Bisnis  

Alasan Budidaya Ikan Sidat dan Peluang Usaha Ikan Sidat

Alasan Budidaya Ikan Sidat
Alasan Budidaya Ikan Sidat

Jika Anda memiliki hobi memelihara ikan serta memiliki jiwa bisnis, ada baiknya jika Anda mulai saat ini mengambil peluang usaha budidaya ikan sidat ini. Alasan Budidaya Ikan Sidat dan Peluang Usaha Ikan Sidat.

Ikan sidat merupakan komoditas unggulan yang mana bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Malahan bisa memberikan tawaran harga jual yang lumayan menggiurkan.

Bayangkan saja, harganya bisa sampai melambung sekitar 100 juta per kilogramnya. jangan salah jika Anda mulai saat ini memikirkan cara untuk memperbaiki ikan tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk proses penggunaan, dan hal ini perlu dilakukan secara berurutan. Ini merupakan bonus bagi Anda yang berkunjung di sini.

Baca juga : Cara Bisnis Ternak Cacing Tanah untuk Usaha Rumahan

Tapi sebelumnya, mari fokus pada alasan yang mengapa Anda perlu menternakkan ikan sidat ini. Berikut ulasannya!

Alasan-Alasan Mengapa Perlu Membudidayakan Ikan Sidat

Sebagai gambaran saja, ikan sidat memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan belut. Yakni, bentuknya memanjang, serta berlendir.

Namun peluang usaha budidaya ikan sidat ini lebih menjanjikan dari belut.

Ikan ini diminati oleh penikmatnya di Jepang. sehingga beruntungnya, Jepang sendiri belum dapat memenuhi kebutuhan akan jenis ikan ini untuk memenuhi kebutuhannya, restoran Jepang, impor ikan ini.

Dari sini, Anda tentunya bukan memiliki gambaran penghasilan yang akan diperoleh nantinya?

Menariknya, tidak hanya Jepang saja, namun beberap negara juga membutuhkannya. Bisa dikatakan jika budi daya ikan sidat ini memiliki prospek cerah.

Baca juga : 7 Tips Memulai Bisnis Bakso dengan Peluang Usaha Menjanjikan

Selain alasan itu, ada bebepa indikator yang mana dapat dijadikan sebagai alasan mengapa Anda perlu membudidayakannya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Alasan paling klasik sebelum memanfaatkan Peluang usaha budidaya ikan sidat ini adalah harga jualnya. Harga jualnya bisa bervariasi, dan biasanya menembus ratusan ribu perkilonya.

Pasalnya, ikan jenis ini merupakan komoditas ekspor. Ikan jenis ini sangat diburu oleh bebepa masyarakat luar negeri, terutama Jepang, Tiongkok, Belanda dan bebepanegara di bagian Asia Timur.

Selain harganya yang memang menggiurkan, peluang usaha ini juga sangat terbuka lebar. Pasalnya, benih ikan sidat ini sangat mutah di temui dari Indonesia.

Kawasan yang banyak memiliki benih ikan sidat ini adalah Jawa bagian selatan, Sulawesi dan Kalimantan. Namun perlu di ingat, harga jual yang tinggi juga menuntut harga benih yang tinggi pula.

Untuk membudidayakan ikan sidat ini, pakan memang menjadi bagian terpenting. Tidak Seperti Kebanyakan Jenis Ikan Lainnya, Ikan Sidat Ini Lebih Mudah Dalam Urusan Pakan.

Baca juga : Contoh Ide Bisnis Modal 100 juta atau Ratusan Juta Menjanjikan

Anda hanya perlu mempersiapkan pakan seperti cacing tanah, pelet dengan protein 40%, atau bisa juga dengan udang atau kepiting kecil yang masih hidup. Mudah sekali bukan?

Bagaimana Cara Membudidayakan Ikan Sidat Ini?

Ikan sidat ini lebih mutah pemeliharaannya, namun harga jualnya sangat menggiurkan. Peluang usaha budidaya ikan sidat ini sangat sayang ketika di lewatkan begitu saja. Semudah apakah wajah memeliharanya?

Oke, ada bebepa tahapan yang perlu di lakukan jika Anda memang telah memutuskan untuk memelihara ikan sidat ini. apa kamu? Simak tahapannya di bawah ini!

Baca juga : Cara Memulai Usaha Ikan Nila dan Peluang Usaha Ikan Nila

Proses pertama yang perlu di perhatikan adalah pada tahap pertama pendederan.

Maksudnya? Tahap ini berupa penyesuaian diri ikan dengan kolam. Atau adaptasi dari kolam alami menuju kolam buatan.

Selain itu, pendederan ini juga berhubungan langsung dengan proses penyampaian pakan dari pakan heterogen sampai pakan buatan.

Proses ini akan berlangsung dalam rentang waktu yang tidak lama.

Yaitu ketika ikan masih dalam kondisi glass eel sampai akhirnya ikan berubah menjadi seukuran elver.

Proses kedua untuk bisa mengasilkan uang setelah menangkap peluang usaha budidaya ikan sidat ini adalah menuju proses pendederan tahap kedua. Proses ini di lakukan setelah ikan sudah berubah seukuran elver.

Pada saat ini, ikan sudah mulai di beri pakan secara rutin hingga mencapai 10 gram perekornya. Baru kemudian di pindah lagi pada kolam renang.

Baca juga : 8 Tahapan Budidaya Lele Agar Cepat Laku Banyak dan Sukses

Proses persiapan ini bisa di lakukan setelah ikan sidat sudah memiliki berat sekitar 10 gram. Setelah memiliki berat badan tersebut, bersiap-siaplah untuk memindahkannya di kolam renang.

Agar ikan bisa hidup normal dan sehat, Anda perlu mengatur suhu airnya. Ya, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa setelah memanfaatkan peluang usaha budidaya ikan sidat jika Anda tidak tahu bagaimana suhu airnya.

Suhu udara yang tepat untuk mengembangbiakkan ikan sidat ini berkisar antara 29-31 derajat celcius.

Lanjutan

Hal lain yang juga perlu di perhatikan adalah airnya harus mengalir agar udara tetap terjaga dengan baik. Pada proses ini, Anda juga di wajibkan untuk rutin memberikan pakan hidup atau pakan buatan.

Kombinasikan kedua jenis pakan ini agar ikan cepat tumbuh. Itulah tahapan-tahapan yang perlu di lakukan sampai panen tiba.

Biasanya, ikan sidat ini akan siap di panen setelah berlangsung 5 bulan. Atau bisa di lihat dari beratnya yang sudah mencapai 200 gram perekornya.

Baca juga : 5+ Tips Peluang Bisnis Ikan Bawal untuk Budidaya agar Sukses

Setelah mencapai berat tersebut, kini saatnya Anda mulai menikmati manisnya uang hasil pembudidayaan ikan sidat ini. Yakni, dengan menjualnya sendiri dengan harga yang sudah di tentukan.

Kesimpulannya, ikan sidat ini memiliki prospek cerah bila di jadikan lahan bisnis. Jadi, segeralah untuk memaksimalkannya dengan peluang usaha budidaya ikan sidat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.