6 Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Cartridge Printer Awet Dan Tahan Lama
Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama. Dengan pengoperasiannya, yaitu ketika sebuah printer diperintahkan untuk mencetak dokumen atau file gambar, perintah ini akan diproses oleh main board.

Dari board printer akan mengirimkan perintah ke head untuk mencetak. Head printer umumnya akan memiliki fungsi mengatur filamen pemanas di dalam.

Kemudian mengatur tinta apa yang harus dikeluarkan untuk mencetak gambar atau menulis, jadi cara kerjanya adalah dengan memanaskan tinta, sehingga tinta menjadi cair/cair.

Mudah disemprotkan melalui lubang yang sangat kecil atau disebut nozzle. Overheating akan menyebabkan cartridge printer cepat panas sehingga dalam hal ini tinta berfungsi sebagai pendingin juga.

Baca juga: Mengatasi Printer Epson L3110, L3100, L3150, L3001 Tidak Bisa (Gagal) Reset

Seperti pembawa tinta dibandingkan dengan ‘OLI’ untuk motor atau mobil kita jadi saya sarankan jangan pernah membiarkan cartridge printer anda kosong. terlalu lama atau persediaan tinta habis. Ini dapat merusak kepala kartrid.

Mengapa Kartrid Printer Warna Sering Rusak

Berdasarkan survey, observasi dan pengalaman Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama, cartridge warna adalah cartridge yang paling sering rusak, kenapa? dibawah penjelasannya :

  1. Untuk yang pertama, karena printer jarang digunakan. Menurut pengamatan saya, beberapa pengguna printer dan saya dapat mengatakan bahwa hampir 80% sering menggunakan kartrid warna hanya saat mencetak gambar atau foto, sisanya tidak digunakan sama sekali. Jika hal ini terjadi maka kepala katrid akan mengering dan jika hal ini berlangsung lama maka kepala katrid akan tersumbat dan rusak.
  2. Tinta berwarna habis dan tidak segera diisi ulang.

Baca juga: Penyebab Printer Epson L3100 Error dan Kenali Tanda L3100 Error

Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

Langsung saja berikut ini adalah Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama:

  1. Saran pertama, jangan mencetak atau menghindari pencetakan dalam jumlah banyak dalam satu sesi pencetakan. Beri waktu printer untuk istirahat beberapa menit, misalnya 15 lembar 2 menit, lalu cetak kembali.
  2. Jadi jangan biarkan cartridge kosong dalam waktu yang lama, silahkan isi cartridge segera setelah habis.
  3. Tips selanjutnya Usahakan menggunakan satu jenis atau merk tinta saja, jangan sampai mengganti merk tinta, karena tingkat pengenceran tiap merk tinta berbeda dan mempengaruhi kepala cartridge kita.
  4. Kemudian gunakan printer secara rutin dan berkala misalnya seminggu dipakai untuk print 2 kali walaupun hanya test print agar catridge tetap basah dan tidak kering.
  5. Untuk printer yang menggunakan mod infus, pastikan tinta di tabung mengalir lancar ke kepala kartrid.
  6. Jangan mengisi tinta yang berlebih karena akan mengakibatkan tekanan udara yang terlalu besar untuk cartridge meledak dan hasilnya tidak akan keluar karena tidak bisa dikontrol oleh kepala cartridge.

Baca juga: Review Spesifikasi Printer Epson L565, Keunggulan dan Harga di Bulang Juni 2022

Itulah yang saya tulis pagi ini ‘Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama’. Semoga apa yang saya tulis ini mudah dipahami, dipahami dan akhirnya mudah dalam mengamalkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.