meyakinkan bahwa blog anda sudah benar-benar AMP.

Ada Gambar Petir di Mesin Pencari Google

Cara pertama untuk mengetahui blog valid AMP adalah dengan melihat halaman di mesin pencari Google. Biasanya memiliki tanda petir ketika di halaman pencarian Google. Tentu harus dibuka melalui perangkat smartphone mobile.

Jika laman blog kamu tidak valid AMP maka tidak akan muncul gambar petir di mesin pencari google dengan dibuka melalui perangkat mobile seperti HP.

Baca juga : Memahami Kekurangan Pakai Blog AMP Dengan Mudah

Pakai Google AMP Test

Anda bisa langsung menggunakan alat tes amp yang telah disediakan oleh google yaitu Google AMP Test. Anda bisa langsung memasukkan url halaman web yang akan di tes.

Jika struktur amp nya sudah benar, maka akan muncul keterangan valid dengan tulisan berwarna hijau.
valid google amp.

Begitu juga sebaliknya, Jika struktur amp nya tidak benar, maka akan muncul keterangan tidak valid dengan tulisan berwarna merah.

Menggunakan AMP Validator

Cara Cek Valid Blog AMP di Halaman Mobile keyiga yaitu menggunakan AMP validator.

Tools yang ini merupakan alat tes yang disediakan oleh tim proyek AMP. Anda bisa mengunjungi alat tes nya di The AMP Validator.

Tools ini lebih mudah untuk digunakan karena anda hanya tinggal memasukkan url halaman web yang akan dicek tanpa harus melewati kode captcha terlebih dahulu.

Blog valid AMP akan muncul keterangan PASS yang menunjukkan bahwa struktur amp yang dipasang telah sesuai dengan aturan nya. Jika masih ada struktur yang salah, nanti akan muncul peringatan di baris mana error tersebut.

Baca juga : Cara Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Agar Banyak Pembeli

Menggunakan Ekstensi AMP Validator

Cara  Cek Valid Blog AMP selanjutnya adalah menggunakan ekstensi atau plugin di browser google chrome. Bisa digunakan juga di browser firefox.

Ekstensi ini dibuat oleh tim proyek AMP itu sendiri. Anda dapat menginstal ekstensi ini di browser Chrome. Anda dapat menginstal ekstensi ini dengan mengunjungi halaman Validator AMP.

Silahkan download dan pasang di perangkat komputer dan aktifkan. Silahkan dicoba-coba sendiri fitur dari plugin ini untuk cek blog valid amp.

https://chrome.google.com/webstore/detail/amp-validator/nmoffdblmcmgeicmolmhobpoocbbmknc

Jika dipasang, ikon kecil akan muncul di sebelah kiri bilah URL di browser. Anda dapat langsung mengujinya dengan membuka halaman web untuk memverifikasinya.

Ikon petir akan berubah menjadi hijau jika sudah valid blog AMP. Jika terjadi kesalahan, warnanya akan menjadi merah.

Begitulah 4 Cara Cek Valid Blog AMP di Halaman Mobile Lengkap. Semoga dengan 4 Cara Cek Valid Blog AMP bisa membantu anda dalam mengecek blog sudah valid amp.

  • Bagikan

Respon (1)

  1. Ternyata cara mengecek blog itu amp tidaknya tinggal masuk kewebnya…
    Tapi,kalo bisa cara membuat ampnya supaya lebih responsif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *