Bisnis  

6 Cara Mudah Memulai Bisnis Ayam Petelur

6 Cara Mudah Memulai Bisnis Ayam Petelur
6 Cara Mudah Memulai Bisnis Ayam Petelur - pixabay

BYSNIS.COM – 6 Cara Mudah Memulai Bisnis Ayam Petelur. Banyak orang ingin tahu cara memulai bisnis ayam petelur yang mudah. Karena bisnis ayam petelur berpotensi menjadi bisnis yang berkembang kedepannya. Telur ayam sendiri banyak digunakan sebagai makanan pokok, baik untuk makanan sehari-hari bahkan sebagai bahan pembuatan kue.

6 Cara Mudah Memulai Bisnis Ayam Petelur

Jadi Anda harus tahu tentang biaya perawatan dan pemeliharaan ayam petelur sebelum memulai bisnis Anda. Namun juga jangan ragu untuk memulai bisnis ayam petelur, karena saat persediaan telur kurang dan harga jual telur bisa meningkat drastis. Jadi jika Anda ingin memulai bisnis ayam petelur, berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikkan.

1. Lakukan perencanaan yang matang

Jika Anda sudah mengetahui cara merawat dan berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ayam petelur, maka lakukanlah perencanaan yang matang. Sebenarnya bisnis ini adalah bisnis yang mudah untuk di lakukan. Selama perencanaan yang matang di lakukan untuk pengembangan bisnis Anda.

Untuk meminimalkan terjadinya risiko yang tidak di inginkan. Rencana yang dibuat harus detail dan mencakup semua aspek bisnis yang akan di jalankan. Di mulai dengan merencanakan biaya yang akan dikeluarkan saat menjalankan bisnis ayam petelur.

Dengan perencanaan yang matang, bisnis yang akan di mulai memiliki arah yang jelas. Karena jika tidak ada perencanaan, tidak ada jaminan kesuksesan yang bisa di nikmati secara langsung.

Baca juga : Arti Mimpi Telur Burung di Pohon Pertanda Tujuan Akan Tercapai

2. Memulai Bisnis Ayam Petelur dengan Siapkan Modal

Jika perencanaan telah di lakukan dengan sangat hati-hati dengan mempertimbangkan semua aspek pendukung lainnya, maka jalan selanjutnya adalah menyiapkan modal yang diperlukan. Sebuah bisnis mengalami kesuksesan bukan karena besarnya modal yang dikeluarkan, tetapi karena bagaimana pengusaha mengelola modal tersebut.

Semakin tinggi modal maka akan semakin mudah untuk menutupi kebutuhan awal, karena bisnis ayam petelur ini mudah namun tidak membutuhkan modal yang kecil juga. Jika modal yang anda miliki pas-pasan, maka anda harus berusaha mengikuti semua kebutuhan bisnis ayam petelur ini dengan modal yang kecil.

3. Siapkan lokasi kandang

Cara mudah memulai bisnis ayam petelur selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan menyiapkan lokasi kandang untuk menampung ayam petelur. Bisnis ayam petelur membutuhkan kandang yang lebih luas di bandingkan kandang ayam peliharaan biasa.

Baca juga : Arti Mimpi Bebek Bertelur dan Telur Bebek Bermakna Apa

Lokasi kandang yang di gunakan tidak hanya luas, tetapi juga harus bersih dan cocok untuk di jadikan kandang agar ayam nyaman di dalam kandang.

Pemilihan lokasi yang baik dan tepat harus di lakukan sebelum memulai usaha. Mengingat ayam petelur lebih peka terhadap suara dan cuaca ekstrim dibandingkan ayam lainnya, maka perlu di berikan perhatian khusus. Jika asal mula dalam menentukan lokasi kandang, bukan tidak mungkin produksi telur yang dihasilkan menurun drastis.

Bahkan kualitas telur ayamnya juga jelek, sehingga bisa di pastikan Anda akan mengalami kerugian. Kebersihan tempat yang akan di jadikan lokasi kandang juga harus di perhatikan.

Sehingga kualitas telur ayam tetap terjaga dengan baik. Perhatikan juga sirkulasi udara agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas, karena ayam petelur juga sensitif terhadap perubahan cuaca yang tiba-tiba.

4. Memilih bibit ayam yang tepat

Agar sukses menjalankan bisnis ayam petelur, cara termudah memulai bisnis ayam petelur adalah dengan memilih anak ayam yang tepat. Bibit ayam yang di gunakan tentunya harus baik dan sehat, agar selama proses beternak ayam tidak ada kendala.

Baca juga : Arti Mimpi Masak dan Memasak Mie Instan dengan Telur

Ada dua jenis ayam yang di kenal sebagai ayam petelur yaitu ayam medium dan ayam lehorn. Ayam sedang memiliki ciri bulu berwarna coklat kemerahan dan ukuran tubuh tidak terlalu besar. Ayam lehorn memiliki bulu berwarna putih dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dari ayam sedang.

Namun ayam lehorn membutuhkan perhatian ekstra, karena lebih mudah stress di bandingkan ayam medium yang memiliki daya tahan lebih baik. Sedangkan jumlah telur ayam sedang juga lebih banyak di bandingkan ayam petelur lehorn. Jadi pilihlah bibit ayam sesuai keinginan Anda sebelum memulai bisnis ayam petelur.

5. Siapkan vaksin ayam

Cara mudah berikutnya untuk memulai bisnis ayam petelur adalah dengan memberikan vaksinasi. Karena ayam membutuhkan vaksinasi yang rutin dan teratur agar kondisi ayam tetap terjaga sehingga masa produksi bisa bertahan lebih lama.

Baca juga : 5+ Peluang Usaha Peternakan Ayam Petelur untuk Pemula

Ayam sangat rentan terhadap penyakit, sehingga vaksinasi rutin di lakukan. Vaksin yang harus di berikan antara lain vaksin flu burung dan vaksin flu babi.

6. Siapkan pakan

Selain itu, cara yang mudah untuk memulai bisnis ayam petelur adalah dengan menyiapkan pakan yang akan di berikan kepada ayam petelur. Ada beberapa jenis pakan untuk ayam petelur dan berbagai jenis, seperti konsentrat, crumble, tepung, granul. Untuk itu jenis pemberian pakan ayam harus sesuai dengan jenis ayam yang akan di pelihara.

Oleh karena itu, setiap umur ayam harus menerima jenis asupan pakan yang berbeda. Misalnya, untuk ayam dari umur satu sampai umur 5 minggu, gunakan pakan pre-starter. Anak ayam dari usia 6 sampai 10 minggu di beri pakan starter.

Ayam berumur 11 minggu sampai ayam bertelur menerima pakan grower. Dan untuk ayam petelur hingga tahap akhir pengolahan, mereka harus di beri makan dengan tahap bertelur.

Baca juga : Cara Peluang Usaha Telur Asin dengan Persiapan Apa Saja

Jadi sebelum memulai berbisnis ayam petelur yang mudah, persiapkan pakannya dengan baik. Sehingga ayam petelur yang akan di ternakkan tidak mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin selama prosesnya. Sehingga ayam petelur tetap sehat dan telur yang di hasilkan berkualitas baik.

Itulah 6 cara mudah memulai berbisnis ayam petelur. Jika Anda ingin memulai bisnis ayam petelur, maka beberapa cara di atas bisa di coba agar bisnis ayam petelur tidak merugi dan bisa berkembang dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.