Perbedaan antara AR dan VR, Mirip tapi Beda

Perbedaan Antara Ar Dan Vr, Mirip Tapi Beda

BYSNIS.COM – Augmented reality dan virtual reality terdengar cukup bagus jika di kaitkan dengan realitas campuran. Namun, kedua teknologi tersebut sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Cek selengkapnya Perbedaan antara AR dan VR, Mirip tapi Beda.

Keduanya memiliki konsep yang berbeda, yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan untuk menikmatinya, kita juga harus menggunakan desain perangkat yang berbeda, meski terkadang implementasinya menggunakan ponsel.

Perbedaan antara AR dan VR

Teknologi AR, misalnya, bisa di temukan di game Pokemon Go yang sempat sangat populer beberapa tahun lalu. Sedangkan untuk realitas virtual, kami dapat menguji pengalaman menggunakan Google Cardboard dengan menambahkan kacamata khusus ke ponsel.

Anda yang sudah mencoba kedua aplikasi di atas tentu bisa merasakan sedikit perbedaan antara virtual reality dan augmented reality, mulai dari cara berinteraksi, pengaturan perangkat, hingga pengalaman mixed reality yang di tawarkan.

Baca juga : 3 Game Offline Android Terbaik 2021 yang Gratis Terbaru

Namun jika Anda belum pernah mencobanya, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan mencoba menjelaskan beberapa Perbedaan antara AR dan VR berikut ini :

Teknologi AR

AR secara khusus merupakan singkatan dari Augmented Reality atau augmented reality. Tergantung pada istilah yang Anda gunakan, teknologi ini memungkinkan kita untuk menambahkan berbagai jenis konten dan informasi digital ke dunia nyata.

Kita bisa melihat seolah-olah objek digital itu benar-benar ada dengan kita mengisi ruang kosong. Pada game Pokemon Go misalnya, sederet monster akan muncul ketika kita mengarahkan kamera handphone ke suatu tempat tertentu.

Interaksi dengan objek digital juga dapat di lakukan sebagai objek fisik. Misalnya, kita dapat melingkari konten untuk melihatnya dari berbagai sisi mulai dari depan, kanan, belakang, kiri, dan bahkan atas.

Penerapan teknologi AR tentunya tidak hanya pada game saja. Kita juga bisa menemukannya di berbagai layanan seperti Google Lens, Live View di Google Maps, bahkan efek kamera Instagram dan Snapchat. Memang terdapat Perbedaan antara AR dan VR. Simak penjelaan untuk Teknologi VR.

Baca juga : Sejarah Android X86 dan Kekurangannya Perlu Anda Ketahui

Teknologi VR

Sementara, di sisi lain, VR mengacu pada Virtual Reality atau realitas virtual. Kita dapat menggunakannya untuk membuat ruang digital yang dapat dimasuki oleh siapa saja yang memiliki perangkat yang mendukungnya.

Dengan teknologi mixed reality ini, kita bisa memasuki dunia baru dan merasakan bagaimana berinteraksi di dalamnya memberikan pengalaman nyata seperti pergi ke tempat yang jauh tanpa perlu bepergian ke sana.

Untuk mewujudkannya, teknologi ini membutuhkan perangkat khusus yang dapat menampilkan gambar tanpa terganggu oleh dunia luar. Beberapa dari mereka bahkan dilengkapi dengan sistem suara 3D dan sensor haptic untuk memanipulasi lingkungan dengan lebih baik.

Kita dapat menggunakan teknologi ini untuk menciptakan pengalaman yang lebih imersif dalam game, edukasi yang menyenangkan dengan mengunjungi objek secara langsung, simulasi yang tampak nyata sebelum terjun ke pekerjaan nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.