Bisnis  

Peluang Bisnis Kelengkeng Berlian dan Cara Menanam

Peluang Bisnis Kelengkeng Berlian Dan Cara Menanam
Peluang Bisnis Kelengkeng Berlian dan Cara Menanam . Pixabay

Peluang Bisnis Tumbuh Rumah Kelengkeng Berlian dan Menanamnya cukup menarik, hal ini dikarenakan kelebihan yang dimilikinya dibandingkan jenis kelengkeng lainnya.

Kelengkeng atau lengkeng berlian dapat di tanam dengan mudah, baik di kebun maupun di dalam pot. Namun yang terpenting, lengkeng intan ini paling sering di tanam di dalam pot.

Yang menarik lagi, lengkeng jenis ini cepat berbuah. Bayangkan saja, pada usia 8-10 bulan, kelengkeng ini sudah bisa berbuah banyak. Hal ini terjadi pada lengkeng yang hidup dengan teknik vegetatif.

Sedangkan jika di tanam melalui biji, kelengkeng ini bisa berbuah setelah mencapai umur minimal 2 tahun.

Jadi pertanyaan apakah tanaman lengkeng ini bisa berbuah atau tidak, jawabannya tergantung dari jenis tanamannya, setelah berapa lama umur produktif tanaman tersebut bertahan.

Asal Usul Kelengkeng

Sebelum Anda memutuskan untuk menekuni peluang bisnis budidaya Kelengkeng Intan ini, mungkin Anda perlu mengetahui banyak tentang asal usul tanaman ini.

Kelengkeng sendiri berasal dari China, di budidayakan dengan teknik yang berbeda yaitu dengan teknik vegetatif atau teknik konvensional.

Yang paling umum adalah menanam secara vegetatif. Biasanya di tanam di dalam pot karena tanaman ini memiliki ciri-ciri lebih lebar daripada tinggi.

Dengan kata lain, lengkeng jenis ini akan berbuah meski tanamannya masih pendek. Apalagi jika Anda juga menerapkan pemangkasan dalam upaya mempersingkat tanaman.

Baca juga : Daftar Peluang Kerja Freelance Untuk Mahasiswa

Ciri-ciri kelengkeng intan ini bisa Anda lihat pada daunnya. Daunnya lebih lebar, ada gelombang di tepinya, lalu warnanya hijau lebih cerah.

Ciri ini terlihat jelas saat tanaman ini tumbuh subur. Artinya, sudah benar-benar dirawat oleh penjual sebagai benih unggul yang akan memudahkan petani menanamnya.

Peluang Bisnis Kelengkeng Berlian dan Cara Menanam

Memulai budidaya kelengkeng intan ini tidak perlu memiliki lahan yang luas, cukup gunakan pekarangan yang kosong atau tanah di depan rumah yang terkesan kosong.

Di tanah, tidak perlu membuat lubang. Namun cukup menggunakan pot untuk menampung tanaman.

Dengan pemanfaatan tersebut, peluang usaha budidaya Kelengkeng Intan ini akan jauh lebih efektif dan tidak akan menempati lahan yang terlalu luas.

Baca juga :

Nah, bagaimana cara menanam lengkeng yang benar di dalam pot?

Hal pertama yang menentukan sehat atau tidaknya tanaman adalah cara memilih bibit. Bibitnya mungkin terlihat bagus, tetapi di balik itu.

Bibitnya mungkin tidak sehat. Sehingga ketika menanamnya akan dibingungkan dengan berbagai masalah, seperti hama, ranting kering, dll.

Jika Anda memang berniat membuka peluang usaha budidaya Kelengkeng Intan ini, pilihlah bibit yang tepat.

Anda bisa melihat daunnya, lalu batangnya, dan kemudian akarnya. Untuk daunnya, perhatikan apakah daunnya hijau semua atau tidak, lalu apakah terserang hama atau tidak.

Jika daun terlihat hijau subur, maka tidak ada lubang atau kerusakan hama, Anda benar.

Baca juga : Peluang dan Jenis Bisnis yang Menguntungkan bagi Mahasiswa

Kemudian untuk batangnya coba perhatikan sambungannya. Ketika sambungan terlihat baik (tidak miring antara sambungan dan sambungan) maka Anda dapat mengambilnya. Karena ini adalah sinyal jika ada kecocokan pada koneksi.

Sedangkan yang ketiga adalah dengan melihat akarnya. Pastikan akarnya dalam, atau jika Anda bisa, telah menembus kantong plastik. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman siap untuk di tanam.

Peluang Bisnis Kelengkeng Berlian dengan Pilih pot yang lebih besar dari tanaman.

Peluang usaha budidaya kelengkeng ini tidak akan menghasilkan jika tidak bisa di tanam dengan baik.

Penanaman yang benar dengan media tanam pot adalah dengan memperhatikan ukuran pot dan tanamannya.

Baca juga : Tren dan Peluang Bisnis yang Akan Meledak di 2022

Pot yang baik adalah pot yang ukurannya jauh lebih besar dari tanamannya. Intinya memberikan ruang yang lebih luas untuk akar tanaman.

Mulai menanam dan memelihara

Setelah Anda menyediakan bibit dan pot, sekarang saatnya untuk mulai menanamnya.

Pada saat ini, Anda perlu menyediakan tanah yang telah di beri pupuk organik. Tujuannya agar peluang bisnis budidaya kelengkeng ini benar-benar menguntungkan.

Jika demikian, sekaranglah saatnya untuk mulai menanam pohon kelengkeng. Namun perlu di ingat bahwa tanaman ini biasanya akan menunjukkan daun yang menguning dan mati kembali dalam beberapa minggu pertama.

Baca juga : Macam-Macam Peluang Usaha Di Desa

Hal ini di karenakan tanaman masih dalam proses adaptasi. Untuk itu, bantulah tanaman tersebut dengan menyiramnya kemudian merawatnya dengan baik.

Setelah Anda melewati minggu pertama, Anda akan mulai melihat apakah tanaman yang Anda tanam sudah mulai tumbuh subur. Kini saatnya Anda mulai memperhatikan cara membuat tanaman lebih subur.

Caranya adalah dengan memberikan pemupukan yang cukup. Biasanya setiap 6 bulan sekali di lakukan pemupukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca juga : Peluang Bisnis untuk Mahasiswa untuk Tambah Uang Jajan

Nah, biasanya ada beberapa pengalaman tersendiri bagi petani, jadi inspeksi harus selalu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan tanaman yang sehat, termasuk untuk merangsang tanaman agar cepat berbuah.

Demikian ulasan peluang usaha budidaya kelengkeng yang bisa anda optimalkan. Jika Anda memang suka menanam, jadikan tanaman kelengkeng sebagai hobi dan bisnis yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.