Operator Dapodik Tentang Verval HP Harus di Ketahui

Operator Dapodik Tentang Verval Hp Harus Di Ketahui
Operator Dapodik Tentang Verval HP Harus di Ketahui

Operator Dapodik Tentang Verval HP Harus di Ketahui – Beberapa catatan penting yang perlu dipahami oleh Operator Dapodik adalah sebagai berikut:

Operator Dapodik Tentang Verval HP

1. Setelah 11 September 2020, perbaikan data nomor handphone hanya melalui halaman Verval Ponsel di https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/. Sehingga data tersebut tidak dapat ditarik kembali dari data Dapodik.

2. Satuan Pendidikan dapat mencetak beberapa kali Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Rektor atau SPTJM.

3. Pusdatin menghimbau kepada seluruh operator Dapodik untuk tidak menunggu semua data nomor handphone yang valid kemudian mencetak SPTJM. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi penumpukan data yang akan membebani beban kerja server dan provider untuk melakukan verifikasi data.

4. Jika menu SPTJM tidak aktif atau tidak aktif karena belum ada hasil verifikasi data supplier.

5. Jika pada data nomor handphone tertulis “Nomor tidak aktif”, padahal nomor tersebut “Aktif”, pastikan terlebih dahulu nomor tersebut tidak dalam masa tenggang.

6. Jika ada data Siswa yang tidak masuk Verval Mobile, pastikan Siswa tersebut “Unik”. Yang dimaksud dengan “Single” adalah (mahasiswa memiliki NISN, tidak rangkap, tidak termasuk dalam residu VervalPD). Solusinya adalah memperbaiki data siswa di VervalPD yang secara real time akan masuk ke Verval Ponsel.

7.  Operator Dapodik Tentang Verval HP Harus di Ketahui dan Jika semua data siswa sudah diverifikasi, padahal operator tidak melakukan verifikasi, hal ini dikarenakan Pusdatin awalnya mengirimkan data ke provider dan provider langsung melakukan validasi data sebagai data aktif dan valid. Solusi tersebut akan mengoptimalkan aplikasi sehingga dapat dilakukan kembali oleh operator Verval.

8. Jika setelah mencetak SPTJM, data nomor handphone “TIDAK DAPAT DIUBAH LAGI”.

9. Mengapa Ponsel Verval diperlukan? Karena Pusdatin adalah penyimpan data. Pihak yang berwenang mengirimkan data kepada pihak lain yang berkepentingan, seperti Kementerian Sosial/PIP, Kementerian Dalam Negeri/NIK, KPK dan penyelenggara, wajib melakukan verifikasi dan validasi atas kebenaran data tersebut.

10. Pusdatin telah melakukan berbagai upaya dan terus mengoptimalkan agar server Verval Ponsel dapat diakses dengan lancar.

11. Fokus program pemberian iuran adalah untuk mendukung pembelajaran daring (PJJ) yang melibatkan guru dan siswa.

12. Apabila terdapat kasus dimana data Dapodik belum masuk ke Verval Ponsel, Diknas melalui Penyelenggara Dapodik diharapkan dapat menghubungi tim Pusdatin dengan mencantumkan nomor NPSN (lihat kontak helpdesk di SDM). data.kemdikbud.go.id).

Baca juga : 7 Cara Daftar / Cara Registrasi Operator Yayasan di Verval

Itulah informasi Operator Dapodik Tentang Verval HP yang dapat digunakan BYSNIS Membagikan. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.