5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain

  • Bagikan
5 Kekurangan Gambar Format Png Dari Pada Format Lain
5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain

5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain. Format PNG pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 oleh tim pengembang Internet Engineering Task Force (IETF) untuk menggantikan format file GIF, yang memerlukan biaya lisensi untuk digunakan. PNG merupakan format file yang bebas royalti dan open source, sehingga siapa saja dapat menggunakannya tanpa membayar biaya lisensi.

5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain

Gambar PNG dapat menyimpan gambar dengan latar belakang transparan dan mendukung gambar dengan banyak layer atau saluran alpha. Format file ini juga mendukung warna kedalaman hingga 24 bit, yang memungkinkan penyimpanan gambar dengan kualitas warna yang lebih tinggi.

Selain itu, PNG juga memiliki kemampuan untuk merekam informasi gamma pada gambar, yang memastikan warna yang dihasilkan sesuai dengan sumbernya.

Keuntungan lain dari format PNG adalah kemampuan untuk menyimpan gambar dengan data non-destruktif, yang berarti informasi asli pada gambar tidak hilang saat diedit atau disimpan ulang.

Baca juga :   Link Download Driver Epson L805 32bit 64bit dengan Cara Install

Baca juga : Kelebihan Proyektor Panasonic Wireless Projector di HP Android

PNG juga memungkinkan pengguna untuk mengompressi gambar tanpa menghilangkan detail, sehingga ukuran file yang dihasilkan relatif kecil dibandingkan dengan format file lain.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, gambar PNG juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain :

  1. Ukuran file yang besar Meskipun ukuran file PNG dapat lebih kecil daripada format file gambar lainnya, seperti BMP dan TIFF, tetapi ukuran file PNG dapat lebih besar daripada JPEG. Hal ini dapat menjadi masalah ketika Anda perlu mengirim atau memuat gambar PNG dengan ukuran yang besar. Ukuran file PNG yang besar dapat memakan banyak ruang penyimpanan dan memperlambat waktu pengunduhan di website atau aplikasi.
  2. Tidak cocok untuk gambar yang sederhana Gambar PNG tidak cocok untuk gambar yang sederhana atau dengan warna datar, seperti logo atau ikon, karena ukuran file yang besar dan sulit dikompres. Untuk gambar jenis ini, format file seperti GIF atau JPEG lebih cocok karena ukuran file yang lebih kecil dan kemampuan kompresi yang lebih baik.
  3. Tidak cocok untuk gambar dengan banyak detail bergerak Gambar PNG juga tidak cocok untuk gambar dengan banyak detail yang bergerak atau animasi. Hal ini disebabkan karena PNG tidak mendukung animasi dan frame-by-frame seperti format file animasi GIF. Untuk animasi, format file seperti GIF, APNG atau WEBP lebih cocok.
  4. Tidak mendukung semua browser Meskipun PNG merupakan format file gambar yang umum digunakan, namun masih ada beberapa browser lama yang tidak mendukung format file ini. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika menampilkan gambar PNG di website yang diakses oleh browser lama. Namun, sebagian besar browser modern saat ini sudah mendukung format file PNG.
  5. Tidak dapat disimpan dalam format grayscale Gambar PNG tidak dapat disimpan dalam format grayscale, yang dapat menjadi masalah ketika Anda hanya membutuhkan gambar dengan tingkat keabuan dan tidak perlu warna. Meskipun demikian, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan teknik konversi warna di software desain.
Baca juga :   5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Macet dan Eror

Baca juga : 6 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain

Secara keseluruhan dari 5 Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain diatas, PNG adalah format file gambar yang cukup populer dan memiliki banyak kelebihan.

Namun, Kekurangan Gambar Format PNG dari Pada Format Lain seperti ukuran file yang besar dan tidak cocok untuk gambar dengan banyak detail bergerak perlu diperhatikan ketika memilih format file yang tepat untuk kebutuhan desain grafis atau website.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *