Bisnis  

7 Tips Sukses Usaha Jasa Pergudangan Barang Asing

Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Pergudangan Barang Asing
Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Pergudangan Barang Asing

Kendala yang sering dihadapi konsumen saat membeli produk impor adalah harga yang mahal saat tiba di Indonesia. Manfaatkan Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Pergudangan Barang Asing.

Untuk memperoleh barang impor yang murah tersebut dapat di lakukan melalui jasa penitipan barang luar negeri. Saat ini, ada banyak penyedia layanan.

Usaha Jasa Pergudangan Barang Asing

Beberapa tips cara menjalankan bisnis jasa kurir barang luar negeri di bawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berkecimpung di bidang jasa ini.

1. Memahami pajak impor atas barang impor

Aturan terkait pajak atas barang yang diimpor dari luar negeri telah diatur dengan undang-undang melalui Kementerian Keuangan. Tujuannya adalah untuk menjaga kelangsungan bisnis nasional.

Baca juga : Jenis Usaha Agribisnis Di Bidang Pertanian

Beberapa perusahaan jasa titipan barang asing gulung tikar karena minimnya pengetahuan tentang pemahaman terkait masalah perpajakan barang impor di Indonesia. Perhitungan pajak didasarkan pada besarnya batas bea masuk barang pribadi.

Kementerian Keuangan mengesahkan undang-undang yang memberlakukan batas minimum untuk produk bebas bea sebesar $500 (sekitar Rp6.600.000).

Apabila seseorang membawa barang di atas nilai tersebut akan berlaku bea masuk 10%, PPN 10% dan PPh 7,5% (jika memiliki NPWP) atau 15% (jika tidak memiliki NPWP), ketentuan ini harus dipahami oleh penyedia jasa untuk menyimpan barang impor.

Tips sukses usaha jasa pergudangan barang asing selanjutnya dengan menentukan jenis produk.

2. Tentukan jenis produk yang dapat disetorkan

Pedagang yang memberikan jasa barang asing juga harus mengklasifikasikan jenis barang yang dapat dititipkan. Hal ini juga tidak terlepas dari aturan Kementerian Keuangan.

Misal untuk pembelian maksimal 2 barang elektronik, maksimal 10 item pakaian, dll. Jika melewati ketentuan tersebut, maka harus ada izin dagang khusus yang diurus terlebih dahulu.

Ketentuan mengenai jenis barang yang dapat dititipkan ditentukan dengan kesepakatan kedua belah pihak sebelum mengadakan perjanjian transaksi agar tidak mengecewakan konsumen.

Baca juga : Alasan Membuat Peluang Usaha dan Bisnis Agribisnis

Terdapat beberapa kasus konflik dengan pengguna jasa parsel akibat kenaikan pajak akibat disetujuinya ketentuan maksimal pembelian barang. Ada baiknya jika ketentuan tentang penitipan aset di sampaikan saat mempromosikan layanan ini.

3. Tetapkan tarif yang wajar

Biaya yang di maksud adalah sejumlah biaya di luar harga barang dan biaya pengiriman. Tarif ini merupakan pengganti dari pembelian barang yang di titipkan.

Ketentuan yang adil untuk pembelian barang impor adalah 20% dari harga barang sebagai pengganti jasa titipan.

Berbagai mitra bisnis kurir barang luar negeri menawarkan tarif tersebut. Hal ini di perbolehkan selama ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Biaya yang terlalu tinggi akan membuat konsumen memikirkan kembali kemungkinan untuk menggunakan kembali layanan perawatan ini. Saat ini, berbagai layanan komersial untuk pengiriman barang impor memberikan beberapa kemudahan kepada konsumen, meskipun biaya layanannya cukup tinggi.

Baca juga : Peluang Usaha Salon Kecantikan Menjanjikan dan Siapkan Ini

Salah satu kemudahan yang di berikan adalah kemungkinan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia atau diskon pada waktu-waktu tertentu.

4. Terapkan Sistem Pembayaran di Muka

Salah satu pencegahan agar usaha jasa pergudangan barang asing tidak bangkrut adalah dengan menerapkan sistem pembayaran di muka.

Karena banyak kasus konsumen yang sudah melakukan pemesanan namun tiba-tiba membatalkan pesanan saat produk sudah sampai di Indonesia.

Dengan sistem bayar di muka, konsumen tidak dapat membatalkan pesanannya untuk meminimalkan kerugian bagi penyedia layanan ini.

Sistem ini memberikan keuntungan bagi penyedia jasa dengan modal minimal. Sehingga ketika segala sesuatu yang di perlukan telah di bayar, penyedia layanan memenuhi tugasnya.

Meyakinkan konsumen untuk bersedia membayar di muka merupakan tantangan tersendiri. Penyedia layanan ini juga harus membuat tampilan yang jelas, terutama mengenai alamat dan kontak yang dapat di hubungi.

Baca juga : Tips dan Proses Memulai Usaha Budidaya Sayuran Organik

5. Tips Jasa Barang Asing dengan Transparansi harga

Memberikan informasi yang jelas mengenai harga barang per barang beserta biaya pengiriman dan biaya pelayanan merupakan suatu keharusan bagi mitra usaha yang menitipkan barang di luar negeri.

Seiring dengan naik turunnya nilai dolar terhadap rupiah, terkadang nilai barang yang di beli juga berubah. Oleh karena itu, konsumen wajib di beritahukan terkait kejelasan mengenai hal ini.

Pemberitahuan ini bisa melalui bukti foto pembelian barang atau pemberitahuan langsung jika sudah memiliki kepercayaan kepada penyedia jasa. Harga yang di jelaskan juga sudah termasuk pajak impor, dll.

Dengan adanya transparansi harga, kepercayaan konsumen terhadap jasa escrow atas barang-barang tersebut akan meningkat. Sehingga kelancaran bisnis bisa bertahan lebih lama.

6. Sering-seringlah meneliti

Investigasi dalam kasus ini adalah tentang produk luar negeri terbaru. Usaha jasa titipan barang asing dapat terus berjalan apabila penyedia jasa sering melakukan investigasi mall atau shopping mall serta penjualan event.

Baca juga : Beberapa Jenis Peluang Usaha Di Bidang Pendidikan dengan Jasa

Dengan sering melakukan riset, Anda bisa melihat bagaimana selera pasar dan penyedia layanan menawarkan produk baru yang semakin banyak kepada konsumen.

Menanyakan tentang produk tidak hanya tentang model, tetapi juga tentang nilai pajak barang ketika mereka masuk ke Indonesia. Mengetahui alur distribusi barang secara umum dapat meminimalisir kesalahpahaman yang sering terjadi antara penyedia jasa dan konsumen.

7. Pasarkan orang-orang terdekat

Usaha jasa Pergudangan Barang Asing terakhir dengan memasarkan. Memasarkan bisnis jasa kurir pengiriman barang luar negeri bisa di mulai dari lingkungan terdekat seperti keluarga atau teman.

Karena bisnis ini berdasarkan kepercayaan, maka mulai memasarkan ke orang-orang terdekat adalah yang terbaik karena ada rasa saling percaya.

Karena banyak kasus penipuan berkedok jasa penitipan barang dagangan asing, maka perlu banyak kepercayaan untuk memancing kedatangan konsumen lain.

Baca juga : Peluang Usaha Burung Kenari dan Cara Memulainya

Produk luar negeri memiliki reputasi kualitas yang baik, bisnis menjalankan usaha jasa pergudangan barang asing luar negeri merupakan salah satu bentuk inovasi yang memudahkan konsumen yang gemar membeli produk impor.

Usaha jasa pergudangan barang asing ini pada dasarnya di dasarkan pada kepercayaan antara penyedia layanan dan konsumen.

Oleh karena itu, perlu membangun reputasi yang baik saat menjalankan bisnis ini untuk terus mendapatkan kepercayaan dari pengguna Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.