Varian Masker Penangkal Virus Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui

  • Bagikan
Varian Masker Penangkal Virus Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui

Kasus virus yang merajalela bahkan selalu menjadi trending topik saat ini yaitu virus covid 19. Bahkan kasus virus ini sudah mulai sangat meresahkan. Varian Masker Penangkal Virus Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui. Apalagi sejak di temukannya varian virus covid-19 terbaru dengan tingkat penularan yang jauh lebih tinggi.

Dalam hal ini, masker menjadi salah satu pelindung ampuh untuk menangkal virus. Penggunaan masker menjadi point penting yang harus di lakukan di masa pandemi seperti saat ini.

Ada banyak sekali jenis masker yang bisa Kamu gunakan. Bahkan sudah sangat banyak yang bermunculan sejak adanya kasus virus covid 19 ini. Mulai dari masker medis hingga masker kain.

Namun tentunya masker yang baik adalah masker yang mampu menangkal virus. Untuk itulah, saya akan merangkum 8 varian masker penangkal virus yang sudah tersedia di pasaran. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga : Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis

8 Varian Masker Pemangkat Virus

Berikut 8 varian masker penangkal virus yang wajib Kamu ketahui.

1. Masker N95

Masker N95 menjadi salah satu varian masker penangkal virus terbaik yang patut Kamu pertimbangkan. Bahkan dianggap sebagai masker paling efektif dalam menangkal virus termasuk covid 19.

Salah satu alasannya karena masker ini dapat menempel rapat di sekitar hidung dan mulut. Sehingga menyebabkan partikel virus tidak bisa keluar masuk dengan mudah. Ditambah lagi, masker ini juga memiliki serat khusus yang berperan dalam menyaring patogen yang ada di udara.

Tidak hanya itu, masker ini juga dipercaya memberikan perlindungan yang jauh lebih baik daripada masker bedah. Dimana sesuai namanya sendiri, masker ini dapat menyaring 95% virus yang ada di udara. Sehingga pastinya akan sangat melindungi dari paparan virus terutama covid 19 yang merajalela saat ini.

Namun hal yang penting untuk diperhatikan juga bahwa, masker ini umumnya digunakan untuk industri dan kesehatan. Jadi bagi masyarakat umum, sebaiknya tidak memilih masker ini sebagai pilihan utama.

2. Masker bedah

Varian masker penangkal virus selanjutnya yaitu maker bedah. Masker ini dianggap merupakan jenis masker paling efektif setelah N95. Sehingga masker ini tentunya akan lebih nyaman digunakan untuk sehari-hari.

Secara umum masker ini terdiri atas 3 lapis dan terbuat dari kain yang bukan tenunan. Sehingga aman dan efektif dalam menghalangi virus yang ada di udara. 

Jadi jika Kamu memiliki tanda-tanda flu, batuk, dan sejenisnya atau ingin berjaga-jaga dari serangan virus corona saat ini. Kamu wajib mempertimbangkan jenis masker ini ya.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa Menguntungkan

3. Masker Double

Masker penangkal virus yang bisa Kamu coba selanjutnya yaitu masker double. Kamu bisa mengkombinasikan masker kain dan masker bedah sehingga akan lebih efektif.

Hal ini karena semakin banyak lapisan serat masker. Maka semakin rendah juga resiko terpapar virus. Namun kembali lagi, bahwa semakin banyak lapisan masker maka semakin sedikit juga kapasitas untuk Kamu bernapas.

Jadi untuk masker dobel ini Kamu harus membuatnya pas. Sehingga tidak mengganggu pernapasan dan Kamu bisa menggunakannya lebih nyaman.

4. Masker Hybrid

Masker hybrid merupakan salah satu varian masker penangkal virus yang wajib Kamu pertimbangkan. Dimana masker ini sudah terbukti cukup efektif untuk menyaring partikel termasuk virus.

Hal ini karena masker hybrid terdiri atas dua lapisan kapas pintal dengan bahan lain seperti sutra, flanel dan sifon. Sehingga masker ini memiliki kemampuan menyaring hingga 80 persen untuk partikel kecil dan 90 persen untuk partikel besar.

Tidak hanya itu, karena adanya kombinasi kapas dan sifon. Hal ini membuat masker ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyaring partikel kecil. bahkan dianggap lebih baik daripada N95 maupun masker bedah.

5. Masker Sutera Tiga Lapis

Varian masker penangkal virus yang wajib Kamu pertimbangkan selanjutnya yaitu Masker Sutera Tiga Lapis. Masker jenis ini memang sering dianggap sebagai masker yang kurang efektif untuk menangkal virus. 

Namun Kamu tidak perlu khawatir karena masker yang berbahan sutra cukup efektif untuk menangkal virus. Hal ini karena masker ini terdiri atas tiga lapis yaitu lapisan dalam, tengah, dan luar.

Tidak hanya itu, menurut penelitian dari University of Illinois mengungkapkan bahwa tiga lapis kemeja sutra atau 100% katun T-shirt dapat menyaring virus dengan baik. Bahkan kekuatan perlindungannya setara dengan masker medis. Menarik bukan?

6. Filter Penyedot Debu

Masker filter penyedot debu menjadi salah satu masker penangkal virus yang harus Kamu pertimbangkan. Hal ini karena masker ini dapat mengurangi resiko terpapar virus hingga 83 persen.

Adapun masker ini berupa penyaring penghisap debu yang kemudian dimasukkan ke masker kain. Cukup unik bukan?

Efektifitas masker ini hampir sama dengan masker bedah. Jadi tentunya Kamu tidak perlu meragukan efektifitasnya lagi dalam menangkal virus.

7. Masker N99

Selain masker N95 yang telah disebutkan sebelum, varian masker penangkal virus yang juga paling efektif menyaring virus yaitu masker N99. Dimana masker ini terbuat dari serat khusus yang berguna untuk menyaring patogen di udara.

Bahkan berdasarkan penelitian, masker ini dapat mengurangi resiko infeksi hingga 99 persen setelah 20 menit berada di lingkungan yang terkontaminasi. Fantastis bukan?

Namun sama seperti N95, masker ini juga dapat menutup rapat hidung dan mulut. Hal ini karena masker ini memang khusus untuk para tenaga medis yang langsung berhadapan dengan virus.

Baca juga : Peluang Usaha Jual Es Tebu dengan Rinciannya

8. Masker Kain Berlapis

Jika Kamu tidak punya cukup uang untuk membeli masker medis, Kamu bisa mencoba alternatif masker kain. Walaupun memang tidak seefektif masker medis, namun masker kain cukup ampuh dalam mencegah paparan virus.

Dalam hal ini, sebaiknya Kamu memilih masker kain dengan beberapa lapis, tidak hanya 1 atau 2. Karena semakin banyak lapisan masker yang Kamu gunakan. Maka kemungkinan terpapar virus juga semakin kecil.

Hal ini karena masker kain dapat berperan dalam menangkal percikan cairan yang mengandung virus untuk masuk atau keluar. Baik itu ketika menghembuskan nafas, batuk, bersin atau berbicara. 

Jika Kamu memang tidak cukup yakin bahwa masker kain yang Kamu gunakan bisa menangkal virus. Kamu bisa menggunakan dua masker kain, atau dengan menambahkan tisu di dalamnya. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *