Kelebihan Qris untuk Penjual dan Pembeli dalam Bertransaksi

  • Bagikan
Kelebihan Qris untuk Penjual dan Pembeli dalam Bertransaksi

BYSNIS.COM – Anda mungkin pernah mendengar tentang QRIS tetapi tidak mengetahui detail tentang teknologi baru ini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan QRIS dan apa kelebihan QRIS? Admin menjelaskan Kelebihan Qris untuk Penjual dan Pembeli dalam Bertransaksi.

Apa itu QRIS

Sebagian besar dari Anda pasti pernah melakukan pembayaran nontunai. Bahkan mungkin ada beberapa aplikasi dompet digital yang terpasang di perangkat Anda.

Cara melakukan transaksi ini memudahkan kita untuk melakukan berbagai transaksi, dimanapun dan kapanpun. Namun kini ada teknologi yang akan mempermudah proses transaksi cashless Anda.

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Sesuai dengan namanya, pengertian QRIS dapat dipahami sebagai sebuah teknologi yang telah menjadi standar nasional untuk kode QR.

Teknologi ini menyatukan beberapa kode QR yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan financial technology (fintech), seperti Gopay, OVO, Dana dan lainnya.

Kemudahan yang ditawarkan oleh produk Bank Indonesia inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Anda salah satunya? Cara melakukan transaksi QRIS cukup sederhana.

Jika Anda ingin menggunakannya juga, pastikan Anda memiliki dompet digital dari salah satu PJSP di perangkat Anda. Anda juga harus memastikan bahwa PJPS telah memperoleh izin operasional dari Bank Indonesia.

Setelah menginstal dan mendaftar ke salah satu PJSP, cari tahu dulu sumber uang yang bisa mengisi saldo dompet digital Anda. Anda biasanya dapat mentransfer dana dompet digital dari kartu debit dan kredit. Ketika saldo dompet digital Anda sudah penuh, Anda siap untuk bertransaksi.

Secara umum, ada dua jenis transaksi, yaitu merchantpresented mode (MPM) dan customerpresented mode (CPM). Khusus untuk MPM, ada metode pembayaran statis dan dinamis.

Kelebihan QRIS bagi merchant dan konsumen

Sebagai salah satu teknologi terkini, QRIS merupakan solusi pembayaran non tunai. Berikut ini adalah keuntungan menggunakannya baik untuk merchant maupun konsumen.

Kelebihan QRIS untuk Penjual

Jika Anda adalah pemilik bisnis, Anda akan mendapat manfaat besar dari teknologi ini. Inilah manfaat yang akan Anda rasakan.

Satu mitra untuk semua

Jika Anda adalah pemilik merchant, Anda tidak perlu lagi repot mendaftar ke beberapa PJSP untuk memaksimalkan pembayaran nontunai pelanggan Anda. Anda hanya perlu mengasosiasikan dengan setidaknya satu PJSP.

Anda sudah dapat menerima pembayaran non tunai dari pelanggan Anda meskipun mereka memiliki akun dompet digital dari PJSP yang berbeda.

Hindari penipuan

Sebagai pedagang berpemilik, Anda mungkin menjadi korban pemalsuan. Nah, dengan metode pembayaran nontunai yang praktis ini, Anda bisa menghindari kemungkinan tersebut. Selain itu, QRIS merupakan produk Bank Indonesia yang tentunya aman digunakan.

Tidak perlu melakukan perubahan

Pelanggan yang membayar back-to-back dalam denominasi besar akan menyulitkan Anda, sebagai pemilik, untuk memberikan uang kembalian. Namun dengan QRIS, Anda tidak perlu repot mencari uang receh.

Analisis penjualan sederhana

Salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah transaksi diposting secara otomatis. Jadi Anda, sebagai pedagang berpemilik, dapat dengan mudah menavigasi dan menganalisis uang masuk. Misalnya, Anda akan dengan mudah menemukan prime time di merchant Anda.

Mempermudah kredit

Keunggulan lain dari QRIS adalah memudahkan Anda sebagai pemilik properti untuk mendapatkan kredit di kemudian hari. Karena menggunakan QRIS berarti Anda membuat profil kredit untuk merchant Anda.

Kelebihan QRIS bagi Pembeli

Jika Anda bukan pemilik bisnis, Anda juga bisa merasakan manfaatnya, kok! Lihat beberapa manfaatnya di bawah ini.

Tidak perlu repot dengan uang tunai

Dengan menggunakan QRIS, Anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai untuk membayar transaksi Anda. Sebagai moto, pindai dan bayar!

Apapun dompet digital yang Anda miliki, Anda tetap bisa bertransaksi

Selama Anda menggunakan dompet digital PJSP yang terdaftar di Bank Indonesia, Anda dapat bertransaksi di merchant mana saja. Tidak perlu memikirkan kode QR yang didaftarkan oleh PJSP.

Transaksi aman

Kelebihan Qris untuk Pembeli selanjutnya karena transaksi terpercaya. Karena QRIS merupakan produk Bank Indonesia, maka QRIS aman digunakan sebagai alat transaksi.

Itulah cara menggunakan QRIS, cara melakukan transaksi QRIS, dan keunggulan QRIS. Sangat praktis bukan? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya juga? Ajak juga teman dan keluarga Anda untuk menggunakan QRIS untuk membuat dunia digital tanah air semakin maju.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.