Bisnis  

Peluang Usaha Burung Kenari dan Cara Memulainya

Peluang Usaha Burung Kenari
Peluang Usaha Burung Kenari - Pixabay

Peluang Usaha Burung Kenari dan Cara Memulainya. Silakan simak selengkapnya untuk memulai bisnis usaha burung kenari.

Peluang usaha budidaya kenari ini dinilai sangat bagus karena selain harganya yang relatif stabil, jenis burung ini juga sangat digemari oleh para penghobi.

Peluang Usaha Burung Kenari dan Cara Memulainya

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis ini. Salah satunya adalah meningkatnya minat terhadap jenis burung ini sebagai burung kompetisi.

Karena kenari ini lebih agresif ketika mendengar kicauan burung lain. Agar tidak kalah dengan burung lain, kenari akan merespon dan menampilkan kemampuan bernyanyinya.

Inilah yang disukai para pemelihara, itulah sebabnya hampir sebagian besar pemelihara burung memiliki burung kenari. Jika Anda memiliki niat komersial, Anda disarankan untuk memelihara burung ini.

Mengapa? Lalu bagaimana? Yuk simak ulasannya tentang alasan dan cara beternak burung kenari di bawah ini!

Alasan mengapa Anda perlu menanam burung kenari

Peluang usaha budidaya burung kenari ini memiliki prospek yang cerah untuk keuntungan finansial. Bahkan tidak jarang para peternak lebih fokus pada pekerjaannya di bisnis tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa para breeder lebih memilih untuk membudidayakan burung kenari. Mereka adalah sebagai berikut.

Kenari memiliki suara yang nyaring meskipun kecil

Suaranya sangat menarik dan bisa membuat para penghobi semakin tertarik untuk memilikinya. Banyak sekali peternak yang mengikutsertakan burung kenari sebagai burung kontes.

Baca juga : Mimpi Ular : Jatuh, Digigit, di Kantor dan Tempat Tidur Hitam

Bahkan, tak jarang para pemelihara burung lain tertarik dengan suaranya yang kuat, lantang, dan tentunya menarik.

Menariknya, kenari jenis ini tidak mau ketinggalan dengan kicauan burung lainnya.

Oleh karena itu, begitu mereka mendengar burung lain berkicau, kenari cenderung merespons dengan nyanyian yang lebih keras.

Harga Kepulauan Canary cenderung stabil

Alasan yang mendasari peternak membudidayakan burung kenari adalah terkait dengan harga. Harga burung ini cenderung stabil.

Artinya, Anda tidak akan kehilangan uang dengan menumbuhkannya.

Baca juga : Arti Mimpi Melihat Kaktus Raksasa Berbunga di Padang Pasir

Meski harganya cenderung turun, penurunan harga ini tidak seberapa. Dan lain kali, harganya bisa meroket lagi.

Peluang bisnis dalam budidaya burung kenari ini sangat besar, apalagi jika anda memutuskan untuk membudidayakannya.

Ya, burung kenari ini sangat mudah dikembangbiakkan, karena birahinya yang sangat tinggi.

Apalagi saat kenari ini kepanasan di bawah terik matahari. Artinya, Anda hanya perlu memasangkan kenari jantan dengan betina.

Biarkan burung melakukan pekerjaan perkembangbiakannya dan Anda hanya perlu menyiapkan tempat yang akan dijadikan sarang untuk bertelur.

Keunggulan ini jelas akan membuka peluang keuntungan lebih setelah beternak burung kenari.

Baca juga : Pixel 6/Pro Retak dan muncul dalam panggilan, rekaman, aplikasi

Artinya peluang usaha budidaya burung kenari sangat besar dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Lalu bagaimana cara mengembangbiakkannya?

Cara Beternak Burung Kenari

Dilihat dari banyak faktor di atas, jelas bahwa kenari ini memiliki prospek yang cerah untuk mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Melihat peluang ini, wajar jika Anda mulai mempertimbangkan untuk memulai bisnis penangkaran burung kenari. Bagaimana? Untuk membudidayakan burung kenari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tentunya untuk menghindari kesalahan yang berakibat kerugian di kemudian hari. Jadi, simak langkah-langkah memulai bisnis ini di bawah ini!

Baca juga : 7 Usaha Ternak Peternakan Yang Menjanjikan Keuntungan

Kenali jenis-jenis burung kenari

Membeli pemain secara langsung jelas akan memakan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, petani mungkin enggan menjualnya. Solusinya adalah dengan membeli burung kenari yang masih kecil.

Soalnya, jika Anda berniat memaksimalkan peluang bisnis budidaya kenari ini tentunya Anda harus memiliki sepasang burung jantan dan betina.

Bagaimana cara mengenalinya? Caranya mudah, perhatikan kebiasaan burung kenari berumur 1 bulan.

Bila burung sudah berpisah dari induknya dan sering berbunyi, itu menandakan kenari jantan. Selain itu, bentuknya biasanya ramping dan memanjang.

Baca juga : Arti Mimpi Merawat Burung Kenari Menurut Primbon Tanda Baik

Sementara itu, burung kenari terus bersama induknya. Bentuknya biasanya lebih bulat dan tidak banyak mengeluarkan suara.

Perhatikan usia kawin burung kenari

Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan anak burung kenari jika Anda tidak tahu kapan waktu yang tepat bagi burung tersebut untuk kawin.

Kondisi ini jelas akan memperkecil peluang usaha budidaya kenari. Biasanya kenari jantan akan siap kawin setelah berumur 8 bulan.

Sedangkan betina berumur 6 bulan. Jadi sangat tepat bila Anda memasangkan dia setelah Anda berdua mencapai usia tersebut.

Baca juga : 10 Cara Merawat Burung Kenari biar Gacor (Pemula)

Tips Peluang Usaha Burung Kenari dengan Perhatikan keadaan kandang

Kandang yang tepat inilah yang membuat burung kenari tidak terlalu stres. Caranya adalah dengan selalu membersihkan kandang kemudian perhatikan ukuran kandang.

Selain itu, jauhkan sangkar burung dari semut atau serangga lain yang dapat mengganggu kenari.

Setelah mencapai usia menikah, lakukan pairing

Cara pairing yang paling mudah adalah dengan menempatkan kenari jantan dan betina dalam satu kandang.

Sedangkan cara lainnya adalah dengan mendekatkan mereka dan memberikan penghalang khusus agar mereka bisa saling mengenal.

Ketika burung sudah siap satu sama lain, proses kawin akan terjadi dan sekarang Anda tinggal membuat tempat bertelur dan menetaskan telur.

Baca juga : 10 Rekomendasi Makanan Burung Parkit agar Burung Fit

Burung Kenari biasanya akan mengerami telur selama sekitar 12 hingga 14 hari. Untuk membantu mereka menghangatkan, pertahankan bohlam sekitar 5 watt hanya sampai menetas.

Setelah menetas, pisahkan kenari jantan agar dapat kembali ke karakter aslinya. Demikian ulasan tentang peluang usaha budidaya burung kenari dan cara memeliharanya di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.