Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH Tanpa Kehabisan Uang

  • Bagikan
Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH Tanpa Kehabisan Uang

BYSNIS.COM – Wabah virus Covid-19 telah menyeret kondisi ekonomi global ke titik terendah sepanjang masa. Banyak perusahaan kehilangan pasar karena penerapan kebijakan jarak sosial. Jadi kenali dan praktekkan Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH Tanpa Kehabisan Uang.

Di tengah situasi yang rentan ini, sangat penting untuk mengelola keuangan dengan bijak. Bersyukurlah kamu termasuk dalam kelompok yang masih bekerja, meski dengan sistem work from home (WFH).

Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH

Tetap perbaiki penghasilan sesuai rumus 40-30-20-10

Bersyukurlah bahwa Anda termasuk dalam kelompok yang tetap memiliki pekerjaan di tengah pandemi. Masih banyak orang yang tidak seberuntung Anda yang kehilangan mata pencaharian akibat PHK. Jadi ketika hari gajian tiba, cobalah untuk tidak mengubah pengaturan keuangan Anda.

Lakukan seperti biasa dengan formula 40-30-20-10. Itu 40 persen untuk biaya hidup, 30 persen untuk pembayaran tagihan, 20 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk dana darurat.

Misalkan Anda tidak dalam krisis. Jalankan bisnis Anda seperti biasa dengan tetap memperhatikan pengeluaran Anda.

Gunakan uang transportasi untuk dana darurat

Di tengah pandemi seperti saat ini, dana darurat menjadi posisi yang sangat diperlukan dengan Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH. Meningkatkan pendapatan untuk dana darurat lebih penting daripada membeli makanan atau barang yang tidak perlu. Dana tersebut dapat digunakan jika Anda atau keluarga Anda mengalami hal seperti gangguan kesehatan.

Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH dengan Simpan Terus

Bahkan, pandemi telah menyebabkan krisis di beberapa sektor. Karena Anda masih bekerja, otomatis keuangan Anda akan stabil. Manfaatkan kondisi tersebut untuk terus meningkatkan jumlah tabungan dan investasi. Jangan menghabiskan semua uang Anda untuk gaya hidup saat di rumah.

Baca juga : Kerja Sampingan Anak Kos Mahasiswa di Perantauan

Jangan mudah tergiur dengan promosi toko online

Tak bisa dipungkiri, masa krisis seperti sekarang ini membuat banyak toko online “menghabiskan uang” lebih agresif. Terbukti semakin banyak promo yang ditawarkan. Seperti pembersihan gudang, cash back, pengiriman gratis, flash sale, dll.

Meskipun Anda memiliki kesempatan untuk lebih menghemat pembelian, promosi ini tidak boleh mudah tergiur. Tetaplah membeli barang berdasarkan prioritas Anda. Dan pastikan untuk menyimpan lebih banyak uang daripada yang harus Anda keluarkan.

Jadi Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH yaitu jangan tergiur dengan promosi toko online.

Kurangi pengeluaran non-prioritas

Dengan kebijakan WFH, Anda akan dipaksa untuk tetap berada di rumah terus menerus. Hal ini tentu tidak ideal karena bersosialisasi merupakan kebutuhan manusia.

Namun untuk menekan penyebaran virus tersebut, pemerintah menerapkan kebijakan ini. Karena berada di rumah sepanjang waktu, sebenarnya ada beberapa budget line yang tidak terpakai.

Seperti transportasi, biaya tol, parkir, jalan-jalan, dll. Anda bisa mengalihkan pengeluaran tersebut untuk kebutuhan lain.

Tapi jangan jadikan itu sebagai biaya untuk membeli barang yang bukan prioritas. Jika Anda berpikir tidak ada yang perlu dibeli, Anda harus menghemat anggaran untuk berjaga-jaga.

Fokus pada kebutuhan

Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH dengan fokus pada kebutuhan. Rasa bosan karena terus-menerus di rumah membuat tak sedikit orang melepaskan beban diri dengan berbelanja online.

Pembelian tersebut dilakukan sebagai katarsis baru untuk melepaskan beban stres akibat ketidakpastian pandemi.

Meski stres merupakan hal yang wajar di saat seperti ini, bukan berarti Anda bisa melepas penat dengan berbelanja tanpa batas.

Fokuskan pengeluaran pada kebutuhan. Jangan mengikuti perasaan “mata lapar” karena kita tidak semua tahu seperti apa kondisi di masa depan.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa Menguntungkan

Manfaatkan penawaran kupon

Kupon yang diberikan di berbagai tempat belanja sebenarnya bukan tanpa tujuan. Jadi jangan terlalu cepat membuangnya karena Anda bisa memetik manfaatnya secara langsung. Anda dapat mengumpulkan berbagai kupon dan menggunakannya saat berbelanja.

Ada juga beberapa situs yang menawarkan kupon untuk tawar-menawar. Anda dapat membeli kupon diskon ini dan menggunakannya saat berbelanja. Pilih kupon diskon yang dapat memberikan Anda diskon terbaik.

Pilih aplikasi belanja yang tepat

Tips Mengontrol Keuangan Selama WFH dengan memilih aplikasi belanja yang tepat. Karena kamu tidak boleh lama-lama keluar rumah selama WFH, solusinya belanja lewat aplikasi. Tapi jangan asal pilih aplikasi belanja online.

Unduh aplikasi yang menawarkan penawaran hebat. Misalnya yang selalu memberikan promosi gratis ongkos kirim, refund, dll. Tapi walaupun banyak promo menarik, tetap belanja sesuai kebutuhan.

Perhatikan pola pengeluaran

Cara termudah untuk mengetahui ke mana uang Anda pergi adalah dengan memeriksa riwayat transaksi rekening bank Anda. Dari situ Anda bisa tahu bagaimana mengelola keuangan Anda.

Termasuk bagaimana Anda membelanjakan penghasilan Anda. Uang mungkin terlihat cepat habis akhir-akhir ini karena digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *