Tips Cara mengatasi Layar Gelap dan Hitam Saat Menelepon

  • Bagikan
Tips Cara mengatasi Layar Gelap dan Hitam Saat Menelepon

BYSNIS.COM – Anda pasti merasa kesal saat sedang sibuk melakukan panggilan telepon, tiba-tiba layar mati dan gelap. Meski tidak jarang, Anda juga membutuhkan informasi di layar, seperti untuk mengakhiri panggilan. Jadi semoga bermanfaat mengenai Cara mengatasi Layar Gelap dan Hitam Saat Menelepon.

Biasanya masalah layar gelap saat di gunakan untuk melakukan panggilan ini muncul setelah memasang screen saver. Ini karena hampir semua smartphone memiliki sensor jarak yang terletak di bagian atas layar.

Sensor ini merupakan sensor jarak pada smartphone yang umumnya di gunakan untuk melakukan panggilan telepon. Nah, saat sedang bertelepon, Anda pasti cenderung mendekatkan smartphone ke telinga, bukan?

Pada saat itu, sensor ini akan mendeteksi objek yang mendekat yaitu telinga, sehingga layar akan mati secara otomatis untuk menghindari kesalahan tekanan atau input pada smartphone. Saat Anda akan mengakhiri panggilan telepon, itu pasti akan menjauhkan smartphone dari telinga Anda sehingga Anda dapat melihat layar.

Pada saat itu, sensor mendeteksi jika objek bergerak menjauh, sehingga layar menyala kembali sehingga Anda dapat memilih menu di layar. Nah, ini adalah cara kerjanya biasanya.

Soalnya saat kamu menggunakan pelindung layar atau tempered glass yang menutupi sensor ini, akan membuat sensor mengira ada benda yang sedang mendekati smartphone. Jadi ketika Anda melakukan panggilan telepon, layar akan mati secara otomatis.

Cara mengatasi Layar Gelap dan Hitam Saat Menelepon

Jika masalah disebabkan oleh tempered glass, tips cara mengatasi layar gelap saat menelepon adalah dengan mengganti pelindung layar yang memiliki lubang di sensor, membuka pelindung layar, membersihkan layar dengan kain atau kapas, dan membuat pastikan menggunakan aksesoris (pelindung layar) yang berkualitas.

Selain pelindung layar atau tempered glass, juga bisa menjadi masalah layar gelap saat panggilan terjadi karena kalibrasi sensor yang merepotkan, biasanya itu terjadi ketika sudah di-flash ulang, diperbarui, atau gangguan perangkat lunak. Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa tips untuk memperbaiki layar gelap saat melakukan panggilan berikutnya.

Baca juga : Merekam Layar di realme C11 dengan Suara Sistem Atau Mikrofon
.

Jika penyebab layar menjadi gelap saat menelepon bukan disebabkan oleh screen saver, berikut cara mengatasinya:

1. Cara mengatasi Layar Gelap dan Hitam Saat Menelepon melalui developer Himax di smartphone

  1. Buka bookmark dan ketik *#*#9527#*#*
  2. Setelah itu, layar baru akan muncul di smartphone.
  3. Anda mengklik kata-kata ‘Manual’
  4. Setelah layar baru muncul, pilih ‘Presensor’
  5. Tak lama kemudian, sebuah gambar akan muncul. Kemudian, arahkan telapak tangan atau jari Anda ke sensor di atas layar smartphone, tepat di sebelah mikrofon.
  6. Goyangkan jari Anda hingga aplikasi smartphone menutup dengan sendirinya.

Nah sekarang masalah layar gelap saat menelepon harus diperbaiki.

2. Tips untuk Android Samsung Galaxy Young dengan menonaktifkan sensor jarak

  1. Masuk ke menu Konfigurasi atau Konfigurasi
  2. Kemudian Anda memilih Pengaturan Panggilan
  3. Kemudian klik Pengaturan Tambahan
  4. Setelah itu, untuk menonaktifkan sensor jarak, Anda cukup menghapus centang pada tanda centang sensor jarak
  5. Kini layar muda Samsung Galaxy Anda sudah kembali normal.

Baca juga : 3+ Cara Mengatasi Layar Delay HP Realme 2, 3, 4 dan 5 Pro

3. Terakhir dengan menguji sensor jarak

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sensor jarak atau proximity sensor Anda bermasalah atau tidak. Setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk menguji sensor jarak. Nah, berikut ini beberapa kode yang bisa kamu gunakan untuk menguji sensor proximity pada smartphone.

  1. *#*#3424#*#* Untuk mengakses alat diagnostik perangkat pada smartphone HTC berbasis Android
  2. *#7353# untuk membuka alat diagnostik perangkat untuk ponsel Samsung dan beberapa smartphone lainnya
  3. *#*#0588#*#* Untuk menjalankan uji proximity sensor pada beberapa smartphone lain.

Setelah memasukkan salah satu kode ini, centang Tes Sensor P. Kemudian tekan RUN untuk menjalankan proses diagnostik sensor jarak. Kemudian Anda tinggal mengikuti petunjuknya agar bisa mengetahui apakah ada masalah dengan sensor proximity atau tidak.

Itulah beberapa penyebab dan tips cara mengatasi layar gelap saat menelepon. Jika semua cara di atas sudah dilakukan tetapi Anda belum juga bisa mengatasinya, sebaiknya bawa ke service center untuk penanganan lebih lanjut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *