Cara Install Motherboard dan Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310

Cara Install Motherboard Dan Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 Dan L310
Mainboard Epson L220

Cara Install Motherboard dan Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan dari beberapa teman yang menginginkan panduan mengenai hal tersebut.

Cara Install Motherboard dan Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310

Padahal, pemasangan motherboard merupakan hal yang sangat penting, terutama pada motherboard printer epson. Mengingat motherboard Epson ini cukup mahal, dan seringkali jika kita melakukan kesalahan dan tidak tahu cara memasangnya, maka dapat menyebabkan motherboard ini menjadi rusak. Maka mengetahui pengetahuan tentang pemasangan motherboard merupakan hal yang wajib dikuasai bagi anda yang ingin merakit sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah atau panduan cara memasang motherboard Epson yang pasti. Selain itu, dalam proses melepas dan memasang motherboard, printer harus dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke listrik PLN.

Cara Install Motherboard Epson L220, L360, L1300 dan L310

  1. Langkah pertama adalah menguji status motherboard terlebih dahulu dengan menghubungkan motherboard hanya menggunakan komponen power supply, panel power on/off, dan menghubungkan kabel USB ke komputer.
  2. Jadi jangan lupa dan penting untuk memastikan pemasangan kabel panel sudah benar untuk setiap PIN.
  3. Nyalakan main board dengan menekan panel power dan jika LED menyala, periksa apakah perangkat baru telah terdeteksi sesuai dengan seri motherboard kita.
  4. Jika Anda ragu dengan kabel kepala korslet atau tidak, lepaskan terlebih dahulu, tetapi jika tidak, Anda tidak perlu melepasnya.
  5. Lepaskan panel dan usb kemudian masukkan motherboard ke dalam printer.
  6. Kemudian periksa semua kabel, terutama kabel tipis datar, pastikan semua pin baik-baik saja dan tidak korsleting ke pin lain. Jika kabel rusak, dapat dimodifikasi terlebih dahulu atau langsung diganti dengan kabel baru.
  7. Pasang semua kabel dan jika kabel head belum terpasang maka akan muncul general error.
  8. Setelah printer dihidupkan, sambungkan kabel kepala (hanya kabel kepala yang telah Anda lepaskan).
  9. Langkah terakhir adalah menguji hasil cetak. Jika hasilnya berbayang atau terlihat agak kasar, lakukan pengaturan pada bagian Head Alignment dengan driver printer Windows atau dengan adjustment tool.

Baca juga:vKelemahan Printer Epson L360 Series dan Kerusakan Sering Terjadi

Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310

  1. Pertama tes motherboard hanya menggunakan adaptor, panel dan USB ke komputer seperti pada langkah-langkah menginstal motherboard epson L1300.
  2. Pastikan kabel panel baik pada setiap pin.
  3. Kemudian hidupkan motherboard dengan panel jika sudah menyala, pastikan komputer mendeteksi perangkat baru sesuai dengan serial motherboard.
  4. Setelah itu, pasang motherboard ke printer. Setelah itu, pastikan kabel LF encoder dalam kondisi baik.
  5. Jika masih kurang yakin apakah head printer short atau tidak, mohon untuk tidak memasangkan terlebih dahulu kabel pipih yang disambungkan ke mainboard, tetapi kabel pipih kecil atau kabel carriage sensor harus tetap disambungkan agar pergerakan head tidak bertabrakan kiri dan kanan.
  6. Periksa kepala kabel dan pemindai dan pastikan semuanya dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar.
  7. Nyalakan printer seperti biasa jika hidup dan ada gerakan matikan dengan mencabut kabel power.
  8. Setelah itu, sambungkan kabel kepala printer dan uji printer.
  9. Kalau hasilnya bagus alhamdulillah, tapi kalau hasilnya gelap dan kasar, lakukan perbaikan seperti di atas dengan adjustment tool atau dengan setting head alignment dari driver printer di Windows.

Itu penjelasan singkat mengenai Cara Install Motherboard dan Cara Memasang Mainboard Epson L220, L360, L1300 dan L310.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.