Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis

  • Bagikan
Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis

Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis merupakan salah satu strategi pemasaran suatu perusahaan. Pelajari poin pentingnya agar usaha anda lebih optimal.

Keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis akan sangat bergantung pada lokasi bisnis tersebut. Jika lokasi bisnis sangat strategis, seperti di tempat yang ramai, peluang ketenaran dan kesuksesan bisnis akan lebih terbuka.

Lebih lebar. Begitu juga sebaliknya, jika Anda membuka usaha di tempat yang sepi, peluang suksesnya akan semakin kecil.

Oleh karena itu, jika bisnis yang kita kelola ingin cepat sukses, mau tidak mau harus tau Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis

Cara Memilih Tempat Usaha

Berbisnis di lokasi yang tepat dan strategis tentunya akan membuat bisnis yang kita jalankan cepat terkenal. Sekarang perusahaan kami dikenal banyak orang, tingkat penjualan produk akan meningkat.

Tentu saja, semakin banyak konsumen mengunjungi tempat kerja kita, maka keuntungan yang kita peroleh.

Keuntungannya pun akan lebih tinggi. Keuntungan yang besar juga harus diimbangi dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik.

Untuk mendapatkan lokasi usaha yang tepat dan strategis, pertama kita perlu survey lokasi yang kita inginkan. Penting untuk melakukan survei untuk mengetahui apakah tempat tersebut memiliki potensi tinggi atau tidak.

Semakin ramai suatu tempat, semakin banyak biaya yang kita keluarkan. Misalnya, lokasi pinggir jalan dengan lalu lintas padat umumnya memiliki harga yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, selain melakukan inspeksi lapangan, kita juga harus menyiapkan dana yang cukup.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menemukan lokasi bisnis atau lokasi bisnis yang tepat dan strategis.

1. Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat Kepadatan penduduk

Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dengan melihat tingkat kepadatan penduduk. Tingkat kepadatan penduduk di sekitar lokasi usaha akan sangat mempengaruhi perkembangan suatu usaha.

Jika lokasi tersebut memiliki populasi yang besar, otomatis bisnis yang kita bangun akan mengalami perkembangan yang pesat mengingat konsumen sudah tersedia di lokasi tersebut.

Lain halnya jika kita membuka usaha di tempat yang sepi, perkembangan usaha yang kita rintis akan lebih lambat karena jumlah konsumen di lokasi tersebut sangat sedikit.

Sebenarnya berbisnis di bidang apapun baik itu bisnis kuliner, bisnis fashion, bisnis jasa membutuhkan tempat yang ramai agar tingkat penjualannya meningkat.

2. Pendapatan dari masyarakat sekitar juga perhatikan dalam memilih tempat usaha yang tepat

Tingkat pendapatan mempengaruhi tinggi atau tidaknya konsumsi seseorang. Jika seseorang memiliki pendapatan yang banyak setiap bulannya. Inilah cara kedua dari Memilih Tempat Usaha yang Strategis

Biasanya tingkat pengeluarannya juga ikut naik. Oleh karena itu, jika kita ingin membuka usaha, kita harus memilih lokasi yang banyak masyarakatnya berpenghasilan tinggi.

Hal ini harus kita lakukan karena kita memilih lokasi usaha yang masyarakat sekitar berpenghasilan tinggi, maka penjualannya tingkat bisnis kita akan semakin besar.

Misalnya, sebuah stand makanan dibuka di pinggiran pabrik tempat banyak karyawan bekerja di pabrik. Tentu saja, seorang karyawan memiliki penghasilan dibandingkan dengan anak-anak usia sekolah dan mahasiswa.

Otomatis bisnis stand makanan akan semakin diminati karena pembelinya adalah mereka yang memiliki penghasilan cukup untuk membeli makanan yang dijual di toko tersebut.

Lain halnya jika Anda membuka stand makanan di dekat area sekolah.

Tingkat penjualan umumnya akan kecil mengingat terbatasnya uang saku anak-anak usia sekolah dan mereka mungkin hanya membeli makanan seadanya.

Yang menjadi alasan utama pendapatan dari warga sekitar lokasi usaha mempengaruhi usaha yang kami jalankan. .

3. Akses mudah ke lokasi bisnis

Akses ke lokasi bisnis harus semudah dan senyaman mungkin. Jika ingin membuka usaha, pastikan lokasi usaha memiliki jalan atau akses yang mudah dijangkau oleh calon klien.

Jangan sampai akses untuk mencapai lokasi usaha Anda memiliki akses yang buruk dan sulit, seperti jalan rusak, baik tidaknya akses menuju lokasi usaha akan mempengaruhi kelancaran usaha.

Jika akses ke lokasi sangat buruk, klien yang ingin pergi ke tempat usaha membatalkan niatnya karena sulitnya mengakses lokasi untuk hadir.

Tentunya hal ini selain mengurangi jumlah pelanggan, kenyamanan pelanggan. Oleh karena itu, pilihlah lokasi bisnis yang memiliki akses mudah untuk dilalui banyak orang.

4. Rendahnya persaingan usaha

Anda harus memilih lokasi bisnis yang lokasinya memiliki sedikit persaingan. Rendahnya persaingan di sini berlaku untuk bisnis sejenis yang akan Anda buka.

Misalnya Anda menginginkan usaha roti bakar di lokasi A.

Jika lokasi A sudah pernah memiliki penjual roti bakar sebelumnya dan permintaannya tinggi. Maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membuka usaha yang sama di lokasi tersebut.

Namun jika Anda tetap ingin membuka usaha roti bakar. bisnis di sana, Anda harus membuat inovasi sendiri agar dapat menjangkau konsumen.

Cara Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis dengan melihat persaingan usaha.

Inovasi perlu dilakukan karena Anda jelas sudah memiliki kompetitor dimana kompetitor Anda sudah lama berjualan roti panggang di lokasi tersebut.

Baca juga: Peluang Bisnis Modal Murah Dibawah 500 Ribu

5.Ada perusahaan pendukung lain di lokasi.

Jika terdapat beberapa jenis usaha di suatu lokasi, hal ini dapat berdampak pada peningkatan jumlah konsumen. Pada umumnya konsumen sangat menyukai tempat-tempat yang memiliki banyak penjual berbagai produk atau jasa.

Mereka adalah konsumen yang tidak hanya membeli satu barang, tetapi juga barang lainnya.

Misalnya di pusat perbelanjaan yang ramai seperti Mall. Nah, Anda bisa mencoba membuka usaha di dekat mal.

Misalnya, buka stand makanan. Berkunjung ke mall akan membuat Anda merasa lelah dan lapar, jadi carilah makanan di tempat terdekat, salah satunya adalah stand konsesi Anda sendiri.

6. Membersihkan tempat usaha

Lokasi yang akan kita buat sebagai tempat kerja harus sebersih dan senyaman mungkin. Siapa yang tidak ingin berada di tempat yang bersih?

Semua orang, termasuk saya, dan Anda selalu ingin berada di tempat yang bersih dan tidak dalam kondisi buruk.

Seperti halnya dalam berbisnis, memilih tempat yang bersih sangatlah penting, karena konsumen akan betah berada di tempat usaha kita, mengingat tempat usaha kita memiliki kebersihan yang terjaga.

7. Tingkat kenyamanan tempat

Nyaman atau tidaknya suatu tempat kerja sangat mempengaruhi kelancaran suatu usaha.

Bagaimana bisnis akan berjalan lancar jika tempatnya tidak nyaman? Konsumen pasti lebih memilih lokasi yang nyaman daripada yang kurang nyaman.

Misalnya jika ingin membuka usaha warung makan, selain kebersihan harus dijaga, tingkat kenyamanan juga harus diperhatikan.

Di sini nyaman misalnya memasang kipas angin di stand makanan agar konsumen tidak mengalami kepanasan.

Menyiapkan kursi yang nyaman sebagai tempat duduk yang cocok untuk konsumen, menyiapkan tempat parkir yang sesuai, dll.

Saran saya tempatnya seperti senyaman mungkin agar pelanggan anda betah bahkan bisa menjadi konsumen setia.

8. Keamanan tempat kerja

Lokasi di sekitar tempat Anda akan membuka usaha harus memiliki keamanan yang baik. Aman atau tidaknya suatu tempat akan mempengaruhi kenyamanan suatu usaha.

Semakin aman suatu tempat maka akan semakin banyak konsumen yang datang karena tempat tersebut merupakan tempat yang nyaman.

Jadi, untuk memastikan bahwa tempat yang akan Anda ubah menjadi tempat usaha harus memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, seperti tempat yang tenang dan nyaman.

Saran saya jangan pilih tempat yang sering terjadi tindak kriminal. Mungkin tidak akan ada konsumen yang datang ke tempat itu karena takut, jadi pertimbangkan baik-baik.

Menentukan tempat yang akan kita kerjakan sebagai tempat kerja membutuhkan ketelitian yang tinggi. Tidak ada salahnya, karena memilih lokasi bisnis yang tepat akan sangat mempengaruhi kelancaran dan kesuksesan sebuah bisnis. Jadi, jangan sampai salah langkah saat memilih lokasi bisnis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *