Cara Mengatasi Shopee Error F02 dengan Penyebab Error F02

  • Bagikan
Cara Mengatasi Shopee Error F02 dengan Penyebab Error F02

BYSNIS.COM – Penyebab kesalahan di toko juga bermacam-macam, dari kesalahan manusia dan kesalahan sistem aplikasi. Berikut cara Mengatasi Shopee Error F02 dengan penyebab eror F02.

Shopee sebagai marketplace terbesar tentunya telah memberikan kemudahan bagi penggunanya, mulai dari sistem pembelian dan pembayaran, transaksi hingga sistem keamanan.

5 Penyebab Error F02 di Shopee

Untuk masuk ke aplikasi Shopee, Anda hanya perlu username / email / nomor telepon dan kata sandi Shopee. Namun terkadang Shopee juga mewajibkan verifikasi kepemilikan akun Shopee dengan mengirimkan kode OTP ke nomor telepon yang terkait dengan akun Shopee Anda.

Ini terjadi ketika:

  • Anda masuk dengan perangkat yang berbeda saat pertama kali mendaftar untuk akun Shopee.
  • Anda berulang kali mencoba dengan nama pengguna dan kata sandi yang salah agar Shopee mendeteksinya sebagai tindakan pencurian data.
  • Sudah lama tidak login ke aplikasi Shopee, sehingga Shopee memerlukan verifikasi kepemilikan akun Shopee.

Bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi Shopee sebagai penjual dan pembeli, sebaiknya hindari 3 tindakan di atas. Nah, berbicara tentang penyebab gagal Login Shopee, tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya. Berikut beberapa penyebab Shopee gagal login:

1. Saya lupa username dan password Shopee

Penyebab paling umum tidak masuk ke aplikasi Shopee adalah lupa nama pengguna dan kata sandi Shopee Anda.

Berikut cara memperbaikinya:

  • Cobalah untuk mengingat nama pengguna dan kata sandi Shopee
  • Anda. Anda dapat menemukan detail login di bagian SMS atau email yang Anda gunakan untuk mendaftar ke aplikasi Shopee.
  • Jika Anda masih tidak ingat, coba klik fitur Lupa kata sandi saya.
  • Anda kemudian akan diminta untuk memperbarui kata sandi dan nama pengguna Anda.

Tapi pertama-tama pastikan Anda memiliki nomor ponsel aktif yang terkait dengan aplikasi Shopee. Jika Anda hilang atau tidak aktif. Mengatasi Shopee Error F02.

Baca juga : Mengatasi Gagal Checkout Shopee F01 dan Penyebabnya

2. Server Shopee error atau down

Penyebab kedua login Shopee gagal karena server Shopee mengalami peningkatan pengunjung secara tiba-tiba secara bersamaan (server down). Jika Anda mengalami hal ini maka Anda tidak perlu khawatir, Shopee pasti bisa menyelesaikan masalah ini secepatnya.

Berikut cara memperbaikinya:

  • Jika server penuh, jangan paksa masuk ke aplikasi Shopee. Cobalah untuk masuk lagi di lain waktu, atau masuk saat istirahat, seperti pada sore atau malam hari.
  • Tanyakan kepada Customer Service Shopee untuk perkiraan waktu perbaikan server melalui email di Support.Shopee.co.id atau melalui telepon di 1500702.

3. Jaringan atau aplikasi lambat

Jaringan atau aplikasi yang lambat terkadang juga menyulitkan untuk login ke aplikasi Shopee. Ketika hal ini terjadi, akan muncul notifikasi Shopee seperti ini:

“Masalah jaringan, silakan coba lagi nanti.”

Faktor penyebabnya bisa jadi karena paket data atau koneksi Wi-Fi yang bermasalah, atau penyimpanan internal (RAM) ponsel Anda terlalu penuh.

Berikut cara memperbaikinya:

  • Jika masalah pada koneksi internet, coba gunakan Wifi atau ubah paket data Anda, lalu coba masuk lagi ke aplikasi Shopee.
  • Jika disebabkan oleh aplikasi yang lambat, coba Hapus Data / Cache Shopee di pengaturan aplikasi ponsel Anda.

Pastikan untuk selalu mengupdate aplikasi Shopee di Google PlayStore ke versi terbaru untuk menghindari aplikasi Shopee lambat.

4. Email dan Password Login Shopee Via Facebook Salah

Selain menggunakan email/username/nomor telepon. Tidak sedikit pula pengguna Shopee yang menggunakan Facebook untuk Login ke aplikasi Shopee. Jika Email atau Password Facebook-mu telah berubah maka otomatis kamu tidak akan bisa Login ke aplikasi Shopee.

Berikut cara mengatasi nya :

  1. Pastikan kamu tidak mengubah email dan sandi Facebook sebelumnya, jika kamu merasa tidak melakukannya, kamu dapat menggubungi bantuin Facebook memanfaatkan fitur lupa Password Facebook.
  2. Ganti metode Login di Shopee dengan cara mendaftar menggunakan Email/Nomor Handphone.

5. Akun Shopee Diblokir Atau Dibatasi

Penyebab gagal Login Shopee yang terakhir yaitu akun Shopee kamu sedang di blokir atau di batasi. Hal ini di sebabkan oleh :

  • Gagal memasukkan Username & Password Shopee berkali – kali.
  • Memasukan PIN ShopeePay yang salah lebih dari 5 kali percobaa.
  • Tidak membayar tagihan ShopeePayLater (Tunggakan Tagihan Pembayaran ShopeepayLater).
  • Akun kamu di Hack atau sedang Login di perangkat lain (Double Login).

Jika akun Shopee kamu sedang di blokir atau di batasi, maka kamu akan menerima notifikasi dari Shopee seperti ini :

Berikut cara mengatasinya :

Jangan pernah memberikan Username/Password Shopee kamu kepada orang lain. Sekalipun memberitahu nomor HP yang terkait ke aplikasi Shopee maka akun kamu dapat di akses oleh orang yang tidak bertanggung jawab (Hack akun).

Selalu update Sandi dan PIN Shopee kamu secara berkala. Jika akun Shopee kamu di dinonaktifkan karena kesalahan PIN.

Baca juga : Mengatasi Gagal Checkout Shopee F01 dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Shopee Error F02 Shopee

Selain berbagai penyebab gagal login Shopee di atas, ternyata masih ada dua masalah error login Shopee lainnya yang sering dialami pengguna Shopee. Kegagalan login ke aplikasi Shopee biasanya ditandai dengan kode F02.

Tidak bisa login ke Shopee F02? Dan Mengatasi Shopee Error F02? Berikut ulasan penyebab dan cara mengatasinya.

Login Shopee F02 gagal, hal ini terjadi pada pengguna Shopee yang melanggar Terms of Service (ToS) Shopee. Shopee mendeteksi apa yang dilakukan pengguna sebagai hal yang tidak wajar dan akun Shopee yang bermasalah otomatis terkunci/dinonaktifkan oleh sistem.

Apa saja perilaku “tidak wajar” yang menyebabkan akun Shopee terkunci/dinonaktifkan? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kesalahan alamat IP, disebabkan oleh pengguna yang mencoba masuk ke sistem Shopee.
  • Pesanan “tidak masuk akal”, disebabkan oleh pesanan yang cepat dan berulang yang menyebabkan Shopee mendeteksinya sebagai “robot pesanan otomatis”
  • Upload foto/deskripsi secara massal, biasanya dilakukan oleh para marketer yang ingin cepat daftar produk menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Klik Tautan / Kontak di luar aplikasi. Biasanya terjadi ketika penjual atau pembeli memberikan kontak media sosial / hot link ke aplikasi lain.
  • Kecurangan dalam penggunaan kupon/koin atau refund dengan menggunakan kesalahan.

Baca juga : Rahasia Menjadi Dropshipper Di Shopee Tanpa Modal

Kesimpulan

Bagi Anda yang khawatir mengalami beberapa masalah jika Shopee tidak bisa login di atas, Anda tidak perlu khawatir.

Berikut tips saya untuk melindungi akun Shopee Anda agar tidak bisa login:

  • Selalu perbarui detail login Anda (nama pengguna / nomor telepon dan kata sandi Shopee Anda). Jangan lupa untuk mencadangkan detail login Anda agar tidak lupa.
  • Jangan pernah menipu aplikasi Shopee, termasuk memberikan kontak atau tautan ke aplikasi lain.
  • Selalu update aplikasi Shopee ke versi terbaru di Google Playstore.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *