Cara Bisnis Ternak Cacing Tanah untuk Usaha Rumahan

  • Bagikan

Cara Bisnis Ternak Cacing Tanah untuk Usaha Rumahan. Cara beternak cacing tanah yang praktis bisa menjadi solusi untuk menambah penghasilan. Selain mudah dikelola, pasar yang membutuhkannya pun cukup beragam. Baik untuk suplemen atau herbal.

Itulah mengapa menanam cacing tanah adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Cacing tanah dikenal sebagai hewan yang menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.

Hewan jenis ini memiliki kandungan gizi yang banyak. Seperti 78 hingga 79 gram per liter amino, zat besi dan kalsium dan vitamin konsentrasi tinggi.

Cara Bisnis Ternak Cacing Tanah untuk Usaha Rumahan

Ada beberapa jenis cacing tanah yang bisa dibudidayakan. Orang-orang itu seperti Pheretima, Perionyx, dan Lumbricus. Anda dapat memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan lingkungan dan tujuan Anda.

Oleh karena itu, menjalankan bisnis dengan jenis ternak cacing ini menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Berikut tahapan penting cara budidaya cacing tanah bagi anda yang ingin mencoba menjalankannya.

Membuat kandang untuk cacing

Langkah awal dalam menjalankan bisnis budidaya cacing tanah adalah membangun kandang. Yang perlu anda siapkan adalah sangkar berupa kotak kayu dengan ukuran 90 x 50 x 30 cm.

Jumlah kotak kandang bisa Anda sesuaikan dengan jumlah cacing tanah yang ingin diternakkan. Paskan saja dengan ruangan yang ada agar kandang cukup dan mudah untuk ditangani nantinya.

Lokasi kandang cacing tanah sebaiknya di tempat yang terlindung dari panasnya sinar matahari. Kandang yang Anda siapkan juga harus terbuat dari bahan yang tidak dapat menembus cahaya.

Menyiapkan bibit cacing tanah

Tahap selanjutnya cara budidaya cacing tanah adalah menyiapkan bibit cacing tanah. Anda bisa memilih bibit cacing tanah unggul dengan kualitas terbaik. Anda bisa mendapatkan bibit ini dengan membelinya dari peternak cacing berpengalaman.

Keunggulan bibit cacing tanah sangat penting untuk usaha peternakan ini. Selain cepat tumbuh, benih yang Anda beli dari peternak juga umumnya lebih mudah beradaptasi.

Sedangkan perolehan jumlah benih juga harus disesuaikan dengan daya tampung tempat yang ada. Semakin besar tempat tumbuh cacing tanah, semakin banyak bibit cacing tanah yang bisa kita tanam.

Baca juga: Cara Jualan di TikTok untuk Sukseskan Bisnis Online

Sebarkan bibit cacing tanah di dalam kandang

Menabur benih di kandang juga merupakan bagian penting dari budidaya cacing tanah untuk bisnis. Perbanyakan bibit cacing harus dilakukan secara bertahap. Hal ini penting untuk pertumbuhan yang optimal.

Tahap pertama menebar bibit cacing dalam budidaya cacing tanah sebaiknya sedikit saja dan taruh di permukaan media. Setelah itu, lihat apakah kandangnya cocok atau tidak.

Jika cocok, benih akan langsung muncul dan tidak ada yang hanyut atau keluar dari wadah. Baru setelah itu tambahkan atau masukkan bibit cacing lainnya secara bertahap.

Selalu cek dan pantau secara berkala setiap 3 jam sekali status cacingan ternak. Anda bisa mengganti wadahnya jika bibit cacing yang Anda tebar mengembara atau keluar dari wadah.

Anda dapat mengganti mangkuk dengan membilas tempat itu dengan air, lalu memerasnya dan membuang airnya. Lakukan berulang-ulang hingga warna saree menjadi cerah.

Setelah menabur benih cacing, pastikan untuk memeriksanya setelah 12 jam. Hal ini untuk memastikan benih nyaman dengan media hidup yang telah Anda siapkan.

Perawatan cacing tanah

Setelah benih disemai, langkah selanjutnya dalam membudidayakan cacing tanah adalah merawatnya. Mengobati cacing tanah tidaklah rumit. Anda hanya perlu memberinya makan setiap hari dan mengganti wadah saat waktunya tepat.

Untuk memberi makan cacing tanah, Anda bisa memberikan bahan organik, seperti kompos yang terbuat dari serasah kering. Sedangkan kompos yang baik terbuat dari kotoran sapi atau kerbau.

Baca juga:Cara Membangun Toko Hewan Petshop untuk Pemula

Waktu panen cacing tanah dalam Bisnis Ternak Cacing Tanah

Cara pemeliharaan cacing tanah yang terakhir adalah masa panen. Ini adalah sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu oleh para petani. Dari cara memanen cacing, yaitu dengan memberi cahaya pada permukaan media.

Dengan cara ini, cacing akan naik ke permukaan dan menumpuk, sehingga memudahkan Anda untuk memetik dan memanennya.

Berikut beberapa langkah penting untuk usaha budidaya cacing tanah. Mengelola tanaman ternak ini bisa menjadi bisnis sederhana dari rumah, tidak membutuhkan modal banyak dan sangat menguntungkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.