Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang yang Terbukti

  • Bagikan
Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang yang Terbukti
BYSNIS.COM –  Berbicara tentang nasihat hemat, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, yaitu mengutamakan gengsi atau tidak. Inilah Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang yang Terbukti.

Jika Anda tidak mengutamakan gengsi, bahkan tanpa tip tertentu, Anda bisa menghemat uang karena yang Anda butuhkan hanyalah biaya makan, minum, tempat tinggal, dan pakaian. Orang yang tidak mengutamakan gengsi tentu bisa memenuhi kebutuhan dasar tersebut.

Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang

Bedanya dengan orang yang mengutamakan gengsi adalah apa yang mereka makan, minum, pakai dan hidup. Orang awam pasti bisa makan nasi, sayur, lauk sederhana, tapi yang ingin hidupnya di anggap mewah pasti butuh lauk yang mahal.

Nah, ini sebenarnya masalah utama pengeluaran yang terbuang percuma. Tidak apa-apa sesekali makan enak untuk mencicipi makanan atau membahagiakan keluarga, tapi jika tujuannya hanya untuk pamer, ucapkan selamat tinggal dengan hemat.

1. Kurangi ukuran porsi makanan Anda

Mengurangi ukuran porsi makanan Anda bisa tampak menyedihkan dan banyak yang tidak merekomendasikannya karena Anda tidak antusias dengan pekerjaan itu.

Anggapan ini kurang tepat karena anak yang dilatih makan dalam porsi kecil akan terbiasa makan dalam porsi besar. Maka semuanya akan menjadi kebiasaan yang berguna di masa depan.

Untuk masalah gizi yang dikonsumsi, makan sedikit tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi harian asalkan dikonsumsi dengan benar.

Di Indonesia misalnya, banyak orang yang merasa belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Sekarang kita bisa mengurangi porsi nasi dalam satu kali makan.

Misalnya, biasanya sepiring penuh nasi saat makan sekarang dapat dipotong menjadi dua dan kemudian dipotong kembali menjadi sepertiga.

Mungkin sepertiga piring terasa kurang, namun perlu Anda ketahui bahwa asupan 150 gram nasi cukup untuk sekali makan. Jadi Anda memperbanyaknya menjadi sayuran dan buah-buahan.

Bukankah musim gugur bahkan lebih mahal? Bukankah buah dan sayuran juga mahal?

Jawabannya milik sayuran dan buah-buahan yang Anda pilih. Kalau terlalu mewah pasti mahal, makanya belilah buah murah yang bisa memenuhi asupan nutrisi tubuh.

Baca juga : Arti Mimpi Berhutang Uang Bermakna Apa (Lengkap)

2. Masak sesuai selera, sisa makanan jangan dibuang

Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang masih berkaitan dengan makanan, karena makan adalah salah satu hal yang menyebabkan pengeluaran meningkat. Saat memasak, pastikan memasaknya cukup banyak agar sisa makanan tidak dibuang.

Namun, jika Anda termasuk orang yang masih menghargai sisa makanan, maka tidak apa-apa memasak terlalu banyak untuk dua kali makan, misalnya untuk sarapan dan makan siang.

3. Jangan sering membeli makanan instan

Makanan instan mungkin tampak lebih nyaman untuk dimasak dan lebih menghemat pengeluaran, namun perlu Anda ketahui bahwa makanan instan atau makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda sering mengkonsumsinya, efek negatifnya akan muncul di kemudian hari dan percaya atau tidak, uang yang Anda tabung akhirnya habis untuk mengatasinya.

4. Makan di luar pada acara-acara khusus

Makan di luar sangat menguras dompet Anda karena makanan murah pun akan menjadi mahal saat Anda memasuki restoran. Karena itu, makanlah di luar hanya saat ada acara khusus atau saat Anda bosan makan di rumah dan butuh hiburan.

Makanan di luar ruangan juga tidak menjamin kebersihan dan rasa. Lain halnya jika Anda memasaknya sendiri. Anda bisa menjaganya tetap bersih. Anda juga bisa menyiapkan makanan yang sesuai dengan keluarga Anda.

Baca juga : Peluang Usaha Jual Es Tebu dengan Rinciannya

5. Ubah cara Anda merencanakan makanan

Kebanyakan orang akan memikirkan apa yang ingin mereka masak dan kemudian membeli bahan-bahannya. Ini bagus, tetapi akan lebih murah jika Anda membeli banyak bahan sekaligus dan memasaknya sesuai dengan bahan yang tersedia. Dengan begitu Anda terhindar dari ketertarikan mendadak untuk memasak makanan tertentu.

6. Berolahraga dengan alat sederhana

Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang sekarang kita akan berbicara tentang olahraga. Bagi Anda yang sering pergi ke gym, Anda bisa mulai mengurangi kebiasaan tersebut dengan melakukan olahraga di rumah.

Pergi ke gym pasti membutuhkan biaya dan waktu khusus, jadi hindari jika Anda bisa. Luangkan waktu Anda untuk pergi bekerja untuk berolahraga, berjalan sambil melakukan peregangan, misalnya.

Namun bagi Anda yang ingin menjadi binaragawan, ya langsung saja ke gym.

7. Matikan TV

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mematikan televisi, seperti menghemat tagihan listrik, menghemat biaya jika menggunakan layanan berbayar dan yang terpenting tidak termakan oleh iklan di televisi.

8. Penjualan barang yang tidak berguna

Alih-alih dibuang, barang-barang yang tidak berguna bisa menghasilkan uang jika Anda menjualnya. Harga jualnya mungkin tidak seberapa, tapi daripada membuangnya, bukankah lebih baik menghasilkan uang?

Setidaknya uang itu bisa digunakan untuk menutupi biaya kebutuhan tertentu. Namun jika ada tetangga atau saudara yang lebih membutuhkan, lebih baik memberikannya di sana.

9. Buat sendiri alih-alih membeli dari toko.

Tips Berhemat Mengurangi Pengeluaran Uang dengan membeli toko. Jika Anda bisa melakukannya, mengapa membeli dari toko?

Membuat milik Anda dengan bahan minimal dapat menghemat uang Anda. Jika Anda perlu membeli bahan untuk membuat barang yang Anda inginkan.

Perhatikan bahannya terlebih dahulu karena ada bahan yang hanya bisa dibeli dalam jumlah banyak. Jika faktanya seperti ini, membeli di toko akan lebih murah daripada manufaktur.

Baca juga : Arti Mimpi Melihat Buaya di Air dan Bertemu Buaya

10. Tetap berpegang pada apa yang ada di daftar belanja.

Jika ingin membeli, silahkan buat daftar barang yang dibutuhkan, lalu beli sesuai daftar. Saat berbelanja, kebanyakan orang selalu tergiur dengan barang lain yang dipajang di etalase. Anda tidak bisa seperti itu. Cobalah untuk menahan keinginan untuk membelinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *