Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop 2 in 1

Cara Pakai Classroom Di Hp Android Dan Laptop
Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop

Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop – Pandemi Covid-19 memaksa guru dan siswa di Indonesia untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran online atau online teaching and learning. Salah satu platform paling populer sebagai sarana untuk pendidikan jarak jauh online adalah Google Kelas.

Apa itu Google Kelas?

Google Classroom adalah aplikasi e-learning dari Google yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online yang dilakukan oleh guru dan siswa.

Google Classroom tidak hanya tersedia melalui halaman web, tetapi dalam bentuk platform lain yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone, tablet, iPhone dan iPad. Jadi penting untuk mempelajari Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop.

Dalam situasi pandemi ini, aplikasi Google Classroom menjadi aplikasi paling populer sebagai media belajar mengajar, selain mudah digunakan, aplikasi ini juga gratis. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Selain itu, Google Classroom ditautkan ke layanan Gogole lainnya seperti Google Drive, Google Kalender, Google, Google dokumen dan sebagainya. Layanan ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran baik bagi guru maupun siswa.

Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop

Hal terpenting sebelum menggunakan Google Classroom adalah guru dan siswa harus memiliki dan mengaktifkan G-mail terlebih dahulu, kemudian ikuti prosedur Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptop di bawah ini:

1. Buka browser Google Chrome dan kunjungi halaman https://kelas.google.com/. Bagi yang belum punya aplikasinya silahkan download di Google Play Store di Apple App Store.

2. Guru atau siswa kemudian akan diminta untuk memilih akun G-mail yang digunakan untuk membuka Google Classroom.

3. Di pojok kanan atas, klik icon plus (+), maka akan muncul dua pilihan yaitu “bergabung dengan kelas” dan “buat kelas”. Jika guru ingin membuat kelas, pilih “buat kelas”. Tetapi jika Anda seorang pelajar, pilih “bergabung dengan kelas” dengan memasukkan kode kelas yang dibagikan oleh guru.

Baca juga : 5 Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar) agar Sukses

4. Jika Anda seorang guru, klik “Buat Kelas”, Anda akan diminta untuk mengisi detail kelas seperti nama kelas, bagian, topik dan ruangan. Jika sudah selesai, klik Buat.

5. Kemudian kelas yang dibuat oleh guru berhasil dibuat. Ada kode kelas yang bisa dibagikan / Membagikan kepada siswa melalui WA (Whatsapp) atau sarana lain bagi siswa untuk bergabung dengan kelas yang telah dibuat sebelumnya.

6. Jika Anda seorang pelajar, klik “bergabung dengan kelas” dan masukkan kode kelas yang dibagikan oleh guru, lalu klik Gabung.

7. Jika guru akan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa di kelas, klik tab Tugas Kelas (pekerjaan rumah) dan klik Buat (Membuat) pada tanda (+). Guru dapat memberikan tugas berupa foto, dokumen, link video, atau sekedar teks biasa langsung di Google Classroom.

8. Siswa akan melihat tugas guru pada halaman depan/home page Google Classroom siswa.

Baca juga : Cara Membuat Soal di Google Classroom Pakai HP Android dan Laptop

Itulah tutorial Cara Pakai Classroom di HP Android dan Laptopp yang bisa digunaka bysnis Membagikan. Semoga bermanfaat bagi guru dan siswa untuk tetap semangat belajar meski di masa pandemi. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.