Bisnis  

Peluang Usaha Jualan Ikan Nila

Peluang Usaha Jualan Ikan Nila
Peluang Usaha Jualan Ikan Nila

BYSNIS.COM – Peluang usaha jualan ikan nila terbuka lebar saat ini, mengingat jenis ikan air tawar ini cukup mudah untuk dikembangbiakkan.

Selain itu, ikan nila ini mudah dipasarkan karena ikan ini juga merupakan salah satu jenis ikan segar yang biasa dikonsumsi selain ikan lele. Ikan yang masih kerabat dari ikan nila ini adalah omnivora atau pemakan segalanya.

Ikan ini di alam liar dapat ditemukan di sungai dan makanan alaminya adalah plankton, tumbuhan air, ikan kecil dan hewan air lainnya.

Bagi pengusaha ikan nila kecil atau di rumah, ikan nila ini hanya dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi dan dijual dalam jumlah kecil ke pasar.

Peluang Usaha Jualan Ikan Nila

Peluang usaha jualan ikan nila ini akan lebih baik lagi jika ada permintaan dari rumah makan dan warung makan yang menjual ikan bakar atau sejenisnya.

Namun sejak beberapa pengusaha ikan air tawar jenis ini, mereka telah membuat perjanjian komersial dengan restoran besar yang biasanya menuntut ikan nila dalam jumlah besar.

Hal ini dapat menguntungkan kedua belah pihak karena keduanya saling membutuhkan.

Melihat berbagai kondisi beberapa tahun lalu yang menjadi kendala bagi petani ikan nila karena tidak ada pembeli, kesepakatan seperti ini tentunya akan lebih menguntungkan.

Dengan berkembangnya zaman, peluang usaha jualan ikan nila ini juga sudah sering dijadikan salah satu ikan yang diekspor ke luar negeri. Jadi peluang bisnis ikan nila ini cukup menggiurkan.

Namun, sebagian besar pemjualanikan nila belum bisa langsung mengekspor ikan nila ke luar negeri.

Pada umumnya mereka akan melalui perantara seperti pabrik atau perusahaan pengekspor ikan yang sudah memiliki kontrak kerja dengan importir di negara lain.

Dan perusahaan pengekspor ikan ini biasanya juga memiliki semacam perjanjian kerja dengan berbagai produsen ikan nila.

Sebagian besar perusahaan pengekspor ikan ini mengekspor ikan nila merah karena permintaan dari importir. Ikan nila merah ini sering dijadikan bahan baku fillet di luar negeri.

Bagi Anda yang benar-benar tertarik untuk terjun ke bisnis peluang usaha jualan ikan nila ini, ajaklah beberapa orang untuk bergabung. Dan membuat grup khusus untuk mensuplai ikan nila merah ini ke perusahaan pengekspor ikan.

Karena biasanya perusahaan pengekspor ikan ini akan membuat kesepakatan mengenai waktu pasokan ikan nila. Jika pasokan ikan nila tidak datang tepat waktu, produsen akan dikenakan sanksi oleh perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus pandai menghadapi waktu panen, jumlah ikan, dan kendala lainnya. Untuk itu, pembentukan kelompok produsen ikan nila akan lebih bermanfaat.

Baca juga : Risiko Beternak Budidaya Ikan Nila yang Harus Anda Siapkan

Beberapa penjualan ikan nila yang telah membentuk kelompok pemasok ikan untuk perusahaan pengekspor ikan ini mulai menjadi panutan bagi daerah lain.

Hal ini akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga. Melihat peluang bisnis jualan ikan nila yang semakin hari semakin baik ini, apakah anda tertarik untuk terjun di bisnis ikan nila?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.