Media informasi bisnis untuk masa depan

Perbedaan Jerawat Papula dan Pustula Serta Cara Mengatasinya

Jerawat papula dan pustula merupakan jenis jerawat berwarna merah yang cukup mengganggu penampilan jika tidak segera kamu obati. Meskipun memiliki kesamaan warna, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.Jerawat papula merupakan cikal bakal dari kemunculan jerawat pustula. Oleh sebab itu, kamu jangan lalai saat munculnya jerawat papula di permukaan kulit. Harus segera Anda atasi, agar tidak berubah menjadi jerawat pustula yang bernanah dan sangat perih.Berikut ini perbedaan kedua jenis jerawat tersebut:

1. Penyebab Munculnya Jerawat Papula dan Pustula

Papula berasal dari komedo yang tidak kamu obati, kemudian memburuk dan menjadi jerawat. Saat dinding kelenjar yang terinfeksi pecah, sehingga membuat campuran bakteri dan sebum menembus kulit di sekitarnya.Ketika sel-sel darah putih memasuki kelenjar yang pecah untuk melawan infeksi, selanjutnya terjadilah peradangan. Inilah yang menyebabkan kemunculan jerawat papula.Jerawat pustula muncul akibat jerawat papula tidak kamu obati selama beberapa hari. Sel darah putih yang berakumulasi, kemudian secara bertahap mulai bergerak menuju permukaan kulit.

2. Ciri-Ciri Jerawat Papula dan Pustula

Jerawat papula mempunyai karakteristik gundukan merah dan sedikit meradang, tetapi tidak mempunyai puncak karena belum penuh oleh nanah. Jerawat ini berukuran 1 cm. Biasanya muncul di wajah, tetapi bisa juga muncul pada area kulit tubuh kamu yang lain.Sedangkan jerawat pustula mempunyai ciri-ciri ada noda pada bagian tepi, bagian tengah berwarna putih atau kekuningan, dan meradang berwarna kemerahan. Benjolan terasa halus dan nyeri ketika kamu menyentuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.