Mengatasi Gagal Checkout Shopee F01 dan Penyebabnya

  • Bagikan
Mengatasi Gagal Checkout Shopee F01 dan Penyebabnya

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan Shopee Gagal Checkout Shopee F01? Anda pasti kesal, bukan? Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas secara menyeluruh penyebab kegagalan Shopee Checkout dan cara mengatasinya.

Kegagalan membayar di aplikasi Shopee dapat merugikan pengguna Shopee. Rintangan ini sering terjadi ketika Anda ingin membeli barang yang Anda inginkan di aplikasi Shopee. Penyebabnya bermacam-macam, baik masalah teknis maupun kesalahan oleh pengguna Shopee sendiri.

Penyebab Gagal Checkout Shopee F01 Berdasarkan Pertanyaan

Proses untuk lulus pembayaran gagal di aplikasi Shopee

Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan sebelum melewati gagal Checkout di aplikasi Shopee. Berikut beberapa proses tersebut yang saya rangkum dalam bentuk pertanyaan:

  • Apakah Anda sudah memastikan bahwa stok produk yang ingin Anda beli masih tersedia? Jika tidak, Anda dapat memeriksa ketersediaan produk di deskripsi produk. Jika stok habis, Anda tidak dapat menarik produk secara otomatis meskipun Anda telah menambahkannya ke keranjang belanja Anda.
  • Apakah layanan pengiriman produk didukung? Jika tidak, Anda dapat mengubah layanan pengiriman produk Anda agar proses Checkout dapat dilakukan. Masalah ini hanya muncul untuk produk tertentu.
    Sudahkah pembelian Anda mencapai batas untuk produk ini hari ini? Jika demikian, maka pembelian Anda telah mencapai batas sesuai dengan deskripsi produk, maka Anda tidak akan dapat me-review produk lagi untuk hari ini. Peraturan ini dibuat oleh penjual yang hanya menjual beberapa produk untuk pembeli di aplikasi Shopee. Solusinya, Anda bisa mencoba membeli produk yang sama keesokan harinya.
  • Apakah jumlah pembelian produk terbatas? Misalnya Anda ingin membeli 4 produk, tetapi penjual hanya membatasi pembelian setiap produk maksimal 2 produk, maka Anda tidak akan dapat me-review pembelian Anda. Anda dapat mengurangi jumlah produk yang ingin Anda beli sehingga Anda dapat memverifikasi pembelian produk.
  • Apakah akun Shopee Anda bermasalah? Jika terjadi masalah, Anda akan menerima pemberitahuan akun bermasalah selama proses checkout. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan akun yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas Shopee. Pastikan untuk membaca Pedoman Komunitas Shopee untuk menghindari akun Shopee Anda diblokir atau dinonaktifkan.
    Cara mengatasi kesalahan pembayaran Shopee

Jika akun Shopee Anda gagal Checkout dan Anda kemudian menerima notifikasi peringatan Shopee, tentu ada yang salah dengan Shopee Anda. Notifikasi gagal Checkout paling umum yang diterima pengguna Shopee adalah Shopee Checkout Fail (F01) dan Shopee Checkout Fail (F05).

Cara mengatasi kesalahan pembayaran Shopee (F01)

Biasanya, pengguna Shopee yang mengalami masalah tidak melakukan pembayaran akan mendapatkan notifikasi seperti ini saat menekan tombol pembayaran di aplikasi Shopee. Anda akan mendapatkan notifikasi alert Shopee seperti ini:

Pembayaran Shopee gagal (F01)

“Pembayaran Gagal (F01) – Upaya pembayaran ditolak karena akun Anda ditemukan melanggar kebijakan Shopee. Lebih banyak pelanggaran dapat mengakibatkan penangguhan akun. ”

Atau cara ini:

“Checkout gagal (F01): Checkout gagal karena aktivitas yang mencurigakan. Pastikan Anda telah membaca kebijakan Shopee”

Memberikan kode peringatan F01 berarti Anda telah melanggar kebijakan Shopee pada poin F01. Untuk detail tentang kebijakan yang Anda langgar, Anda dapat membacanya di Aturan Komunitas Shopee.

Setelah saya coba cari tahu, peringatan itu tidak sepenuhnya diberikan karena pelanggaran yang disengaja oleh pengguna Shopee. Anda juga harus melakukannya saat menerima pemberitahuan peringatan ini dari Shopee. Apa penyebabnya?

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Online Menguntungkan dengan Beriklan

Ini adalah 2 penyebab utama kegagalan Checkout Shopee F01:

Masuk 2 akun Shopee dalam 1 HP

Penyebab pertama dari cacat Checkout F01 yang sering tidak disadari oleh pengguna Shopee adalah login dengan dua akun Shopee yang berbeda di satu ponsel atau perangkat. Coba ingat-ingat, pernahkah Anda melakukannya?

Anda mungkin telah masuk dengan akun Shopee teman atau saudara Anda di ponsel Anda. Kemudian login kembali dengan akun Shopee pribadi Anda. Jika ya, itulah penyebabnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay Terblokir

Pada dasarnya, Shopee melarang tindakan ini. Untuk mengantisipasi pencurian akun, Shopee akan memberikan peringatan saat Anda mencoba membayar pembelian Anda.

Gunakan alamat pengiriman yang sama di dua akun toko

Penyebab kedua kegagalan Shopee F01 Checkout adalah pengaturan alamat pengiriman yang sama pada dua akun Shopee yang berbeda.

Mengapa tindakan ini tidak diperbolehkan? Anda pasti mengira banyak orang yang menggunakan beberapa akun Shopee untuk membeli produk dalam waktu yang bersamaan. Ya, itulah alasannya. Shopee mendeteksi penyalahgunaan akun untuk melakukan pembelian massal dengan alamat yang sama.

Untuk memastikannya, Anda dapat mengujinya di akun Shopee teman Anda dengan mengatur alamat pengiriman dan nomor telepon yang sama. Tentunya kamu akan mendapatkan notifikasi kesalahan pembayaran Shopee F01.

Baca juga : Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Cara Mengatasi Shopee Gagal Checkout F01

Berikut adalah solusi untuk mengatasi 2 penyebab Gagal Checkout Shopee F01 tersebut di atas:

Hapus data yang dobel

Pertama, Anda perlu mencari akun Shopee lain yang menggunakan perangkat atau alamat pengiriman yang sama dengan akun Shopee Anda.
Setelah Anda menemukannya, hapus alamat pengiriman yang sama dengan akun Shopee Anda. Kemudian logout dari aplikasi Shopee.

Hapus data aplikasi

Hapus cache dan data aplikasi Shopee baik di perangkat orang lain yang terdeteksi oleh akun ganda maupun di ponsel yang Anda gunakan untuk login ke Shopee. Klik Pengaturan> Aplikasi> Kelola aplikasi> Shopee> Hapus data dan hapus cache.

Hapus data dan simpan perubahan

Login kembali dengan username dan password Shopee Anda, jika Anda lupa Anda dapat mengambilnya di sini.
Buat pesanan baru, lalu bayar pembelian Anda.

Tips: Jika masih muncul peringatan Shopee F01 Checkout Failed saat proses checkout, hapus kembali datanya, lalu uninstall aplikasi Shopee dan install kembali.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *