Perbedaan Blog Valid AMP dan Non AMP Lengkap

4 Cara Cek Valid Blog AMP di Halaman Mobile Lengkap





BYSNIS.COM – Sudah tahu apa Perbedaan Blog AMP dan Non AMP? Blog valid AMP saat ini dibutuhkan guna memudahkan pengunjung dari HP. Begini cara perbandingan Blog yang Support AMP dan non AMP.

Apa Itu Blog AMP

AMP (Accerelated Mobile Page) adalah website yang memiliiki sumber terbuka dan bertujuan untuk menciptakan web site yang lebih baik untuk semua pengguna.

Salah satu kontributor utama dalam pengembangan proyek AMP adalah Google. Google sendiri menerapkannya pada mesin pencari.

Blog telah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Blogspot juga dapat digunakan sebagai blog, yang terletak di situs web Internet. Website memiliki 2 mode yaitu mode html dan mode AMP (accelerated mobile page).

Blogspot atau blogger juga mendukung atau valid yaitu AMP dan HTML. Lalu apa perbedaan antara blog AMP yang valid dan HTML / non-AMP? Coba penjelasannya di bawah ini.

Perkembangan teknologi mesin pencari Google. Google telah membuat inovasi baru yaitu Accelerated Mobile Pages (AMP) yang merupakan cara untuk membuat halaman web yang ringan dan dapat dimuat dengan cepat terutama pada perangkat mobile.

Apa Itu Blog Non-AMP / HTML

Sedangkan Non AMP merupakan project lama yang telah dihadirkan oleh Google dalam bentuk layout halaman website, namun tingkat kecepatan, layar Deskop dan layar ponsel belum maksimal.

Penjelasan singkat di atas menyimpulkan bahwa proyek non-AMP atau HTML merupakan proyek lama atau generasi lama. Sedangkan Blogger menggunakan template terbaru yaitu AMP.

Jadi yang membedakan template AMP dan non-AMP adalah waktunya, yaitu yang terbaru dan terlama.

Ciri-ciri Template AMP di Web Blog

Saat browsing internet atau browsing, cari simbol petir di bawah judul artikel di pencarian Anda atau seperti gambar di bawah ini. Jadi, template situs web sesuai dengan AMP.

Situs web atau blogger yang menggunakan template AMP biasanya memuat lebih cepat daripada template umum seperti HTML.

Sebagian besar situs web yang menggunakan template AMP diimplementasikan di situs-situs terkenal seperti portal berita atau toko online atau situs web lain.

Ini karena banyak pengunjung adalah pengguna jaringan lambat dan pengguna jaringan cepat.

Contoh Blog Valid AMP

Gambar tersebut adalah contoh dari web blog yang support AMP. Setiap anda membuka pencariaan Google di smartphone dan melihat ada petir seperti di gambar berarti blog tersebut adalah AMP.

Anda bisa membuka halaman dengan lebih cepat dibandingkan dengan tidak ada icon petirnya.

Anda tidak bisa melihatnya jika browser tersebut dalam mode desktop. Atau membuka di PC atau Laptop juga tidak akan bisa membuka dengan mode valid AMP.

Apakah AMP Bisa Diterapkan di Web Blogspot ?

Bisa. Anda bisa menerapkan di Blogspot dengan valid AMP. Sampai saat ini sendiri belum menyediakan template bawahan versi amp. Hanya saja dibutuhkan script manual tidak seperti di wordpress.

Saat ini tidak semua pengguna blogspot menerapkan valid amp. Karena masih dibutuhkan beberapa keahlian tertentu untuk menerapkannya.

Baca Juga : Memahami Kekurangan Pakai Blog AMP Dengan Mudah

PERBEDAAN WEB BLOG VALID AMP DAN NON AMP

Penjelasan Blog Valid AMP

Pertama, kita harus mengetahui karakteristik blog AMP yang valid sebelum membahas non-amplifier. Berikut penjelasan singkat blog AMP yang valid:

  • Memiliki 4 kali lebih cepat dari Non AMP

Blog AMP sangat valid untuk pengguna internet teknik pencarian Google. Situs web atau blog yang valid AMP dapat membuka web 4 kali lebih cepat daripada non-AMP atau HTML. Ini karena template dengan fungsi AMP di-cache oleh AMP Goggle.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk membuka website dalam mode mobile agar Anda dapat melihat perbedaan bahwa blog dapat dimuat dalam posisi jaringan yang lemah.

  • Mengisi daya 10 kali lebih cepat setelah dibuka

Blog AMP yang valid lebih hemat data karena template dengan fungsi AMP yang valid menggunakan cache yang sebelumnya disimpan di browser kita.

Saat kita membuka web, wa chat otomatis tersimpan di perangkat kita. Jadi ketika kita buka webnya akan terbuka 10 kali lebih cepat dari Non AMP atau HTML.

  • Didukung oleh banyak papan untuk SEO yang maksimal

Blog yang menggunakan template AMP kompatibel dengan banyak platform. Sehingga sudah bisa ditebak bahwa SEO yang menggunakan template AMP akan sangat direkomendasikan dibandingkan SEO yang tidak menggunakan AMP.

Secara otomatis akan mudah mendapatkan banyak pengunjung organik dari Google.

Sebuah blog web yang menggunakan template AMP memiliki logo petir di pencarian Google-nya.

Baca Juga : Apa Kelebihan Blog Valid AMP Dari Non AMP

  • Tidak Diperkenankan Menggunakan JavaScript

Diperlukan perlakuan khusus untuk menulis artikel karena web blog yang valid AMP tidak diperkenankan menggunakan JavaScript. Ini merupakan salah satu kekurangan pengguna web blog AMP.
  • Tidak support komentar blogger

Kelemahan website Valid AMP adalah tidak mendukung komentar blogger. Untuk menunjukkan dukungan untuk komentar di halaman web AMP, seperti komentar Disquss dan komentar Facebook.

Padahal, pada dasarnya, komentar blogger adalah fitur built-in yang dimiliki blogger. Ini karena kompatibel dengan berbagai platform, seperti google, wordpress, MSvalidate, dan Annonymous.

Tidak support page number pada halaman web

Template Valid AMP tidak mensupport Page Number pada laman web, Blog Pager With Title, hal ini disebabkan kurangnya tutorial yang disediakan oleh situs-situs lain yang membahas tentang Valid AMP.
Jadi untuk mengedit template Valid AMP masih sangat terbatas di karenakan project ini masih dikatakan baru juga  yang masih jarang orang yang memakai AMP dalam dunia web designe

Blogspot yang Non AMP atau HTML

  • Jaminan SEO

Laptop yang menggunakan template Non AMP sangat banyak digunakan di seluruh dunia. Sehingga banyak designer dan developer web yang mengembangkan templatenya. template web blog yang non AMP sudah dilengkapi banyak sekali fitur sehingga akan menjamin SEO.
  • Responsive

Template Non AMP sudah dilengkapi dengan fitur responsive. Sehingga tidak hanya nya website AMP saja yang dibilang responsif. Jadi dalam hal ini tidak perlu khawatir karena web yang kita kelola bisa dikunjungi melalui perangkat manapun.
  • Mudah di Edit

Template Non AMP  bebas di edit sesuai keinginan kita. Tanpa ada aturan sedikit pun kita bisa mengubahnya. Beda dengan web menggunakan template AMP yang sedikit memiliki aturan seperti komentar broker dan an tidak tersedianya fitur page number.
  • Lemot Jika Dibuka di HP

Terkesan lemot atau loadingnya lama jika dibuka di hp karena template Non AMP atau HTML memiliki banyak script. Script tersebut dapat diisi semua jenis bentuk pemrograman yang ada.

Baca Juga : Apa Kelebihan Blog Valid AMP Dari Non AMP

Hal SEO : AMP atau Non-AMP?

Coba kita lihat di indeks Google, mesin pencari lebih memprioritaskan website atau blog yang mendukung teknologi AMP. Google sendiri menganjurkan untuk memakai template valid AMP.

Tapi untuk jaminan SEO, para developer lebih mengutamakan produksi template Non-AMP. Template Non-AMP lebih banyak disisipi berbagai fitur pendukung SEO, hal ini mengakibatkan masih banyak orang yang memakai template Non-AMP.

Secara Garis Besar pilih AMP atau Non-AMP?

Dikarenakan Web Blog versi amp memiliki kecepatan lebih cepat dari pada non AMP atau HTML, maka rekomendasi terbaik adalah menggunakan amp.

Bukan berarti web atau blog mode non-amp tidak berkualitas. Justru non-amp memiliki fitur lebih lengkap daripada versi amp.

Baca Juga : cara membuat watermark otomatis di blog

Kesimpulan Web Blogger Menggunakan Template AMP atau Non AMP

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa :
  • Blogspot yang valid AMP memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat hingga 10 kali lebih cepat daripada Non AMP atau HTML yang lebih lemot di mode Mobile
  • Blog Valid AMP memiliki dukungan SEO lebih kuat oleh Google namun template Non AMP atau HTML jauh lebih SEO karena Non AMP memiliki dukungan penuh tentang script pemrograman
  • Template amp tidak mendukung adanya komentar loker dan page number pada halaman web. Sementara template non amp memiliki dukungan penuh terkait hal tersebut.
  • Blog Non AMP lebih responsif daripada AMP
  • Sekian dari Serbarena pembahasan mengenai Perbedaan Template Blogger AMP dengan Non AMP / HTML Lengkap. Jika ada  pertanyaan atau kendala  Anda bisa menghubungi kami DISINI. kenyamanan Anda adalah kebanggaan saya. Terima kasih.
Semoga dengan penjelasan mengenai perbedaan antara web atau blog versi AMP dan non AMP memberikan manfaat untuk anda.
Bysnis Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk informasi dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications