Tekno  

Bagian-bagian Penting dari Printer Inkjet dan Fungsinya

Bagian-Bagian Penting Dari Printer Inkjet Dan Fungsinya
Bagian-bagian Penting dari Printer Inkjet dan Fungsinya

BYSNIS.COM – Kali ini kami berikan informasi tentang Bagian-bagian penting dari printer inkjet dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pengunjung dan pembaca.

Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta untuk menyemprot atau menulis dokumen di atas kertas. Printer inkjet adalah printer yang paling umum dan sering digunakan oleh orang-orang untuk kebutuhan pencetakan mereka. Untuk jenis printer sendiri setidaknya ada 11 jenis printer.

Nah yang akan dibahas pada artikel saya kali ini adalah bagian-bagian vital dari printer inkjet dan fungsinya yang harus dimiliki oleh setiap printer inkjet.

Bagian-bagian Penting dari Printer Inkjet dan Fungsinya

Dengan mengetahui bagian-bagian dari printer khususnya printer inkjet dan fungsinya diharapkan dapat memberikan informasi agar mereka mengerti dan dapat mengoperasikan printer dengan benar.

Baca juga : Penyebab Printer Epson L3150 Error dan Kenali Tanda L3150 Error

Selanjutnya, apa saja Bagian-bagian penting dari printer inkjet dan fungsinya dan haruskah semua printer ada di sana? Berikut penjelasan lengkapnya sobat.

Bagian-bagian penting dari printer inkjet dan fungsinya :

  1. Kepala cetak/kartrid. Print head merupakan bagian terpenting dari sebuah printer inkjet dan harganya biasanya paling mahal dibandingkan dengan komponen lainnya. Print head ini memiliki fungsi menulis atau menyemprotkan tinta pada kertas pada saat proses pencetakan. Jika diibaratkan sebagai kepala cetak, itu seperti mata pena pada alat tulis (bolpoin).
  2. Pelat dasar. Motherboard ini memiliki fungsi yaitu mengirimkan perintah dari komputer untuk mencetak, mengatur semua pergerakan komponen printer mulai dari print head, motor atau dinamo penggerak yang biasanya terhubung dengan sensor. Bagian ini juga cukup mahal.
  3. Catu daya atau adaptor. Power supply atau adaptor ini berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke motherboard yang kemudian disalurkan ke perangkat elektronik lainnya. Jika komponen ini rusak, biasanya menyebabkan printer mati total.
  4. Rol penarik kertas ASF. Komponen ini berfungsi untuk menarik kertas, memposisikan kertas sebelum dicetak oleh print head atau cartridge. Biasanya bagian ini terbuat dari karet, karena diklaim karet ini mudah untuk menggambar benda yang terbuat dari kertas.
  5. Sabuk waktu. Timing belt ini memiliki fungsi untuk menggerakkan cartridge atau print head ke kanan dan ke kiri selama proses pencetakan.
  6. Digerakkan oleh dinamo atau motor. Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan Timing Belt dan membuat Cartridge bergerak ke kanan dan ke kiri selama proses pencetakan.

Baca juga : 6 Tips Merawat Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

Sebenarnya masih banyak lagi komponen pada printer, antara lain: sensor, kabel, dan mekanisme lainnyatapi apa yang saya sebutkan di atas adalah bagian penting dari sebuah printer inkjet.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Bagian-bagian penting dari printer inkjet dan fungsinya. Semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.