Bisnis  

Tips Nelayan Menjaga Ekosistem Laut Agar Tetap Lestari

Tips Nelayan Menjaga Ekosistem Laut Agar Tetap Lestari

BYSNIS.COMMempertemukan dunia teknologi dan perikanan, beberapa startup perikanan Indonesia sudah memberikan dampak positif kepada masyarakat. Inilah Tips Nelayan Menjaga Ekosistem Laut Agar Tetap Lestari.

Sebagai contohnya, turut serta berpartisipasi dalam mensejahterakan nelayan yang mendapatkan penghidupan dari laut.

Selalu bergantung dengan laut yang kaya akan hasil sumber daya alamnya, pastinya nelayan perlu untuk melestarikan ekosistem laut agar tidak rusak. Simak beberapa tips nelayan menjaga ekosistem laut agar tetap terjaga dan bisa selalu menjadi sumber penghidupan.

Tips Nelayan Menjaga Ekosistem Laut

Ada beberapa cara yang sudah dilakukan nelayan untuk menjaga ekosistem laut. Dengan menggunakan cara ini, ekosistem laut akan tetap terjaga. Tentu tidak hanya nelayan saja yang turut serta berkontribusi, tetapi pemerintah dan masyarakat juga memiliki andil dalam menjaga kelestarian alam laut.

1. Tidak Boleh Menggunakan Bom Saat Menangkap Ikan

Cara pertama agar ekosistem laut tetap terjaga adalah dengan tidak menggunakan bom atau bahan kimia saat menangkap ikan. Untuk mencegah hal tersebut, nelayan bisa memilih alat untuk menangkap ikan yang ramah lingkungan.

Jika nelayan menangkap ikan dengan mengebom atau dengan alat lain yang dilarang seperti pukat tarik, dogol, atau cantrang, maka akan membahayakan ekosistem alam laut seperti terumbu karang.

Pemerintah pun mengatur hal ini dengan undang-undang nomor 45 tahun 2009. Sehingga, sehingga apabila nelayan melanggar hal tersebut maka bisa mendapatkan hukuman.

2. Menghindari Penangkapan Ikan Secara Berlebihan

Selain menggunakan alat untuk menangkap ikan yang aman, nelayan juga menjaga ekosistem laut dengan menangkap ikan tidak secara berlebihan atau menghindari overfishing. Penangkapan ikan secara berlebihan dapat merusak ekosistem laut karena dapat mengakibatkan kepunahan.

Contoh overfishing adalah dengan menangkap ikan-ikan yang masih kecil, atau masih belum memenuhi umur yang layak untuk ditangkap. Hal tersebut dapat menyebabkan kepunahan karena jika ikan-ikan kecil ditangkap, spesies ikan predator bisa kehilangan sumber utama makanannya.

3. Tidak Membuang Sampah di Laut

Tips terakhir nelayan menjaga ekosistem laut adalah dengan memperhatikan kondisi lautan. Jika kondisi lautan terjaga dengan baik, maka laut juga akan memberikan hasil yang melimpah untuk para nelayan.

Cara menjaga ekosistem laut agar tetap lestari adalah dengan tidak membuang sampah di laut, membuang limbah, atau membuang bahan bakar kapal ke laut. Karena, hal-hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran pada air laut.

Baca juga : Arti Mimpi Melihat Air Laut Jernih Bening Pertanda Baik

Selalu Menjaga Ekosistem Laut

Seperti pepatah dari bahasa sansekerta, Jalesveva Jayamahe, yang memiliki arti “Kejayaan Kita Ada Di Laut”, laut telah memberikan banyak hasil alamnya untuk masyarakat sehingga dapat memiliki hidup yang lebih sejahtera dari laut.

Oleh karena itu, masyarakat yang selalu bergantung pada kehidupan laut perlu untuk menjaga kelestarian ekosistem laut. Dengan melakukan hal ini, ekosistem laut akan tetap terjaga dan tidak punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.