Bisnis  

7 Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan

Bisnis Agribisnis Bisa Dilakukan Dimana Saja, Meski Lahannya Sempit, Asalkan Ada Keinginan Untuk Berbisnis. Peluang Agribisnis Di Lahan Sempit Di Perkotaan
Bisnis agribisnis bisa dilakukan dimana saja, meski lahannya sempit, asalkan ada keinginan untuk berbisnis. Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan

BYSNIS.COM – Bisnis agribisnis bisa dilakukan dimana saja, meski lahannya sempit, asalkan ada keinginan untuk berbisnis. Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan.

Ide berbisnis dengan lahan sempit sangat bermanfaat bagi masyarakat perkotaan yang seringkali memiliki lahan terbatas.

Peluang Usaha Agribisnis Lahan Sempit, mulai dilirik oleh masyarakat perkotaan yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Dengan memanfaatkan sisa tanah di belakang rumah, di depan rumah atau di loteng atas, kita tetap bisa menjalankan bisnis ini. Ada beberapa peluang untuk melakukan agribisnis di lahan sempit.

Berbeda dengan pertanian biasa, agribisnis seringkali dikelola dengan cara yang menarik. Agroindustri pertanian umumnya juga dijadikan sebagai objek wisata, karena pengelolaannya yang baik dan asri.

Menjalankan bisnis di bidang agribisnis tidak selalu membutuhkan lahan yang luas, bahkan di lahan sempit di tengah kota Anda bisa menjalankan bisnis ini. Yang terpenting bisa dikelola dengan baik agar terlihat indah dan memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan

Jangan terkecoh oleh anda yang tinggal di perkotaan dengan lahan yang minim. Karena pada artikel kali ini kita akan membahas Peluang bisnis agribisnis di lahan sempit.yang dapat Anda kembangkan di rumah Anda.

1. Hidroponik

Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan pertama denga  hidroponik. Saat lahan tidak seluas dulu, hidroponik menjadi solusinya.

Apalagi di perkotaan medannya sudah sempit dan sulit. Dan meskipun daerah tersebut kekurangan air, Anda tetap bisa melakukan hidroponik.

Karena kebutuhan air dengan metode hidroponik lebih sedikit dibandingkan dengan budidaya tanah. Budidaya hidroponik merupakan salah satu peluang bisnis agribisnis di lahan sempit, karena tanaman yang bisa ditanam bermacam-macam. Kita bisa menanam sayur dan buah dengan metode hidroponik.

2. Tabulampot

Tabulampot berarti menanam buah dalam pot sebagai alternatif menanam di lahan sempit. Bagi yang ingin memiliki pohon buah-buahan namun terkendala medan yang sempit.

Mereka akan menjadi pasar bagi peluang bisnis tabulampot. Anda bisa melakukan bisnis ini sebagai sampingan dan tetap bisa bekerja. Karena perawatannya tidak sulit, hanya membutuhkan pemupukan seminggu sekali dan penyiraman setiap hari.

3. Budidaya ikan

Siapa bilang budidaya ikan membutuhkan kolam seluas satu hektar? Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan dengan budidaya ikan.

Usaha budidaya ikan juga bisa dilakukan di pekarangan, namun Anda harus mengikuti prosedurnya. Budidaya ikan di daerah sempit umumnya cocok untuk ikan air tawar seperti lele, nila dan ikan mas.

Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan adalah bisnis yang hasilnya menjanjikan dan cukup menggiurkan. Asalkan Anda tahu pangsa pasar dan peluang di dalamnya.

Tidak hanya menjual ikan, tapi kita juga bisa membuat pembibitan yang kemudian bisa kita jual dalam bentuk bibit.

4. Tanaman hidrogel

Bagi mereka yang menggemari pertanian namun berada di perkotaan dan tidak memiliki sisa lahan kosong. Dan sepertinya akan sulit mencari tanah dengan harga yang mahal, jangan khawatir sekarang sudah ada media tanam hidrogel.

Selain dijadikan sebagai hobi juga bisa menjadi peluang bisnis agribisnis di lahan sempit. Kita bisa menanam tanaman dengan media hidrogel kemudian menjual hasilnya sebagai tanaman hias.

Namun tidak semua tanaman dapat ditanam pada media hidrogel yang dapat ditanam sebagai atriumbambu rejeki, sirih hias dan lain-lain.

5. Tanam kaktus

Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan dengan menanam tanaman kaktus. Tanaman sukulen yang berduri halus ini memiliki penggemarnya sendiri.

Selain mudah perawatannya, tanaman ini tidak membutuhkan lahan yang luas untuk budidayanya, bisa ditanam di pot kecil.

Selain itu juga biasanya tidak membutuhkan air, karena termasuk tanaman xerofit. Alhasil, kaktus yang telah ditanam dikemas dengan hati-hati untuk dijadikan kenang-kenangan, oleh-oleh, dan kenang-kenangan.

6. terarium

Mungkin masih sesuatu yang baru, karena terarium belum begitu dikenal masyarakat. Terarium bisa peluang bisnis agribisnis di lahan sempit karena Anda bisa membuat taman buatan di ruangan kaca.

Keuntungan terarium dapat ditanami hampir semua jenis tanaman. Tidak hanya pada paku-pakuan, lumut, sukulen dan kaktus. Namun Anda harus memilih tanaman yang memiliki ciri-ciri yang sama, agar dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga : Jenis Usaha Agribisnis Di Bidang Pertanian

7. Pemasok peralatan pertanian dan kebun

Peluang Agribisnis di Lahan Sempit di Perkotaan, Anda bisa menjadi pemasok peralatan berkebun, pertanian, dan peternakan.

Mulai dari substrat tanam, pupuk dan peralatan kecil dan besar untuk pertanian. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk melakukan bisnis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.