Gadget  

5 Tips Mengisi Bensin Mobil dengan Benar

Tips Mengisi Bensin Mobil
Tips mengisi bensin mobil

Tips Mengisi Bensin Mobil dengan Benar – Mungkin mengisi tangki bahan bakar mobil tidak sulit. Namun, masih ada yang salah dengan melakukannya.

Apakah Anda seorang pemula atau pemilik mobil lama, banyak yang tidak tahu cara mengisi bensin mobil mereka dengan benar. Sebenarnya tipsnya tidak sulit, hanya butuh sedikit usaha.

Sejak saat itu, pastikan Anda selalu mengisi bahan bakar di SPBU resmi. Kemudian ketahui letak tutup bensin, agar petugas bengkel tidak mengalami kendala saat mengisi bahan bakar. Ini mungkin sepele, tapi tips mengisi bensin di mobil yang tepat akan membantu Anda.

Tips mengisi tangki bensin mobil

Jangan lupa matikan mesin mobil dan pilih bahan bakar yang tepat. Selanjutnya, Anda juga perlu mengisi tangki sampai penuh.

Ingin tahu lebih detail tentang Tips mengisi bensin mobil? Berikut kami uraikan pembahasannya secara lengkap:

Isi ulang BBM di SPBU resmi

Tips mengisi bensin mobil pertama untuk mengisi bahan bakar mobil selalu di pom bensin resmi. Hal ini untuk menjamin kualitas bensin baik dari segi kandungan maupun takarannya.

Pasalnya, SPBU resmi harus memiliki quality control yang teratur. Jadi Anda bisa lebih percaya diri dengan kontrol ini.

Sedangkan jika mengisi di SPBU tidak resmi maka quality controlnya tidak bisa dipercaya. Dapat dicampur dengan cairan lain. Jadi soal takaran bensin, ada kemungkinan tidak mencukupi.

Secara umum, dari segi harga, SPBU tidak resmi juga menjual bensin dengan harga lebih tinggi. Tentu saja ini bisa berbahaya!

Ketahui lokasi tutup tangki bensin

Tips Mengisi Bensin Mobil dengan Benar selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mengisi tangki bensin mobil adalah letak tutup tangki bensin. Sangat mudah untuk melihat dari luar, tetapi saat mengemudi, apakah Anda memperhatikannya?

Banyak yang tidak tahu bahwa posisi tutup tangki bensin bisa dilihat dari panel instrumen. Di dekat logo dispenser, biasanya ada segitiga petunjuk. Jika arahnya ke kiri, berarti tutup tangki bensin mobil Anda ada di sebelah kiri. Dan sebaliknya.

Dengan mengetahui letak tutup tangki bensin, tentunya akan memudahkan Anda saat mengisi bahan bakar di SPBU. Pasalnya, jika salah masuk posisi, petugas akan kesulitan menarik selang bensin.

Biasanya orang yang suka bingung letak tutup bensin saat sedang mengendarai mobil pinjaman. Selain itu, jika Anda hanya memiliki satu mobil, Anda sering bingung dengan letak tutup tangki. gas.

Matikan mesin mobil

Tips mengisi bensin mobil selanjutnya dengan bensin adalah dengan mematikan mesin mobil. Ini harus dilakukan, karena faktor keamanan. Jangan mengisi bensin saat mesin mobil hidup, karena dapat menyebabkan kebakaran.

Hal ini dikarenakan pada saat proses pengisian gas, uap keluar dari tangki. Uap sangat mudah terbakar bila terkena percikan api. Jika mesin mobil dalam keadaan aktif saat mengisi bahan bakar, bukan tidak mungkin ada kemungkinan terjadinya percikan api. Apalagi jika kabel busi rusak. Jadi tips mengisi bensin di mobil ini cukup penting.

Selain itu, setelah mematikan mesin mobil, Anda dapat membuka tutup tangki bensin. Letak tuas pelepas, paling sering di sisi kanan pengemudi (di bawah jok).

baca juga: Cara Mendapatkan Skin Permanen Mobile Legend Gratis 2022

Pilih jenis bahan bakar yang sesuai

Jadi saran untuk Tips mengisi bensin mobil Anda dengan bensin adalah dengan menggunakan oktan yang benar. Informasi ini biasanya terdapat pada tutup tangki bensin.

Masing-masing mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, misalnya Mitsubishi Xpander berkapasitas 1,5 liter dan rasio kompresi 10,5:1, sehingga lebih cocok untuk meminum bensin beroktan 92 atau Pertamax. Jika penuh dengan oktan rendah, berpotensi menggelitik.

Gejala kesemutan pada mobil berarti performa mesin tidak maksimal. Akibatnya, hal ini akan membuat pengalaman berkendara menjadi kurang menyenangkan. Efek lainnya, konsumsi bahan bakar juga bisa lebih boros.

Sering ganti BBM gak? Ini karena struktur masing-masing jenis gas bervariasi, menghasilkan kualitas bahan bakar yang lebih rendah. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Tips mengisi bensin mobil tangki sampai penuh

Tips mengisi bensin mobil dengan bensin adalah selalu mengisi tangki. Setidaknya lebih dari setengah.

Karena jika tangki terisi sedikit, akan mudah untuk mengosongkannya. Selain itu, kotoran di bagian bawah tangki dapat tersedot ke dalam pompa bahan bakar dan menyebabkannya tersumbat.

Mengisi tangki sepenuhnya juga mengurangi risiko karat tangki. Karena tidak akan ada udara untuk mengisi kekosongan. Udara di sini memiliki efek yang berbahaya, karena dapat menghasilkan embun, yang lama kelamaan menyebabkan karat pada tangki bensin.

baca juga: 10 Aplikasi Anti Lag Saat Bermain Mobile Legend

Selain itu, kandungan bensin yang penuh juga bisa membuat berkendara semakin nyaman. Anda tidak perlu khawatir kehabisan bensin di jalan setelah mengunjungi pom bensin.

Boleh saja, walaupun sudah mengisi bahan bakar di SPBU resmi, tetap perhatikan jumlah liter yang tertera pada dispenser bensin. Hal ini untuk menghindari penipuan dalam takaran bensin.

Maka Tips mengisi bensin mobil jangan terburu-buru untuk menghidupkan mesin. Pertama, pastikan selang bensin benar-benar terlepas dari lubang tangki dan petugas menutup tangki bensin mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.