Tekno  

Solusi HP Xiaomi yang Sering Restart Sendiri dan Saat di Charge

Solusi Hp Xiaomi Yang Sering Restart Sendiri Dan Saat Di Charge
Solusi HP Xiaomi yang Sering Restart Sendiri dan Saat di Charge

Terlebih lagi kalau kita yaitu pengguna smartphone xiaomi redmi atau Xiaomi tipe lainnya yang sangat suka mengubah MIUI ROM menjadi versi yang berbeda. Solusi HP Xiaomi yang Sering Restart Sendiri dan Saat di Charge.

Masalah ibarat hp xiaomi restart terus menerus, sering reboot ulang ataupun bootloop (brick) akan menjumpai perangkat android tersebut.

Perlu untuk kita ketahui bahwa memasang MIUI ROM yang tidak sesuai pada perangkat xiaomi yang kita miliki yaitu salah satu penyebab hp xiaomi sering mati secara mendadak.

Namun tidak dipungkiri juga terkadang hp xiaomi error tidak sanggup hidup atau bootloop juga terjadi pada hp xiaomi gres kita beli sekalipun.

Lantas kalau terjadi hal tersebut, bagaimana langkah kita untuk memperbaiki hp xiomi redmi yang sering mati mendadak?

Meskipun factory reset ataupun flashing hp xiaomi yaitu solusi xiaomi mendadak sering restart namun jarang pengguna smartphone tersebut yang menginginkannya.

Hal ini dikarenakan factory reset hp xiaomi akan menghilangkan semua data dan aplikasi yang ada pada perangkat android tersebut.

Oleh lantaran itu pada pertemuan kita kali ini, kami akan mencoba membuatkan cara untuk mengatasi ponsel xiaomi yang sering restart sendiri.

Disini kami akan berikan solusi untuk mengatasi brick / bootloop di hp xiaomi tanpa harus menghilangkan aplikasi yang ada. Mari eksklusif saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai Penyebab dan Solusi Hp Xiaomi Yang Hang Sering Bootloop di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Sebelum kita memulai untuk mengatasi hp xiaomi yang sering restart sendiri tersebut, alangkah lebih baiknya kalau kita terlebih dahulu mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab perangkat xiaomi tersebut menjadi sering mendadak mati sendiri ibarat berikut ini :

Penyebab HP Xiaomi Restart Sendiri Yang Sering Terjadi

Anda banyak penyebab ponsel xioami seringrestart sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Aplikasi yang berjalan atau terbuka di latar belakang terlalu banyak

Perlu untuk kita ketahui bahwa aplikasi yang berjalan atau terbuka di latar belakang sanggup memakan jumlah RAM yang berlebihan. Tidak berhenti disitu saja, kinerja processor ponsel android akan semakin lambat lantaran proses kinerja processor terhambat.

Baca juga : 9+ Daftar Usaha Sampingan Bagi Karyawan Perusahaan Pabrik

Maka tidak heran kalau sering kali hp xiaomi menjadi lelet atau lemot sebelum xiaomi device tersebut mati secara sendirinya.

2.  Ponsel android terlalu panas

Ponsel xiaomi yang terlalu panas akan mengakibatkan sistem memaksa semoga mematikan ponsel android tersebut secara otomatis meskipun dalam keadaan hidup.

3.  File sampah yang menumpuk pada hp xiaomi

Salah satu penyebab kinerja ponsel android xiaomi menjadi melambat yaitu lantaran terlalu banyak sampah file yang menumpuk pada hp xiaomi yang kita miliki tersebut.

Dampak buruknya penggunaan yang berlebihan pada CPU, Memory RAM dan GPU perangkat xiaomi tersebut menciptakan hp xiaomi menjadi sering restart atau mati sendiri.

4. Hp Xiaomi tersebut terjangkit virus

Sering kali virus yang masuk pada ponsel android terjadi ketika kita sedang browsingan di internet atau membuatkan data dengan bluetooth atau masih banyak lagi.

Baca juga : Spesifikasi HP Xiaomi Redmi Note 9 Dengan Kelebihannya

Untuk itu kita perlu mengusut dan hapus virus yang ada pada ponsel xiaomi tersebut, sanggup dengan memakai aplikasi antivirus yang sanggup kita unduh melalui aplikasi google play.

5.  Terdapat kerusakan pada komponen hardware hp xiaomi

Adanya kerusakan pada komponen hardware di perangkat xiaomi yang kita miliki juga menjadi salah satu penyebab ponsel android sering restart atau mati sendiri.

Misalnya saja konektor penghubung baterai ponsel android longgar yang sering kali terjadi lantaran kita terlalu sering membuka pasang baterai ponsel xiaomi tersebut.

6. Faktor usia

Usia ponsel sudah renta sehingga tidak heran bila aneka macam terjadi permasalahan pada ponsel android. Salah satunya permasalahan ponsel android sering mati mendadak.

Baca juga : Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 9 / 9 Pro Termudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Sendiri Saat Di Charge

Jika persoalan hp xiaomi restart terus hanya terjadi ketika smartphone sedang terhubung dengan pengisi daya, maka ada beberapa hal yang perlu untuk kita pastikan terlebih dahulu untuk memperbaiki redmi 5a restart sendiri tersebut. Diantaranya:

1. Gunakan Charger Bawaan Ponsel

Pastikan bahwa kita telah memakai charger bawaan ponsel xiaomi ketika hp malah mati ketika dicas tersebut.

2. Hapus Aplikasi Terbaru

Tidak ada salahnya kalau kita mencoba menghapus aplikasi yang terakhir kita install pada hp xiaomi tersebut.

Hal ini dikarenakan sanggup jadi alasan kenapa hp xiaomi sering restart sendiri tersebut yaitu tidak mendukungnya aplikasi tersebut dengan hp xiaomi yang kita miliki.

3. Gunakan Tema Bawaan HP Xiaomi

Tidak sedikit pengguna hp xiaomi yang berhasil mengatasi xiaomi restart sendiri tersebut hanya dengan mengganti tema ke tema bawaan ponsel.

Layaknya sebuah aplikasi, penggunaan tema yang tidak sesuai justru sanggup menciptakan hp xiaomi menjadi bootloop.

Baca juga : Download Driver ADB dan USB Terbaru dari Xiaomi Poco

4. Bawa Ke Service Center Terdekat

Jika dengan semua cara di atas hp xiaomi tetap saja restart terus ketika di cas maka solusi terbaiknya yaitu membawanya ke kawasan service hp xiaomi terdekat.

Hal ini bertujuan semoga persoalan hp xiaomi restart terus menerus sanggup lebih di pastikan kerusakannya, apakah dari software atau hardwarenya?

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Bootloop (Brick) atau Sering Restart Sendiri

Untuk mengatasi hp xiaomi yang mendadak sering mati sendiri tersebut, disini kami akan melaksanakan Wipe atau Reset di perangkat Xiaomi.

Namun sebelumnya perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu bahwa Metode Wipe ataupun Reset mempunyai resiko akan menghilangkan data – data di memori internal.

Baca juga : 3 Cara Format Factory dan Hard Reset Hp Xiaomi di MIUI 12

Oleh lantaran itu kita perlu untuk melaksanakan backup terhadap data penting yang ada pada perangkat tersebut. Berikut langkah – langkah untuk melaksanakan Wipe atau Reset di perangkat Xiaomi melalui MI Recovery mode, diantaranya:

  • Pertama – tama matikan (turn off) device Xiaomi yang kita miliki
  • Kemudian masuk ke MI Recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up + Power secara bersamaan hingga hidangan recovery muncul dilayar ponsel android xiaomi tersebut
  • Dalam modus recovery, pilih bahasa “English”
  • Setelah itu pilih Wipe & Reset
  • Dan akan muncul tampilan ibarat gambar di bawah ini

Disini kita pilih satu persatu perintah diatas (jangan sekaligus). Setiap satu proses perintah selesai dilakukan, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu.

Baca juga : Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total Tidak Dapat di Charge

Sehabis itu pilih Reboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan device secara normal. Lihat hasilnya, kalau gagal gres lakukan perintah yang lainnya.

Note’s :

  • Wipe Cache : Menghapus file cache di sistem device Xiaomi
  • Wipe User Data : Menghapus data pengguna
  • Silahkan Wipe all Data : Menghapus semua data pengguna dan data aplikasi (Factory Reset)

Dalam modus recovery, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi (naik turun), dan gunakan tombol Power untuk menentukan hidangan yang di inginkan.

Baca juga : Cara Dan Solusi Berhenti Berlangganan Netflix di Android

Kesimpulan

Cara di atas sanggup kita gunakan untuk semua tipe hp xiaomi yang mengalami persoalan sering restart sendiri, namun kalau dengan cara tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal.

Demikian artikel kali ini yang mengulas tentang bagaimana cara mengatasi hp xiaomi yang sering kali mati mendadak atau restart sendiri.

Semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang mengalami hp xiaomi bootloop ataupun brick tersebut. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.