Cara Menghapus Siswa Non-Aktif di Emis 4.0

Bagaimana Cara Registrasi Akun Kepala Madrasah Di Emis 4.0

BYSNIS.COM – Sejak Emis 4.0 Kementerian Agama rilis pada April 2021, fungsi untuk mengeluarkan siswa belum tersedia, jadi untuk mengeluarkan siswa yang tidak aktif di Madrasah bisa menggunakan fungsi siswa difabel. Inilah Menghapus Siswa Non-Aktif di Emis 4.0.

Dalam pendataan EMIS 4.0 semester genap tahun ajaran 2021, karakteristik EMIS 4.0 yang dapat digunakan oleh pengelola institusi (operator madrasah) untuk melakukan verifikasi dan perubahan data siswa yang ingin menghapus siswa non-aktif di emis 4.0 adalah sebagai berikut:

  • Data orang tua dan/atau wali
  • data pribadi siswa
  • Selanjutnya Data beasiswa dan kehadiran
  • Data kinerja siswa
  • Data aktivitas belajar siswa (hanya proses “berubah tidak aktif”, jika ada siswa yang tidak aktif)

Fungsi hapus mahasiswa/buat mahasiswa nonaktif dalam Emis 4.0 Kemenag berfungsi untuk mendiskualifikasi mahasiswa dengan berbagai alasan, antara lain: pengusiran (DO), desersi, kematian atau lainnya.

Jadi dapat disimpulkan (sejauh ini) bahwa fungsi hapus siswa tidak tersedia, maka untuk mengatasi siswa yang tidak aktif lagi, mereka menggunakan fungsi emis 4.0 berupa mengubahnya menjadi tidak aktif (tidak aktif).

Menghapus Siswa Non-Aktif di Emis 4.0

Untuk mengetahui cara mengeluarkan siswa yang tidak aktif lagi di madrasah Emis 4.0 Kemenag, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke akun institusi Emis 4.0 di emis.kemenag.go.id
2. Klik Menu Mahasiswa > Daftar Mahasiswa > Ubah Data (lihat gambar berikut)
Cara mengeluarkan santri (tidak aktif) di Kementerian Agama Emis 4.0
Langkah 2. Hapus siswa di Emis 4.0
3. Klik tombol Aktivitas Belajar di siswa emis 4.0, gulir ke bawah dan klik Ubah Tidak Aktif.
Cara mengeluarkan santri (tidak aktif) di Kementerian Agama Emis 4.0
Langkah 3. Hapus siswa di Emis 4.0
4. Selanjutnya akan muncul pilihan inactive description (pilih inactive description), akan muncul tanggal mulai dan kelas tidak aktif > Klik Save.
Cara mengeluarkan santri (tidak aktif) di Kementerian Agama Emi 4.0
Langkah 4. Hapus siswa di Emis 4.0

Setelah proses Menghapus Siswa Non-Aktif di Emis 4.0 selesai siswa akan menunggu konfirmasi dari kepala madrasah melalui akun Kamad, jika sudah dikonfirmasi status siswa yang dihapus (dinonaktifkan) akan berubah menjadi tidak aktif dan tidak akan ikut jumlah laporan pengumpulan data Emis 4.0 (PANECILLO IN SCOTLAND).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.