WASPADA! Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA

  • Bagikan
Modus Penipuan Kirim Paket Apk Di Wa
Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA

Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA. Jangan tertipu jika Anda menerima pesan WhatsApp yang mengaku sebagai kurir yang akan mengantarkan paket. Modus penipuan pesan paket ini bisa menguras saldo akun Anda. Bagaimana?

Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA

Viral di jejaring sosial tentang modalitas penipuan pesan paket yang dilakukan melalui WhatsApp. Dilansir dari situs digital mama berikut penjelasan lengkapnya tentang Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA.

Pelaku mengirim pesan melalui WhatsApp yang memberitahukan bahwa dia akan mengirim paket ke rumahnya. Pelaku mengirimkan file berjudul SEE Package Photos.

File tersebut adalah APK yang mewakili aplikasi. Jika target mengklik file tersebut, mereka tidak akan mendapatkan image paket, melainkan permintaan untuk menginstal aplikasi.

Lantas bagaimana aplikasi tersebut bisa mencuri uang dari rekening korban? Hal tersebut dijelaskan oleh Nikko Enggaliano, seorang programmer yang menjelaskan secara detail modus penipuan ini. Penjelasan teknis selengkapnya dapat dibaca di website pribadi Nikko Enggalano.

Baca juga :   16 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing untuk Pemula

Modus penipuan kurir paket

Nikko menjelaskan, pesan yang dikirim melalui WhatsApp sengaja memprovokasi target untuk menginstal aplikasi tersebut. Caranya dengan berpura-pura mengantarkan paket.

Bahkan, kini belanja online sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Hampir setiap minggu ada paket yang berdatangan akibat pembelian online. Bagi yang sedang menunggu paket datang, pesan seperti ini tentu membuat penasaran.

Baca juga: 6 Tips Bisnis Makanan Indonesia Paling Populer yang Harus Anda Ketahui

Bagi yang tidak membeli, pesan ini mendorong orang untuk memastikan. Artikel apa yang ingin Anda kirimkan?

pencurian data pribadi

Ternyata jika kita klik, kita tidak akan menemukan foto barang dagangan atau paket yang akan dikirim. File ini adalah aplikasi yang tampaknya digunakan untuk melacak penerimaan paket JET.

Namun, aplikasi ini meminta izin untuk dapat menerima SMS, mengakses Internet, dan mengirim SMS. “Kalau hanya untuk cek JET RESI, kenapa perlu izin SMS?” tulis Nicko.

Baca juga :   Perbedaan antara AR dan VR, Mirip tapi Beda

Nikko menjelaskan, aplikasi ini bisa mengetahui SMS yang diterima pengguna. Artinya, aplikasi ini melakukan pencurian data pribadi. Ini adalah titik masuk untuk kejahatan lain.

Pengguna dapat menerima OTP (kata sandi satu kali) untuk mengakses layanan perbankan.

Atau lebih buruk lagi, pelaku bisa mengambil alih semua rekening bank dengan sekali transfer login. Hal ini dapat dilakukan karena pelaku mengetahui OTP yang dikirimkan kepada pengguna.

Jika sudah begini, pelaku memiliki kunci untuk mengakses layanan perbankan. Saldo di rekening bisa dikuras oleh pelaku.

Baca juga: Cara yang Sering Orang Lakukan untuk Menipu Orang

Waspada, Tips Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terjebak dalam penipuan pesan paket atau bentuk penipuan lainnya. Nikko memberikan beberapa tips Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA yang bisa kita lakukan.

  1. Jika Anda menerima pesan melalui WhatsApp seperti paket ini dalam mode penipuan pesan, yang berupa file APK, jangan dibuka. Abaikan dan blokir pengirimnya secara langsung.
  2. Jangan pernah menginstal atau memasang aplikasi non-Playstore apa pun.
  3. Lebih baik menginstal hanya aplikasi umum. Jika Anda memerlukan aplikasi tertentu, harap periksa sebelum menginstalnya. Cari tahu akses apa yang diminta aplikasi.
Baca juga :   Cerita Sinopsis Suami Pengganti Episode 19, Ariana Hancur Saat Pergoki Saka

Demikian informasi tentang Modus Penipuan Kirim Paket Apk di WA. Jangan sampai anda tertipu untuk menginstalnya.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *