Bisnis  

5 Tips dan Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan

Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan
Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan

Potensi peternakan kelinci sangat menjanjikan di Indonesia. Saat ini sangat sedikit orang yang menggeluti bisnis ini. Simak selengkapnya.

Banyak orang memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan, dan banyak juga yang mengkonsumsinya. Dari sisi konsumsi, permintaan daging kelinci di pasaran cukup tinggi. Oleh karena itu, bisnis kelinci menjadi pilihan yang tepat.

Potensi Peternakan Kelinci

Memelihara kelinci adalah pilihan yang tepat. Harga jual kelinci cukup tinggi. Selain itu, permintaan pasar terhadap daging kelinci relatif tinggi dan pesaingnya sedikit. Hal inilah yang membuat bisnis kelinci sangat menjanjikan.

Selain itu, daging kelinci memiliki potensi yang sangat baik, dagingnya sangat enak, gurih, kaya akan protein, namun rendah lemak sehingga banyak yang menyukainya.

Kini harga kelinci semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan kelinci di pasaran.

Beberapa kelinci yang baik untuk daging adalah Kelinci Rex, Kelinci Satin, Kelinci Raksasa Flemish, dll

Salah satu kelebihan yang menjadikan potensi peternakan kelinci yang tidak dimiliki hewan lain adalah kemampuan reproduksinya.

Kelinci betina memiliki rahim lebih dari satu sehingga dapat melahirkan lebih dari satu bayi dan kemampuan reproduksinya sangat cepat.

Dalam setahun, kelinci bisa melahirkan hingga lima kali. Sangat menggoda bukan?

Prospek lain yang sangat menguntungkan adalah hewan peliharaan.

Tidak sedikit orang yang memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan. Siapa yang tidak tertarik dengan bulunya yang halus dan perawakannya yang imut?

Orang yang memiliki hobi beternak kelinci tidak akan segan-segan merogoh kocek yang banyak untuk memiliki kelinci dengan bulu yang bersih, halus dan kesehatan yang prima.

Tips Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan

Jika Anda akan memulai bisnis peternakan kelinci, berikut ini adalah langkah-langkah beternak kelinci yang perlu Anda ketahui.

1. Pemilihan lokasi

Saat Anda mulai beternak kelinci, Anda harus memperhatikan pemilihan lokasi agar hasil ternak Anda optimal. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih lokasi.

  • Pilih lokasi yang dekat dengan sumber makanan (misalnya, area pertanian)
  • Suhu ideal adalah antara 15-25 C
  • Lokasi aman dari predator dan pencuri

2. Pemilihan benih

Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan selanjutnya dengan memilih benih.

Secara umum, Anda harus memilih indukan yang sehat dan dipersiapkan dengan baik, dan Anda juga harus mengetahui asal-usulnya untuk mengetahui tingkat reproduksi. Jika akan memilih bibit kelinci penggemukan, kelinci harus memiliki kriteria sebagai berikut.

  • sehat,
  • besar,
  • persentase saluran yang tinggi.

Sementara itu, jika Anda akan memilih bibit kelinci hias yang baik, Anda harus memiliki kriteria sebagai berikut.

  • sehat dan lincah,
  • resistensi penyakit,
  • produksi anak yang tinggi.

3. Makanan kelinci

Tips dan Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan dengan memperhatikan makanannya. Bisa diberikan berbagai jenis makanan seperti sayuran dan tumbuhan. Pemberian pakan pada daging kelinci yang harus diperhatikan adalah makanan campuran (ransum).

Anda dapat menggunakan komposisi acuan 50 gram konsentrat selama masa penggemukan dan pertumbuhan, 70 gram untuk ibu selama kehamilan.

Sedangkan 150-200 gram untuk ibu yang sedang menyusui. Anda dapat memberikan tanaman dan sayuran dalam jumlah yang tidak terbatas.

Sedangkan untuk kelinci hias, mereka mengutamakan keawetan dan keaslian dari jenis kelincinya. Anda bisa memberi makan kelinci hias berupa rumput 40% dan konsentrat 60%.

4. Masa Reproduksi

Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan agar memiliki reproduksi yang baik. Uji usia kelinci pada kisaran 5 hingga 6 bulan saat pertama kali dikawinkan.

Sebaiknya pilih waktu kawin pada pagi atau sore hari dengan perbandingan 1:10 yang artinya 1 jantan dan 10 betina.

Anda bisa membiakkannya lagi setelah kelinci Anda melahirkan. Jika kelinci akan digunakan sebagai pakan, orang tua harus kawin setelah 7-10 hari pascapersalinan.

Sedangkan jika dijadikan sebagai hewan pengganti, dapat diternakkan setelah 40-45 hari setelah melahirkan.

5. Kandang

Kandang memiliki fungsi sebagai tempat perlindungan terhadap cuaca buruk, predator atau pencuri. Dapat berkembang biak dalam koloni (kelompok) atau secara individu.

Tidak ada standar untuk membuat kandang kelinci, yang penting kelinci nyaman dan aktif berkembang biak. Peternak biasanya membuat kandang dengan ukuran 90 x 60 x 60 cm. Adapun sarang yang ideal berukuran 40 x 30 x 30 cm.

Baca juga : Cara Install TWRP dan Root Poco X3 Pro Setelah UBL

Oleh karena itu, informasi mengenai Potensi Peternakan Kelinci Sangat Menjanjikan yang bisa anda terapkan sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.