Kekurangan Pre-order dengan Pengertiannya Pre-Order

  • Bagikan
Kekurangan Pre-order dengan Pengertiannya Pre-Order

BYSNIS.COM – Semakin kesini, perkembangan bisnis online juga semakin pesat seiring dengan masifnya perkembangan pola pikir dan gaya hidup digital. Berbagai kalangan mulai dari remaja, dewasa, pria dan wanita telah membangun bisnis online di berbagai media dengan pre-order. Inilah Kekurangan Pre-order dengan Pengertiannya Pre-Order jika anda melakukannya.

Tidak jarang Anda sering melihat beberapa orang yang berhasil menghasilkan banyak uang dengan berjualan online dari rumah. Memulai dan membangun bisnis online memang sangat menjanjikan, apalagi jika bisa dilakukan tanpa modal dan sumber daya yang besar.

Bagaimana kita bisa memulai bisnis dengan modal minimal? Tentu saja saya bisa. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menerapkan sistem penjualan pre-order atau yang biasa disebut dengan PO.

Definisi Pre-Order

Dalam dunia bisnis atau penjualan khususnya yang bergerak secara online pasti sudah sering mendengar istilah PO. Apa itu PO? PO adalah singkatan dari Pre-Order. Pre-ordering adalah sistem pembelian yang dilakukan banyak penjual sebelum barang benar-benar tersedia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pre-order adalah pesanan dalam rangka pemesanan produk atau barang. Di sisi lain, pri order juga memiliki arti umum.

Secara umum pengertian pre-order adalah transaksi jual beli yang berlangsung secara online dan adanya aktivitas pemesanan oleh pembeli pada awal transaksi. Pembeli ini harus membayar sejumlah uang di muka sampai produk yang mereka beli tiba dalam waktu setelah melakukan pemesanan.

Jumlah pembayaran dan jangka waktu transaksi jual beli bersifat fleksibel sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Kesepakatan antara pembeli dan penjual, serta kondisi pasar dan jenis produk yang mereka jual.

Padahal, definisi pre-order sudah tertanam di benak masyarakat sebagai sistem jual beli yang menguntungkan. Pesanan pembelian terjadi ketika penjual siap meluncurkan produk yang belum selesai diproduksi, tetapi siap untuk dijual dalam jangka waktu tertentu.

Dengan cara ini, konsumen akan dapat memesan terlebih dahulu dan melakukan pembayaran dengan jumlah tertentu di awal pembelian. Sistem pembayaran dalam pre-order ini gratis sesuai kesepakatan bersama antara pemilik dan pembeli produk.

Baca juga : 6 Kelebihan Pre-order (PO) untuk Bisnis Jual Beli Online

Kekurangan Pre-Order

Selain kelebihan, sistem enterprise seperti ini juga memiliki kekurangan dalam penerapannya. Kelemahan pada sistem pre-order biasa terjadi seperti sistem trading lainnya. Kelemahan dari pre-order ini adalah sebagai berikut.

1. Pembeli harus menunggu produk siap

Kelemahan pertama dari pre-order adalah pembeli harus bersabar dan menunggu produk sampai ke tangan mereka setelah melakukan pemesanan.

2. Kemungkinan tidak ada stok

Terkadang yang menyebalkan dari membeli produk dengan sistem order adalah berita bahwa pesanan kita sudah habis. Kekurangan stok pre-order sering terjadi dari reseller atau pemasok.

Jika hal ini terjadi, penjual harus mengembalikan uang yang telah dibayarkan konsumen.

3. Ada kemungkinan mereka akan kecewa dengan produk aslinya.

Kelemahan pre-order selanjutnya adalah potensi kekecewaan setelah produk sampai di tangan kita. Selama pemesanan, kami mungkin memiliki harapan bahwa kondisi produk akan memenuhi harapan.

Namun karena tidak langsung memikirkan cara membeli suatu produk di toko, pembeli seringkali kecewa setelah melihat produk aslinya. Kelemahan pre-order hampir sama dengan belanja online.

Baca juga : Sejarah Android X86 dan Kekurangannya Perlu Anda Ketahui

Pre-Order adalah salah satu sistem jual beli dalam bisnis

Ada banyak sistem yang dapat diterapkan perusahaan untuk menawarkan atau menjual produknya, salah satunya adalah sistem purchase order. Pre-ordering adalah kegiatan memesan produk dari penjual.

Keuntungan dari pre-order adalah Anda dapat menjual produk dengan risiko minimal, dan Anda dapat membeli produk tanpa harus pergi ke toko. Sedangkan kekurangan dari pre-order adalah Anda harus menunggu beberapa saat sampai produk sampai ke tangan Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *