9 Cara Merawat Burung Kacer yang Benar agar Gacor

  • Bagikan

burung kacer (Copsychus saularis) memiliki ciri bulu berwarna hitam putih. Burung Kacer juga memiliki suara yang merdu dan nyaring. Merawat Burung Kacer anda dapatkan di halaman ini agar gacor.

Burung kacer memiliki berbagai jenis, dan masing-masing jenis memiliki suara kicau yang berbeda-beda, mulai dari burung kacer jawa, burung kacer blorok, dan burung poci kacer.

Merawat Burung Kacer

Cara merawat burung ini juga unik atau tidak sama dengan burung lainnya contohnya kenari dan lovebird.

Berikut cara perawatan burung kacer agar gacor.

1. Kondensasi

Cara Merawat Burung Kacer yang Baik

Biasanya pengembunan dilakukan pada pagi hari, sekitar pukul 03.00-05.00. Cara melakukannya sangat mudah, cukup dengan membuka sedikit kerodong lalu tiup-tiup selama 5 menit. Setelah itu Anda dapat membuka seluruh kap dan membiarkan burung melalui proses kondensasi sendiri.

2. Merawat Burung Kacer dengan Mandi pagi

Cara merawat burung ini dengan memandikannya cukup mudah, cukup dengan menyemprotkan air ke tubuhnya menggunakan semprotan atau bisa juga dengan menyemprotkan langsung dari luar kandang.

3. Keringkan burung setelah mandi

Sebelum dijemur burung harus diangin-anginkan selama 10 menit, kemudian jemur burung di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 jam.

4. Terbang

Terbang bertujuan untuk menstabilkan birahi dan dapat meningkatkan stamina burung agar tetap dalam kondisi prima, lakukan selinging selama kurang lebih 10 menit. Ini cukup penting untuk Merawat Burung Kacer.

5. Beri makan di pagi hari

Untuk pemberian pakan di pagi hari, Anda bisa memberikan 3-5 ekor belalang. Anda tidak boleh memberikan pakan terlalu banyak kepada burung, karena dapat membuat burung malas untuk berkicau.

6. Memancing Dengan Suara Burung Lainnya

Anda bisa memancing burung peliharaan anda dengan suara burung kacer lainnya, atau dengan menggunakan audio dari handphone anda. Dengan tujuan agar burung kacer ingin berlatih bernyanyi.

Anda dapat melatihnya dalam waktu kurang lebih 2 jam untuk merawat burung Kacer

7. Mandi Sore

Selain memandikan burung di pagi hari, Anda juga harus memandikan burung di sore hari, agar burung merasa segar, bersih, dan sehat.

8. Makan di sore hari

Untuk pemberian pakan pada sore hari, Anda bisa menyamakan dosis pakan pada pagi hari. Tujuannya agar burung tidak merasa lapar.

Membaca: Apa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan? Kenali ini

9. Beri burung istirahat

Merawat Burung Kacer terakhir adalah memberi waktu istirahat. Usai adzan Maghrib, Anda bisa langsung menutup sangkar burung kacer, agar burung bisa beristirahat.

Sehingga keesokan paginya burung memiliki energi vital untuk berkicau dan kembali beraktivitas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *