5 Perbedaan Reseller Dan Dropship untuk Dunia Bisnis Online

Perbedaan Reseller Dan Dropship





BYSNIS.COM – Mungkin kamu mengenal reseller dan dropshipping melalui online. Arti reseller dan dropship punya arti berbeda. Ada 5 Perbedaan Reseller Dan Dropship untuk Dunia Bisnis Online.

Perbedaan Reseller Dan Dropship

Reseller dan drop shipping merupakan kegiatan bisnis online untuk menjual produk kepada konsumen, namun pada prakteknya kedua jenis bisnis online tersebut yaitu drop shipping dan reseller memiliki perbedaan.

Sebelum membahas perbedaan dropship dan reseller, jika kamu ingin memulai bisnis online, alangkah baiknya pahami ilmu ini.

Saya juga menjual produk di shopee, tokopedia dan bukalapak sebagai reseller.

Baca juga :  Cara Mengembangkan Bisnis Undangan Pernikahan Pemula

Apa Itu Reseller?

Reseller adalah kegiatan penjualan barang dimana sebelumnya merupakan penjual barang yang sebelumnya membeli saham dari produsen, agen dan distributor barang kemudian menjualnya kepada konsumen.

Apa itu Dropship?

Dropship adalah kegiatan usaha penjualan barang rakyat, yang kemudian diserahkan kepada pemilik barang, agen, kemudian barang tersebut diserahkan kepada pembeli, baik atas nama merek sendiri atau atas nama agen, distributor atau pemasok.

Oleh karena itu dropshipping tidak memiliki modal berupa barang, akan tetapi penjualan barang dari perorangan atau agen bisa atas nama merk sendiri atau merk agen.

Sedangkan dropshipper adalah orang atau dropshipper.

Baca juga :  Cara Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Agar Banyak Pembeli

Berikut Perbedaan Reseller Dan Dropship dalam Ranah Bisnis Online

Lalu apa perbedaan antara reseller dan dropshipping? Berikut perbedaan dropship dan reseller:

1. Produk atau barang

Reseller akan membeli barang dari agen, distributor, atau supplier untuk barang yang nantinya akan dijual ke konsumen.

Meskipun dropshipping tidak memiliki stok barang, dropshipping menjual barang milik agen, distributor, atau pemasok.

2. Modal

Seperti yang dijelaskan, reseller atau reseller tempat reseller pertama kali membeli barang sebagai stok produk, kemudian menjualnya ke konsumen.

Sedangkan dropshipping dalam penjualan barang tidak memiliki persediaan barang modal, hanya saja menjual barang milik penjual, yaitu agen.

Baca juga :  Cara Pilih Akun Endorse Instagram untuk Bisnis Jualan

3. Keuntungan

Dari segi keuntungan, reseller akan mendapat untung yang besar karena dia bisa menyesuaikan harga jual dengan harga beli, baik sesuai harga pasar maupun sesuka hati, sehingga dia bisa mendapat keuntungan penjualan yang signifikan.

Apabila dropshipping akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari hasil penjualan barang pemilik agen penjual, maka dapat disimpulkan keuntungannya tidak sebesar reseller.

Dropshipping juga mudah untuk berganti pemasok jika tidak sesuai dengan keinginan dropshipper. Dan kamu tidak akan takut kalah.

4. Resiko

Resiko reseller cukup besar karena jika stok barang tidak menipis atau permintaan barang sedikit, kemungkinan besar merugi.

Jadi reseller juga harus bisa mengikuti perkembangan produk jika ingin sukses.

Berbeda dengan dropshipping, bisnis online jenis ini tidak hanya akan memiliki kerugian besar, ia hanya bertugas mencari pelanggan, mempromosikan produk, Mudah mencari produk dan menyesuaikannya dengan waktu.

Baca juga :  Cara Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Agar Banyak Pembeli

5. Pemasaran

Perbedaan antara reseller dan dropship dalam pemasaran adalah reseller dapat memasarkan produknya langsung ke konsumen.

Meskipun pengiriman barang dalam hal pemasaran produk tidak langsung, kamu harus meminta agar sampel produk dipromosikan melalui media online seperti media sosial, media sosial, obrolan grup, atau situs web.

Kesimpulan Membedakan Reseller Dan Dropship

Setelah kamu mengetahui 5 Perbedaan Reseller Dan Dropship apakah kamu akan memulai atau membuat bisnis online?

Baca juga :  Download Template Blog Mirip Tokopedia untuk Web Jual Beli

Sekarang saatnya memutuskan apakah ingin menjadi reseller atau dropship terserah kamu jika memiliki modal berlebih. Pilih reseller jika tidak punya modal dan resiko sedikit, pilih dropship.

Begitulah 5 Perbedaan Reseller Dan Dropship untuk Dunia Bisnis Online yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis jual beli online.

Bysnis Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk informasi dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications