Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru

Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda Di Vervalpd Terbaru
Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru

Jika anda adalah seorang operator dapodik sekolah. Setidaknya anda perlu tahu Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru.

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan.id akan membahas tentang data siswa berganda atau dapat dikatakan sebagai siswa yang memiliki status aktif di lebih dari 1 sekolah (terdata di 2 sekolah atau lebih).

Nah, untuk operator dapodik sekolah maka hal ini merupakan salah satu tugas yang harus dipahami tentang bagaimana cara mengetahui bahwa data siswa ternyata ganda.

Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru

Data ganda yang dimaksud disini yalah data siswa yang terbaca aktif di lebih dari satu sekolah. Sebagai contoh ada siswa yang setelah dicek data NISN nya secara online ternyata siswa tersebut terdaftar di 2 sekolah.

Nah kasus seperti inilah yang dimaksud dengan data ganda sebab data tersebut tercatat aktif di 2 sekolah yang mana asal belum mengeluarkan siswa tersebut dan di sekolah tujuan (tempat pindah) siswa tersebut juga telah terdaftar sehingga data tersebut masih aktif di 2 sekolah.

Ada bebepa faktor yang menyebabkan data siswa/peserta didik menjadi ganda. Salah satunya disebabkan karena siswa tersebut pernah berpindah sekolah dari sekolah yang satu kesekolah yang lainnya.

Ketika siswa tersebut pindah ternyata data siswa dari sekolah asal belum di keluarkan sementara di sekolah tujuan yang baru datanya juga sudah diinputkan/di Tarik datanya sehingga terjadilah data siswa yang berganda.

Hal tentang data siswa ganda banyak terjadi ketika siswa berpindah sekolah dari sekolah MTs atau dari naungan Departemen Agama kesekolah yang menggunakan data dapodik. Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD itu mudah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi, salah satu faktornya adalah karena kedua sekolah terseebut tidak menggunakan data aplikasi yang sama sehingga tidak dapat disinkronkan.

Nah, bagi operator dapodik sekolah yang hingga saat ini masih bingung untuk mengetahui data siswa berganda yang ada di dapodik, maka melalui postingan ini admin akan mencoba untuk memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengecek data siswa berganda.

Sebagai informasi bahwa untuk mengetahui data siswa ganda dan untuk mengeluarkan siswa ganda maka hal itu dapat dilakukan melalui vervalPD. Bagi para operator dapodik sekolah laman vervalPD tentunya sudah tidak asing lagi karena untuk melakukan perbaikan data siswa maka laman vervalPD merupakan salah satu alternatifnya.

Sebelum ingin tahu tentang Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD, kenali dulu apa itu VervalPD.

Apa itu vervalPD?

vervalPD merupakan singkatan dari Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik. Jadi untuk melakukan perbaikan data peserta didik yang meliputi data nama peserta didik, tempat dan tanggal lahir, NISN, nama ibu kandung maka dapat dilakukan melalui vervalPD.

Berbicara mengenai data siswa ganda, Lantas bagaimana cara mengetahui data siswa ganda dan tercatat di 2 sekolah ?

Berikut ini Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD:

  • Silahkan login di laman ini : https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Masukkan username dan password SDM yang dimiliki oleh operator sekolah kemudian klik Login
  • Selanjutnya klik menu “Residu”
    Selanjutnya silahkan lihat tanda silang merah pada kolom NISN, dan klik icon pada nama siswa silang merah tersebut (seperti pada gambar di bawah ini)
    Kemudian klik menu “Quality control”
    Lihat pada kolom keunikan NISN, disana kita bisa mengetahui status siswa ganda dan nama siswa tersebut tercatat aktif di lebih dari 1 sekolah.
  • Untuk mengeluarkan kurma siswa ganda silahkan lihat (DISINI)
  • Selesai.

Baca juga : Cara Mengatasi Gagal Login EMIS Online

Nah itulah Cara Cek Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru. Semoga postingan ini bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan bisa membantu para operator dapodik sekolah yang ingin melakukan cek data siswa ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.