5 Cara Mengatasi HP Tecno Pova dan Spark Layar Sentuh Tidak Bisa Setelah Jatuh Terkena Air

  • Bagikan
5 Cara Mengatasi Hp Tecno Pova Dan Spark Layar Sentuh Tidak Bisa Setelah Jatuh Terkena Air

Cara Mengatasi HP Tecno Pova dan Spark Layar Sentuh Tidak Bisa Setelah Jatuh Terkena Air. HP Tecno Pova dan Spark adalah dua ponsel yang populer di pasaran saat ini.

Namun, seperti halnya dengan semua perangkat elektronik, mereka juga rentan terhadap kerusakan, terutama jika terjatuh dan terkena air.

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah ponsel jatuh dan terkena air adalah layar sentuh yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

5 Cara Mengatasi HP Tecno Pova dan Spark Layar Sentuh Tidak Bisa Setelah Jatuh Terkena Air

Jika Anda mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Matikan HP dan lepaskan baterai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan HP secara langsung dan melepaskan baterainya. Ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat.

Jika Anda tidak dapat melepaskan baterai, pastikan untuk mematikan HP dan jangan mencoba menghidupkannya kembali sampai Anda yakin bahwa semua komponen dalam keadaan kering.

Baca juga: 4 Kekurangan atau Kelemahan HP Tecno Pova dan Spark yang Mungkin Anda Belum Tahu

2. Keringkan HP dengan handuk atau kertas tisu

Setelah Anda melepaskan baterai, gunakan handuk atau kertas tisu untuk mengeringkan ponsel secara menyeluruh. Pastikan untuk menghapus semua kelembaban yang ada di permukaan ponsel, termasuk di sekitar layar sentuh.

Hindari menggunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya, karena panas berlebih dapat merusak komponen dalam ponsel.

3. Letakkan HP dalam beras atau silica gel

Setelah mengeringkan permukaan ponsel, letakkan HP dalam wadah yang berisi beras atau silica gel. Kedua bahan ini dapat menyerap kelembaban dengan efektif.

Pastikan ponsel sepenuhnya tertutup dalam wadah tersebut dan biarkan selama setidaknya 24 jam. Ini akan membantu menghilangkan kelembaban yang mungkin masih ada di dalam ponsel.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi HP Tecno Pova dan Spark Lemot agar Menjadi Cepat Geraknya

4. Coba hidupkan kembali HP

Setelah 24 jam, coba pasang kembali baterai dan hidupkan HP. Periksa apakah layar sentuh sudah berfungsi dengan baik. Jika masih ada masalah, coba ulangi langkah-langkah sebelumnya atau bawa HP ke pusat layanan resmi Tecno untuk diperbaiki.

5. Pencegahan untuk masa depan

Untuk mencegah masalah serupa terjadi di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan. Pertama, hindari meletakkan HP di dekat air atau tempat-tempat yang lembab.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi HP Tecno Pova dan Spark Hang, Lemot, Macet yang Tidak Bisa Bergerak Sama Sekali

Kedua, gunakan casing pelindung yang tahan air untuk melindungi ponsel Anda. Terakhir, pastikan untuk mematikan HP dan melepaskan baterai jika terkena air atau terjatuh.

Dalam kesimpulan, jika Anda mengalami masalah dengan layar sentuh HP Tecno Pova dan Spark setelah jatuh dan terkena air, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, jika masalah tetap berlanjut, disarankan untuk membawa HP ke pusat layanan resmi Tecno untuk diperbaiki.

Selalu ingat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar masalah serupa tidak terjadi di masa depan.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *