Unsur Desain Grafis dan Tata Letak

  • Bagikan
Unsur Desain Grafis dan Tata Letak

BYSNIS.COM – Untuk menjadi seorang desain grafis profesional, kamu perlu membangun kreativitas untuk menyelesaikan karya yang membuatmu puas. Untuk mencapai tujuan ini, unsur ide perlu kamu masukkan dan kembangkan ke dalam desain grafis yang menarik.

Dengan seperti itu,, hanya penikmat dan orang yang menghargai desain yang bisa merasakan seni yang terkandung di dalam desain yang kamu buat. Mengusahakan desain yang sempurna pasti harus mempelajari ilmu dasarnya. Salah satunya adalah mempelajari unsur-unsur desain grafis. 

Unsur dalam Desain Grafis

Dalam desain grafis, unsur-unsur ini memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri. Setiap unsur mempunyai makna dan tujuan yang berbeda-beda. Terdapat 6 unsur yang harus kamu pelajari dan ketahui. Berikut adalah unsur-unsurnya:

1. Garis atau Line

Pertama, kita akan membahas unsur desain grafis garis. Garis adalah unsur dasar yang menghubungkan titik ke titik lainnya. Garis ini tidak selalu akan berbentuk garis lurus saja. Tetapi, garis bisa juga membentuk kurva atau garis putus-putus. Garis lurus horizontal ini mempunyai ciri khas formal namun professional. 

2. Bentuk atau Shape

Berikutnya, kita akan membahas unsur desain grafis shape atau bentuk. Secara umum, shape ini adalah bentuk yang terbuat dari lebar, panjang, dan tinggi. Bentuk yang ada pada desain grafis dibagi dalam kategori sifat yaitu bentuk geometri, bentuk natural, dan bentuk abstrak.

3. Tekstur

Tentu sudah familiar dengan tekstur untuk kamu para penikmat desain ataupun pengerja desain. Tekstur ini secara umum membahas tentang rasa dalam meraba permukaan halus atau kasar. Tetapi dalam desain grafis adalah tekstur yang memberi kesan kepada desain yang kita buat. Dalam desain grafis, kita membicarakan tentang tekstur semu.

4. Gelap Terang atau Contrast

Kontras atau gelap terang ini yang dimaksud adalah bagaimana satu warna berlawanan dengan warna lainnya. Unsur desain grafis ini dapat membedakan informasi penting dalam desain dengan unsur lainnya agar desainer dapat memberi highlight informasi penting yang ada 

5. Ukuran atau Size

Unsur desain grafis berikut ini tidak kalah penting dengan unsur lainnya. Unsur ini memberikan dimensi perbedaan terhadap objek yang ada pada suatu desain. Dalam menyampaikan pesan, kamu dapat memberikan ukuran yang besar agar pesanmu dapat sampai.

6. Warna atau Coloring

Unsur terakhir ini adalah unsur yang dapat mempengaruhi sebagian besar desain yang ada. Warna dapat memberikan emosi atau identitas yang ingin disampaikan. Setiap warna bisa mewakilkan perasaan dan emosi yang berbeda-beda.

Unsur Tata Letak Desain Grafis

Selain unsur desain grafis tadi, kamu juga harus memahami tata letak dalam desain grafis. Tata letak dalam desain grafis juga tidak kalah penting dengan unsur-unsurnya. Tata letak memberikan kesan terhadap desain yang sedang kamu buat atau sudah kamu buat. 

Tipografi

Dalam desain grafis, tipografi adalah seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf. Tipografi ini dapat menyampaikan pesan langsung pada sebuah desain. Nah, tipografi ini juga melibatkan pengaturan pada huruf seperti ukuran, jenis huruf, tracking antar karakter, dan lainnya.

Ruang

Kemudian, unsur tata letak yang tidak kalah penting adalah ruang. Ruang ini adalah jarak antara objek dalam desain yang membuat mata dapat memisahkan kedua objek tersebut. Ruang adalah salah satu elemen yang penting karena ruang dapat memudahkan audiens membaca dan menangkap pesan yang disampaikan. 

Nah, semoga dengan ilmu singkat unsur desain grafis dan tata letak desain grafis yang sudah dibahas tadi, kamu bisa lebih paham secara dasar dalam ilmu desain grafis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *