5 Strategi Instagram Marketing yang Pasti Berhasil, Cobain!

  • Bagikan
5 Strategi Instagram Marketing Yang Pasti Berhasil, Cobain!
5 Strategi Instagram Marketing yang Pasti Berhasil, Cobain!

Digital marketing menjadi salah satu istilah yang paling banyak dikenal orang-orang di zaman ini. Bagaimana tidak, digital marketing dikatakan sebagai cara paling efektif di zaman digital ini dalam memperkenalkan bisnis mereka ke khalayak luas. Oleh karenanya, tidak heran jika orang-orang berlomba-lomba untuk terjun menekuni digital marketing, salah satunya mencari strategi Instagram marketing yang efektif.

Apa yang membuat Instagram marketing digandrungi para pemilik usaha? Apa saja yang perlu diketahui dalam menyusun strategi marketing online via Instagram? Baca artikel ini hingga selesai, ya!

Apa itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui platform media sosial Instagram dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak audiens. Dengan kata lain, meningkatkan brand awareness dari sebuah bisnis yang pada akhirnya berujung pada peningkatan penjualan.

Instagram Marketing secara umum terbagi menjadi dua kategori besar berdasarkan aktivitas yang dilakukan, yakni:

  • Taktik organik, seperti pembuatan konten untuk Instagram feeds, Instagram story, Reels, Instagram TV hingga interaksi dengan para pengguna lainnya.
  • Taktik berbayar, yakni penggunaan layanan iklan Instagram atau Instagram Ads maupun menyewa jasa influencer Instagram.

Pentingnya Instagram Marketing untuk Anda

Setelah mengetahui apa itu Instagram marketing, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya mengenai mengapa Anda perlu melakukan Instagram marketing? Apa pentingnya? Apa urgensinya?

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa Instagram marketing tidak perlu membutuhkan biaya yang terlalu besar, bahkan pada situasi tertentu dapat dilakukan tanpa uang sepeserpun, seperti misalnya menggunakan teknik organik.

Tidak heran, hal tersebut menjadi salah satu alasan utama mengapa Instagram marketing perlu untuk Anda lakukan. Namun, hal lain yang juga turut membuat Instagram marketing penting untuk dilakukan ialah potensinya.

Instagram merupakan salah satu media sosial terbesar di Indonesia, tercatat dengan jumlah pengguna aktif sekitar 99,9 juta pada bulan April 2022 lalu. Dengan jumlah semasif itu, urgensi untuk melakukan Instagram marketing kian meningkat. Berikut beberapa fakta dan data yang juga menggambarkan pentingnya Instagram marketing:

  • Forbes: sekitar 81% konsumen yang tertarik untuk membuat keputusan pembelian setelah melihat postingan temannya di sosial media.
  • Stackla: sebanyak 66% konsumen yang tergerak untuk melakukan pembelian terhadap produk baru, setelah melihat postingan sosial media milik orang lain terkait produk.
  • Hubspot: Setidaknya 71% dari konsumen yang akhirnya membuat keputusan pembelian setelah melihat referral yang ditawarkan melalui sosial media.

Informasi inilah, yang kemudian menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi para tenaga pemasar dan pengusaha, untuk membuat Instagram menjadi salah satu pilihan tenaga pemasar untuk mempromosikan produk dan brandnya.

5 Strategi Instagram Marketing yang Bisa Anda Coba

Kini Anda mengetahui apa itu Instagram marketing dan seberapa pentingnya untuk bisnis Anda. Sekarang, mari pelajari bagaimana strategi-strategi Instagram marketing terbaik dan terbukti untuk meningkatkan penjualan Anda. Mudah, lho! Berikut di antaranya:

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Ini merupakan langkah paling dasar dan wajib dilakukan oleh setiap orang atau pemilik bisnis yang hendak terjun ke dunia Instagram marketing. Mengapa demikian? Menggunakan akun Instagram bisnis akan memudahkan calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda, sekaligus memberikan kesan yang profesional dan kredibel.

Selain itu, fitur-fitur eksklusif yang tidak dapat ditemukan pada akun Instagram pribadi juga menjadi alasan mengapa strategi ini sangat diperlukan, seperti Instagram Ads ataupun insights. Insights inilah yang akan menjadi sumber data Anda dalam menentukan strategi lainnya.

2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Setelah merubah akun Instagram menjadi Instagram bisnis, strategi selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengoptimasi profil Instagram bisnis Anda. Ini dilakukan agar profil Instagram bisnis Anda semakin meyakinkan lagi di mata calon pelanggan.

Beberapa aspek yang perlu Anda optimasi terkait profil Instagram bisnis Anda adalah sebagai berikut:

  • Pilih username yang mudah dikenali.
  • Gunakan foto profil brand Anda.
  • Tulis bio yang menarik perhatian.
  • Masukkan Call to Action.
  • Sematkan link untuk meningkatkan konversi.

3. Konsistensi dalam Mengunggah Konten

Agar bisnis Anda meninggalkan kesan yang mendalam serta menempati top of mind pada audiens Anda, konsistensi dalam mengunggah konten adalah kunci. Namun, bukan berarti Anda harus melakukan spamming atau mengunggah konten secara berlebihan.

Tips konten Instagram yang baik adalah dengan membuat 10-11 konten per minggu. Sehingga, setiap harinya Anda memiliki opsi untuk melakukan upload sebanyak 1 atau 2 konten. Dengan demikian, konsistensi tetap terjaga tanpa terkesan terlalu spammy.

4. Cari Waktu yang Tepat dalam Posting Konten

Setiap media sosial memiliki prime timenya sendiri. Prime time adalah waktu dimana penggunaan sebuah platform sedang banyak-banyaknya pada periode waktu tertentu. Hal ini menjadi kesempatan emas tentunya.

Untuk Instagram sendiri, waktu yang paling tepat dalam mengunggah sebuah konten adalah sebagai berikut:

  • Senin: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Selasa: 11.00 AM – 2.00 PM
  • Rabu: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Kamis: 11.00 AM
  • Jumat: 11.00 AM – 12.00 PM
  • Sabtu: 11.00 AM
  • Minggu: 10.00 AM – 2.00 PM

5. Pakai Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform iklan dari Instagram. Strategi Instagram Marketing ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan postingan di akun bisnis Anda.

Ada dua cara untuk membuat Instagram Ads, yakni melalui Facebook Ads Manager dan langsung melalui Instagram itu sendiri.

Ginee Ads Kunci Sukses Strategi Instagram Marketing

Ingin sukses dengan menjalankan iklan digital melalui media Instagram tapi bingung bagaimana pengaturan dan setting budget yang tepat? Ginee Ads bisa memberikan solusi untuk masalah yang Anda hadapi.

Dengan teknologi berbasis AI yang canggih, Ginee akan membuat pemetaan terhadap potret dan perjalanan pelanggan Anda dan menyediakan strategi pemasaran yang paling sesuai dengan sifat pelanggan. Setelah itu, pemasangan iklan dan pengurusan akun iklannya juga akan di handle dengan Ginee Ads. Yuk,  lancarkan pemasaran Instagram Anda dengan konsultasikan ke Ginee Ads sekarang!

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *