Bisnis  

5 Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar) agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)
Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)

BYSNIS.COM – Menerapkan Cara Memulai Bisnis Bimbel tidak pernah sepi peminatnya. Karena setiap manusia membutuhkan pengetahuan.

Terutama para orang tua, dimana biasanya mereka memilih pendidikan terbaik untuk putra-putrinya. Sebagian besar orang tua, baik yang memiliki kemampuan finansial cukup, lebih memilih untuk memberikan pelajaran tambahan bagi putra-putrinya.

Mereka beranggapan bahwa dengan memberikan pelajaran tambahan, maka tingkat pengetahuan dan kecerdasan anaknya akan meningkat. Dimana semua orang tua juga mengharapkan yang terbaik untuk anaknya yaitu dengan meningkatkan tingkat pengetahuan dan kecerdasan anaknya maka masa depan mereka akan cerah baik itu pendidikan tinggi, karir dan keuangan yang baik.

Dengan asumsi tersebut, kini perusahaan bimbingan belajar menjamur di Indonesia. Mereka (para pemberi kerja) menggunakan kesempatan ini untuk menciptakan jenis pendampingan baru.

Baca juga : 7 Kunci Menjalankan Bisnis Kecil untuk Sukses

Sebelum mengetahui Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar), ketahui jenis-jenisnya dulu. Pada dasarnya, ada beberapa jenis bimbingan belajar yang akan diperkenalkan di bawah ini.

Jenis Bimbel

  • Bimbingan rumah. Biasanya, jenis bimbingan belajar ini memiliki sistem yang “mengharuskan” siswa melapor ke rumah tutor atau supervisor. Jenis bimbingan belajar ini juga memiliki beberapa sistem dalam proses pembelajarannya. Sistem pertama yaitu tutor atau supervisor memberikan materi atau booklet kepada siswa yang isinya hampir sama dengan materi di sekolah. Sedangkan sistem yang kedua yaitu tutor atau supervisor tidak menyampaikan materi ajar, melainkan proses pembelajaran disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.
  • Bimbingan kelas. Sama seperti penjelasan di atas bahwa sistem bimbingan belajar kelas mayoritas memiliki sistem penyampaian materi kepada siswanya, yang materinya hampir sama dengan materi di sekolah. Namun, cara memulai bimbel (bimbingan belajar) di kelas ini biasanya dilakukan oleh tutor yang sudah memiliki banyak cabang.
  • Les privat. Berbeda halnya dengan jenis bimbingan belajar yang diuraikan di atas yang “mengharuskan” siswanya hadir di tempat belajar, maka bimbingan belajar privat ini “mengharuskan” tutor atau pembimbingnya untuk hadir di rumah siswa tersebut. Namun les privat ini memiliki beberapa kelebihan yaitu proses pembelajaran lebih fokus karena tutor hanya membimbing 1 siswa. Sistem les privat, yaitu tutor yang mengikuti kegiatan atau proses pembelajaran di sekolah.

5 Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar) agar Sukses

Tentunya setiap jenis bimbingan belajar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. 5 Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)  akan diulas di sini.

  1. Memiliki kemampuan dalam banyak mata pelajaran, terutama mata pelajaran eksakta, seperti matematika, kimia, fisika, biologi. Menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dll, juga dianjurkan. Mengapa dia harus memiliki kemampuan seperti itu? Ya, karena sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam beberapa mata pelajaran tersebut.
  2. Namun, jika Anda tidak terlalu mahir dalam bidang studi, maka Anda harus “membuka rekrutmen” guru yang ahli di bidang itu. Anda juga harus memperhatikan proses perekrutan tutor masa depan. Cobalah untuk memberinya materi jika dia ahli di bidang itu. Setelah tes tertulis, cobalah untuk melakukan tes wawancara. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon tutor karena tutor yang baik tidak hanya pandai materi atau pandai memecahkan masalah, tetapi tutor yang baik adalah tutor yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan situasi yang menyenangkan, siswa akan dengan mudah menerima materi yang kita berikan.
  3. Cara memulai bisnis bimbel (bimbingan belajar) ketiga adalah dengan menjadwalkan kegiatan bimbingan belajar Anda. Jika perlu, libatkan orang-orang di lingkungan Anda, misalnya saudara Anda yang lain untuk ikut serta dalam pengelolaan sistem bimbingan belajar yang Anda dirikan. Mengapa? Karena manajemen yang baik juga akan berdampak pada kegiatan belajar yang baik.
  4. Memiliki sarana dan prasarana. Hal ini penting karena infrastruktur yang tepat akan mendukung kelancaran proses belajar di bimbingan belajar Anda. Beberapa sarana prasarana yang harus dimiliki yaitu tempat belajar, meja dan kursi (bila perlu jika permadani tidak cukup), papan tulis, spidol atau kapur beserta penghapus, bahan buku dan buku hilang.
  5. Memiliki hubungan. Cara memulai bisnis bimbel (bimbingan belajar) terakhir ini adalah salah satu cara terpenting untuk memulai bisnis bimbingan belajar. Namun, jika Anda tidak memiliki hubungan yang cukup luas, Anda bisa memulainya dengan membimbing anak-anak tetangga Anda. Seiring waktu, dengan kualitas pendampingan Anda, Anda akan memiliki hubungan yang luas.

Itulah 5 Cara Memulai Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)  yang diharapkan dapat diterapkan oleh para pengusaha untuk memberikan bimbingan belajar yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.