Penyebab Printer Epson L3100 Error dan Kenali Tanda L3100 Error

Penyebab Printer Epson L3100 Error Dan Kenali Tanda L3100 Error
Penyebab Printer Epson L3100 Error dan Kenali Tanda L3100 Error

Penyebab Printer Epson L3100 Error dan Kenali Tanda L3100 Error. Printer Epson seri L3000 merupakan printer all-in-one yang sudah sangat populer dan top level di kalangan masyarakat. Karena selain digunakan untuk mencetak, juga dapat digunakan sebagai mesin fotokopi atau scanner.

Printer ini sendiri sebenarnya keluaran terbaru dari Epson atau lanjutan dari L-series sebelumnya seperti L110, L120, L130, L210, L220, dll. Namun, printer Epson L3100, L3110, L3001 atau L3100 terkadang mengalami berbagai masalah yang menyebabkan printer tidak mencetak dokumen. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan indikator Ink/Paper yang berkedip bergantian/bersamaan (lampu Blinking Ink and Paper).

Penyebab Printer Epson L3100 Error dan Kenali Tanda L3100 Error

Nah, beberapa faktor penyebab error tersebut, kebanyakan disebabkan oleh komponen (hardware) dari printer itu sendiri. Misalnya, kartrid, rol, tabung pembuangan limbah tinta penuh, dll.

Sedangkan untuk faktor internal biasanya terjadi ketika jumlah print pada kertas sudah mencapai batas maksimal, ink pad counter penuh, dll (memerlukan reboot).

Langsung saja sebelum membahas tentang Penyebab Printer Epson L3100 Error, Kenali tandanya terlebih dahulu kenapa bisa bermasalah.

Tanda-Tanda Printer Epson Bermasalah (Error)

Yang paling mudah dikenali ketika printer Epson L3100, L3110, L3001, dan L3100 mengalami masalah/error adalah lampu indikator Tinta dan Kertas berkedip secara bergantian/bersamaan (lampu Tinta dan Kertas berkedip) terus menerus.

Baca juga : 2 Cara Reset Epson L3210 Manual Otomatis Dengan Aplikasi Resetter

Selain itu, layar komputer (Laptop/PC) juga akan menampilkan kotak dialog dengan berbagai pesan error. Ini termasuk yang berikut:

  1. sudah hampir waktunya untuk mengatur ulang level tinta
  2. waktu untuk mengatur ulang level tinta
  3. limbah tinta penuh
  4. layanan yang dibutuhkan
  5. Bantalan tinta berada di akhir layanan langsungnya

Nah, bila printer Epson L3110, L3100, L3100 atau L3001 Anda mengalami salah satu kesalahan di atas, sebaiknya lakukan penelusuran terkait Penyebab Printer Epson L3100 Error..

Penyebab Printer Epson L3100 Error

Salah satu penyebab error printer sering terjadi adalah karena masalah hardware. Oleh karena itu, coba cek dulu beberapa bagian printer berikut yang mungkin menjadi akar penyebabnya. Berikut Penyebab Printer Epson L3100 Error:

  • Cartridge – Bagian pertama yang biasanya bermasalah adalah Cartridge. Untuk memperbaikinya, pertama-tama keluarkan kartrid, lalu sedot sisa tinta. Dan jika Anda memiliki pembersih kepala cetak, semprotkan secara perlahan ke dalam nosel kartrid. Jika masih ada kesalahan, bersihkan busa tempat cartridge berhenti (di sebelah kanan) juga dengan tisu.
  • Roller (Paper Jam) – Bagian kedua adalah roller (tempat keluarnya kertas). Pastikan area ini tidak macet dan bersihkan jika ada kertas yang menempel di sana.
  • Tabung tinta: Periksa kartrid tinta printer dan pastikan masih ada tintanya. Jika sudah habis, top up. Periksa juga apakah tabung tinta tidak terjepit atau tersumbat.
  • Tabung Pembuangan Tinta – Hal lain yang perlu diperiksa adalah bahwa Tabung Pembuangan Tinta sudah penuh. Untuk melakukannya, sedot sisa tinta hingga bersih.

Baca juga : 6 Langkah Cara Reset Epson L3210 Manual Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa informasi singkat terkait Penyebab Printer Epson L3100 Error. Semoga bermanfaat dan membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.