Tips Travelling Saat Pandemi yang Aman untuk Refreshing

Tips Travelling Saat Pandemi yang Aman untuk Refreshing





BYSNIS.COM –  Virus Corona telah melumpuhkan kehidupan kita hampir setahun lamanya. Tak hanya di Indonesia, negara-negara dunia pun berulang kali menarik dan menetapkan lockdown. Ada Tips Travelling Saat Pandemi untuk refreshing agar otak kita tidak penat di rumah saja.

Kegiatan seperti sekolah dan bekerja telah beralih menjadi SFH (School From Home) dan WFH (Work From Home). Situasi ini tentu membuat banyak orang merasakan penat sebab harus berada di rumah saja.

Hasil dari perkembangan pandemi pun tidak pasti. Ada lonjakan penderita hingga suatu daerah masuk dalam zona merah, ada yang telah pulih. Berbagai regulasi telah di coba untuk mengatasi keadaan yang serba tak pasti ini. Pemerintah pun menerapkan protokol kesehatan di berbagai lini kehidupan termasuk wisata untuk membangkitkan perekonomian.

Jadi Anda bisa melakukan travelling dengan syarat menjalankan protokol kesehatan yang telah di tetapkan. Dengan tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan, anda dapat melepas penat yang anda rasakan. Mari simak tips traveling aman saat pandemi yang dapat anda gunakan untuk menambah keamanan anda dalam perjalanan.

Berikut Tips Travelling yang Aman Pandemi Covid

Ada banyak tips untuk menjaga keamanan dan keselamatan saat travelling dalam keadaan pandemi. Berikut kami rangkum 10 tips yang dapat anda gunakan dan modifikasi sesuai kebutuhan anda dibawah ini!

1. Tips Travelling Saat Pandemi Pertama Pastikan Anda Sehat

Tips travelling aman saat pandemi yang pertama adalah memastikan diri anda dalam keadaan yang sehat. Tidak hanya anda, pastikan juga keluarga yang ikut travelling, pasangan atau teman juga dalam keadaan sehat.

Anda bisa lakukan medical check up ke dokter dan melakukakan rapid test atau swab test mandiri. Hasil tes tersebut juga telah menjadi syarat wajib bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dan memasuki sebuah wilayah.

Sebab jika anda sakit atau ada dalam kondisi tidak prima maka daya tahan tubuh menurun. Anda tidak akan bisa menikmati liburan anda bahkan berpotensi tertular virus Covid-19.

2. Memilih Jenis Travelling

Setelah memastikan bahwa anda sehat, maka tips traveling aman saat pandemi selanjutnya adalah memutuskan jenis travelling. Ada dua jenis travelling yang dapat anda pilih yaitu travelling kelompok dan solo travelling.

Jika anda ingin berlibur beramai-ramai maka sangat direkomendasikan untuk travelling bersama keluarga yang tinggal serumah.  Sebab teman atau rekan kerja anda memiliki pencegahan virus corona yang berbeda, maka potensi penularan cenderung tinggi.

Alangkah baiknya jika anda melakukan solo travelling, jenis travelling ini pilihan terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Selain menghindari kontak dengan orang lain, anda dapat menikmati waktu dengan diri sendiri.

Baca juga : Arti Mimpi Melihat Listrik Pertanda Energi Spiritual

3. Memilih Tempat Liburan

Tempat yang ramai, tertutup dan padat cenderung memiliki potensi penularan virus corona lebih tinggi. Tips travelling aman saat pandemi berikutnya yaitu menentukan tempat liburan dengan tingkat penularan rendah bahkan nol.

Anda bisa memilih tempat berlibur yang luas, terbuka dan tidak banyak pengunjung seperti agar anda bisa menerapkan physical distancing. Pilihlah tempat wisata luar ruangan (outdoor) seperti pantai, kebun, gunung dan air terjun.

Tidak perlu jauh anda bisa memanfaatkan objek wisata terdekat yang ada di kota atau kabupaten anda. Dengan memilih wisata yang dekat, anda dapat berhemat sekaligus terhindar resiko tertular virus corona.

Selain outdoor, jika anda tidak menyukai sengatan matahari atau khawatir dengan cuaca maka staycation di Hotel bisa jadi pilihan. Dengan staycation anda tidak perlu repot berkeliling dan cukup menikmati fasilitas mewah yang ada.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan penularan virus corona karena pihak hotel akan selalu menjaga kebersihan. Tamu yang datang pun dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Anda bisa melakukan staycation dengan keluarga atau sendirian dengan nyaman dan tenang.

4. Riset Tempat Liburan

Tips travelling aman saat pandemi selanjutnya yakni melakukan riset tentang tempat tujuan liburan anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari informasi terkait konidisi corona di tempat tersebut. Pastikan tempat tujuan anda tidak tergolong dalam zona merah demi keamanan anda.

Anda juga harus mencari tahu protokol kesehatan yang diterapkan di objek wisata yang masuk dalam daftar tujuan anda. Apakah ada peraturan khusus yang berlaku selama pandemi, jam buka, barang yang boleh dibawa dan lain-lain.

Baca juga : 6 Kelebihan Pre-order (PO) untuk Bisnis Jual Beli Online

5. Transportasi Travelling

Setelah melakukan riset mengenai tempat dan objek wisata tujuan maka selanjutnya adalah memeriksa transportasi. Jenis moda apa yang anda gunakan untuk berangkat, berkeliling dan pulang dari sana?

Sangat direkomendasikan untuk anda menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Kendaraan pribadi jelas lebih terjamin kebersihan dan keamanan nya dibandingkan dengan transportasi umum. Jika belum memiliki kendaraan pribadi yang memadai, maka anda bisa menggunakan transportasi umum dengan protokol kesehatan yang ada.

6. Memilih Tempat Menginap

Tips travelling aman saat pandemi berikutnya memilih tempat menginap anda selama liburan. Untuk jaminan keamanan, anda bisa memilih hotel atau penginapan yang telah tersertifikasi standar kesehatan selama pandemi.

Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan nama Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE).

Tujuan sertifikasi ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta masyarakat dalam menginap. Tidak lupa anda bisa melakukan konfirmasi pada pihak hotel mengenai protokol kesehatan yang diterapkan.

7. Siapkan Perlengkapan Pencegah Virus Covid-19

Pencegahan Virus Covid-19 atau Corona dimulai dengan menyiapkan perlengkapan seperti masker dan handsanitizer. Dimana pun anda berada, pastikan anda selalu menggunakan masker dan membawa masker cadangan.

Sedangkan handsanitizer dibawa sebagai alat darurat ketika anda tidak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan. Sebab dalam perjalanan bisa jadi anda tidak bisa menemukan wadah mencuci tangan, toilet atau kamar mandi.

Serta hindari menyetuh area wajah dengan tangan jika anda belum mencuci tangan. Anda juga boleh menambah perlengkapan pencegah virus ini dengan menggunakan face shield. Tak lupa bawalah tisu kering atau tisu basah dan semprotan disinfektan untuk membersihkan barang-barang anda.

8. Bawa Peralatan Pribadi

Membawa peralatan pribadi menjadi tips travelling aman saat pandemi yang akan kita bahas. Alat pribadi ini diantaranya alat mandi seperti handuk, sikat gigi, sabun dan sampo. Alat makan pun juga bisa anda bawa saat travelling seperti tempat minum, sendok dan garpu. Dengan membawa peralatan pribadi ini, resiko penularan akan rendah.

Saat menggunakan toilet umum pun anda juga harus waspada sebab virus dapat menyebar saat kita menyiram air di kloset. Maka sebaiknya anda tidak berlama-lama dan menyetuh benda yang ada didalam sana.

Semakin baik jika anda membawa kloset sanitizer sendiri untuk membersihkan kloset sebelum anda menggunakannya. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan mengeringkan tangan dengan tisu.

Baca juga : Kelebihan Qris untuk Penjual dan Pembeli dalam Bertransaksi

9. Manfaatkan Pembayaran Cashless

Uang sebagai alat pembayaran yang telah dipegang banyak orang menjadi sarang penularan kuman dan virus yang paling rentan. Beruntung lah saat ini dengan kemajuan tekonologi, anda dapat melakukan pembayaran tanpa uang alias cashless.

Maka dalam perjalanan anda, manfaatkanlah fasilitas pembayaran cashles sehingga anda dapat mengurangi kontak dengan orang-orang. Anda dapat menggunakan e-wallet atau mbanking untuk membayar segala kebutuhan anda.

10. Tidak Makan Di Restoran

Dalam perjalanan tentu anda harus makan dan mengisi tenaga, wisata tanpa berburu kuliner khas pun terasa hambar. Sangat direkomendasikan untuk anda tidak makan di restoran pada masa pandemi ini.

Sebagai alternatif anda bisa membawa makan dari rumah untuk jaminan kebersihan dan menghemat uang. Namun jika anda sangat ingin makan makanan khas, maka anda bisa membelinya dengan di bungkus dan bawa pulang.

Demikian tips travelling aman saat pandemi yang dapat anda gunakan untuk merencanakan liburan anda. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang tengah stress dan penat serta ingin merasakan liburan di tengah kondisi pandemi ini.