Gadget  

Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop

By GADGET
Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix Lq-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop
Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop

Kali ini kami menulis artikel tentang ‘CaraCara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop’. Semoga apa yang saya tulis dan bagikan nanti bisa bermanfaat bagi saya pribadi sebagai bahan catatan dan umumnya untuk semua printer.

Apakah Anda pengguna printer dot matrix atau fanatik dan pernah mengalami masalah dengan printer LQ-2190 Anda yang tidak bisa disambungkan ke komputer atau laptop?

Jika iya dan mungkin saat ini Anda sedang mengalaminya, Anda sangat beruntung bisa terdampar di pulau dokter printer ini. Karena di blog ini saya akan memberikan dan berbagi tips dan trik dengan anda.

Baca juga : Cara Memperbaiki Printer Epson L310 Series Error Service Required (Reset)

Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop

Masalah printer LQ-2190 tidak bisa konek ke komputer atau laptop ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Untuk menganalisanya kita harus melakukannya dari tingkat yang mudah sampai tingkat yang sulit, dalam hal ini diperlukan sedikit keterampilan teknis.

Berikut adalah urutan atau tahapan caraCara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop :

  • Periksa kabel DATA USB dan kabel LPT paralel. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah yaitu mengganti terlebih dahulu kabel sambungan (USB atau LPT) dengan kabel yang kita tahu bagus banget. Setelah mengganti kabel data, coba printer Epson LQ Anda untuk mencetak dokumen, bukan hanya karena kabel data yang bermasalah, Anda harus repot membawa printer Anda ke service center, jika tidak bisa, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Periksa driver printer Anda untuk Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop, ini adalah langkah mudah kedua yang perlu Anda lakukan. Pastikan driver printer Anda dapat bekerja dengan normal. Dalam kasus tertentu, terkadang driver mungkin rusak karena virus di komputer atau jendela yang bermasalah. Jika perlu, hapus dulu driver printer dan instal dengan driver baru dan uji.
  • Periksa port USB di komputer atau laptop Anda. Jika masalah berlanjut dengan dua metode sebelumnya, kami terus memeriksa port USB komputer Anda. Jika ternyata portnya bagus dan printer tetap tidak bisa konek ke komputer, ikuti tips terakhir di bawah ini.
  • Jika dengan ketiga langkah diatas printer tetap tidak bisa connect ke komputer, maka bisa dipastikan yang salah pada printer LQ-2190 anda adalah PIRING UTAMA. Dalam hal ini, memperbaiki motherboard membutuhkan keberanian dan keterampilan teknis untuk dapat menanganinya, karena mau tidak mau kita harus membongkar printer dan mengambil motherboard untuk dianalisis lebih lanjut dan mencari komponen yang rusak. Dari pengalaman yang saya temukan di lapangan, masalah printer LQ-2190 tidak bisa terhubung ke komputer disebabkan oleh: IC LVCZ161284A. Untuk itu silahkan sobat ganti IC kanibal yang masih bagus atau dengan IC yang baru.

Sekian postingan saya hari ini Cara Memperbaiki Printer Dotmatrix LQ-2190 Tidak Terhubung Ke Komputer Atau Laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.