Bisnis  

3 Penyebab Harga Saham Turun dari Faktor dan Kondisi

3 Penyebab Harga Saham Turun Dari Faktor Dan Kondisi

Penurunan harga saham dapat terjadi karena beberapa alasan. Padahal, dalam dunia saham, naik turun adalah hal yang lumrah. Selain itu, banyaknya jenis saham membuat investor menentukan mana yang terbaik. Jadi 3 Penyebab Harga Saham Turun dari Faktor dan Kondisi ada untuk anda.

Jika analisa dan Anda bisa menggunakan waktu yang tepat, tentu Anda akan menuai keuntungan yang besar. Namun lain halnya jika Anda salah dalam melakukan strategi maka Anda akan benar-benar mengalami kerugian.

Untuk itulah Anda perlu mengetahui kapan harga saham naik dan turun. Seperti halnya harga barang, saham bisa naik turun dalam hitungan detik.

Baca juga: Kumpulan Peluang Usaha atau Ide Bisnis Saat Pandemi 2021

3 Penyebab Harga Saham Turun dari Faktor dan Kondisi

Apa yang Sebenarnya Menyebabkan Harga Saham Turun? Sebagai investor atau trader tentunya perlu mengetahui hal ini agar tidak salah dalam melakukan jual beli.

Naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh kekuatan penawaran dan permintaan. Saat permintaan tinggi, tentu harga akan naik. Sebaliknya jika penawaran tinggi maka harga akan turun.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penurunan harga saham. Trader pemula perlu mengetahui apa yang dapat mempengaruhi penurunan harga saham.

1. Faktor panik

Penyebab anjloknya harga saham bisa jadi karena faktor kepanikan. Saat ada berita yang muncul tentu memicu kepanikan di salah satu bursa atau saham.

Kepanikan ini dapat menyebabkan investor menjual sahamnya. Kondisi ini juga kembali ke hukum supply and demand. Jika Anda mengalami kondisi ini, tentu tidak bisa tidak membuat harga saham turun.

Baca juga: Peluang Usaha Potensial di Desa Modal Kecil

Penyebab ini memicu munculnya emosi dan ketakutan investor untuk segera menjual saham merahnya. Hal ini dipengaruhi oleh ketakutan bahwa harga saham akan terus turun.

Untuk mengatasi hal ini, yang terbaik adalah menganalisis melalui fundamental. Apakah tindakan Anda masih bisa bertahan atau tidak.

2. Kondisi fundamental perusahaan

Ada banyak faktor yang menyebabkan harga saham turun, termasuk kondisi fundamental perusahaan. Kondisi ini dapat dilihat melalui berbagai tindakan, mulai dari merger, akuisisi, dan divestasi.

Jika laporan keuangan perusahaan membaik, maka permintaan harga saham juga akan meningkat. Namun, jika laporan keuangan memburuk, permintaan saham akan menurun. Oleh karena itu, selalu jaga fundamental perusahaan dalam kondisi baik.

3. Manipulasi pasar

Faktor turunnya harga saham juga dapat dipengaruhi oleh manipulasi pasar. Manipulasi ini bisa datang dari investor berpengalaman dengan modal besar.

Untuk memanipulasi pasar, biasanya diproduksi dengan menggunakan media, tujuannya untuk menaikkan atau menurunkan harga saham. Dalam dunia saham biasa dikenal dengan istilah rumor.

Sebagai investor pemula, tentunya Anda harus bisa menganalisa naik turunnya harga saham. Mereka bahkan tahu apa yang menyebabkan harga saham turun dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.