Mana yang Lebih Baik : SSL Gratis vs SSL Berbayar?

  • Bagikan
Mana yang Lebih Baik : SSL Gratis vs SSL Berbayar?

SSL singkatan dari Secure Socket Layer adalah sebuah teknologi keamanan yang mutakhir. Di dalam teknologi ini ada komunikasi antara web server dan web browser yang telah terenkripsi dengan baik. Ada dua jenis SSL, yaitu SSL gratis atau berbayar.

Saat website Anda menggunakan SSL, situs website akan terhindar dan terlindungi dari pencurian data atau file oleh para hacker. SSL gratis bernama Lets Encrypt. Fungsinya hampir sama dengan SSL berbayar seperti Positive SSL, Comodo SSL, dan lain-lain.

Perbedaan SSL Gratis atau Berbayar

Meskipun mempunyai fungsi yang hampir sama, SSL gratis dan berbayar memiliki banyak perbedaan jika Anda perhatikan lebih jauh. Berikut ini beberapa perbedaan keduanya yang perlu Anda ketahui:

1. Sisi Kompatibilitas

SSL gratis dari sisi kompatibilitas kurang support dengan jenis browser versi lama atau tidak terkenal. Jika Anda memaksakan menggunakan browser tersebut akan menimbulkan banyak masalah. Contohnya Secure Connection Failed, SSL tidak terbaca, atau Connection is Untrusted.

Berbeda dengan SSL gratis, SSL berbayar justru memiliki tingkat kompatibilitas browser sangat tinggi atau di atas 99%. Sehingga, tidak akan adan masalah SSL error di browser. Selain itu, SSL berbayar juga mendukung semua jenis browser tanpa pengecualian.

2. Tipe SSL

SSL gratis hanya mempunyai satu tipe SSL, yaitu Let’s encrypt, sedangkan SSL berbayar menawarkan beberapa tipe SSL. Mulai dari Domain Validation Certificate, Extended Validation Certificate, dan Organization Validated Certificate.

3. Masa Berlaku

Masa berlaku SSL gratis hanya 90 hari. Sedangkan SSL berbayar selama 1 tahun atau maksimal 2 tahun. Saat masa berlakunya habis, Anda harus melakukan Reissue SSL atau penerbitan ulang. Jika tidak, HTTPS website Anda akan diubah oleh sistem menjadi HTTP biasa tanpa sistem keamanan.

4. Proses Penerbitan atau Aktivasi SSL

Proses penerbitan SSL gratis membutuhkan waktu selama 30 menit hingga satu jam tanpa masalah konfigurasi. Jika Anda mengalami masalah konfigurasi nama domain, konfigurasi DNS CAA record, atau konfigurasi DNS server akan membutuhkan waktu lebih lama.

Berbeda dengan SSL gratis, SSL berbayar cukup cepat saat proses penerbitan SSL atau sekitar 5 hingga 10 menit saja. Khususnya untuk tipe Domain Validated Certificate.

5. Asuransi Keamanan

SSL gratis tidak mempunyai asuransi keamanan, sehingga tidak ada ganti rugi jika Anda mengalami kehilangan atau kebocoran data. Sedangkan SSL berbayar bisa menanggung uang ganti rugi saat terjadi kebocoran data. Uang ganti rugi tersebut nominalnya mulai dari $10.000.

Keunggulan SSL Berbayar

Berdasarkan beberapa perbedaan antara SSL gratis dan berbayar sebelumnya, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari SSL berbayar:

  • Tingkat kompatibilitas browser di atas 99%.
  • Bebas menggunakan semua jenis browser tanpa pengecualian.
  • Mempunyai tipe SSL yang cenderung sangat lengkap.
  • Masa berlaku mulai dari satu sampai dua tahun.
  • Proses penerbitan cenderung lebih cepat, mulai dari 5 sampai 10 menit.
  • Mendapatkan uang ganti rugi mulai dari $10.000 saat kebocoran data.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *