Bisnis  

Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping

Keuntungan Dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship Dropshipping
- PixabayKeuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai hidup yang lebih baik dengan resolusi baru. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, termasuk mencoba peruntungan dengan bisnis online. Kenali Keuntungan dan kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping .

Ya, tahukah Anda bahwa bisnis online saat ini memberikan banyak keuntungan dengan pekerjaan yang mudah seperti drop shipping. Tak heran jika jenis pekerjaan online ini menjadi salah satu tren bisnis. Penasaran?

Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping 

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah dropshipping, simak ulasannya berikut ini. Pada dasarnya bisnis dropshipping adalah bisnis penjualan produk secara online di mana penjual akan mengirimkan permintaan pembeli kepada perusahaan grosir.

Penjual kemudian akan mengembalikan produk kepada pelanggan. Lalu dari mana penjual mendapat untung?

Artinya, selisih antara harga grosir dan harga eceran yang dikirimkan ke pelanggan. Ini sangat tidak mudah? Sayangnya, Anda harus berhati-hati ketika memutuskan untuk mencoba bisnis ini.

Selain kelebihan, ada kekurangan yang harus di perhatikan terlebih dahulu. Perhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis dropshipping sebagai tren bisnis selanjutnya di tahun 2019.

Modal Minimum

Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping dengan modal minimum. Bisnis dropship berbeda dengan reseller. Ada kenyamanan tertentu yang bisa Anda rasakan ketika mencoba bisnis dropshipping.

Salah satunya adalah modal minimum. Bahkan mungkin untuk memulai bisnis ini tanpa modal apapun.

Bagaimana itu mungkin? Ya, untuk menjadi dropshipping, Anda tidak perlu memiliki stok produk. Dengan kata lain, Anda tidak memiliki produk tersebut. Hanya ketika ada pesanan, produk dikirim oleh pemasok untuk diteruskan ke pembeli. Sedangkan untuk bisnis reselling masih harus membeli produk terlebih dahulu untuk mengisi stok.

Baca juga : Daftra dan Rekomendasi Bisnis Online Untuk SMP

Praktis

Keuntungan kedua yang akan Anda dapatkan sebagai dropshipper adalah Anda tidak perlu khawatir bagaimana merencanakan bisnis yang rumit dan rumit.

Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang stok produk, pengemasan produk, hingga pengiriman produk. Hal ini karena produk dikirim langsung ke alamat penerima yang disebut juga dengan pembeli.

Tidak diperlukan biaya operasional

Saat berjualan tentunya membutuhkan biaya operasional untuk sewa gedung, pembayaran biaya listrik dan gaji karyawan. Ini juga menjadi hal Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping .

Namun, hal-hal tersebut tidak akan Anda rasakan saat menjadi seorang dropshipper. Tak heran jika bisnis dropshipping sangat diminati di tren bisnis tahun 2019.

Kapan saja, di mana saja

Kenyamanan lain yang dirasakan dropshippers adalah bisnis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selama komunikasi antara pembeli dan pemasok barang lancar, bisnis ini tetap bisa dijalankan di perangkat seluler. Pastikan koneksi internet lancar.

Beragam Produk

Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping , Anda bisa menawarkan berbagai jenis produk menarik kepada pembeli. Ya, Anda benar-benar tidak perlu membeli produk agar tersedia.

Namun, dengan informasi produk vendor, Anda dapat mengirimkan gambar beserta detail produk. Oleh karena itu, pembeli akan memesan lebih banyak produk. Jadi, pastikan Anda bekerja dengan banyak penyedia!

Selain keuntungan di atas, setiap bisnis pasti memiliki kerugian atau risiko yang akan dialaminya. Bahkan trend bisnis di tahun ini berupa dropshipping.

keuntungan kecil

Nama hanya menjual kembali produk pemasok. Dengan demikian, selisih harga yang didapat tidak akan jauh. Bahkan untuk menarik pembeli lebih banyak, tak jarang dropshipper menurunkan harga secara drastis.

Namun, jika jumlah konsumen yang Anda miliki banyak, keuntungan tetap diperoleh.

Informasi stok tidak diperbarui

Kelemahan selanjutnya adalah ketersediaan informasi stok yang tidak up to date. Ya, sebagai dropshipper Anda hanya akan memberikan informasi tentang daftar produk yang ditawarkan serta informasi harga.

Jika ada pelanggan yang berminat, Anda tidak bisa memastikan apakah produk tersebut masih tersedia atau sudah habis. Keuntungan dan khususnya Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping ini membuat Anda kehilangan informasi stok.

Baca juga : 5 Perbedaan Reseller Dan Dropship untuk Dunia Bisnis Online

Bisa jadi produk yang Anda inginkan sudah pernah dijual oleh dropshipper lain. Untuk menghindari kekurangan stok ini, pastikan komunikasi dengan pemasok lancar dan intens.

Kesulitan menjual produk baru

Ada kalanya seorang dropshipper mencoba menjual produk baru yang bahkan tidak mereka ketahui manfaatnya. Ya, seorang dropshipper membutuhkan keterampilan pemasaran.

Namun, sebagai bagian dari tren bisnis, seorang dropshippingg juga harus mengetahui detail informasi produk.

Ketidaktahuan tentang produk oleh penjual akan mengurangi minat pembeli untuk membeli di toko online Anda. Untuk mengatasi ini, tanyakan vendor untuk detail dan spesifikasi produk.

Dengan begitu, Anda bisa menjawab setiap pertanyaan pelanggan. Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship dropshipping adalah menjadi tameng bagi penyedia.

Keuntungan dan Kerugian Usaha Bisnis Dropship atau dropshipping Menjadi tameng bagi penyedia

Menjadi seorang dropshipper tidak pernah ada hubungannya atau tahu apa-apa tentang produk yang dikirim oleh pemasok. Saya tidak tahu apakah produknya bagus atau buruk.

Baca juga : Cara Membangun Bisnis Dropship dengan Sederhana

Nah, ketika kondisi produk tidak sesuai dengan pesanan pembeli, maka dropshipper harus siap menerima komplain pembeli. Jadi pastikan Anda memilih penyedia yang menangani hal ini.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu perhatikan saat bergabung sebagai bagian dari trend bisnis 2019 berupa dropshipping. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.