4 Penyebab dan 6 Cara Mengatasi HP Realme Lemot

  • Bagikan
4 Penyebab dan 6 Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Performa smartphone yang lambat merupakan hal yang wajar terjadi. Jadi simak selengkapnya 4 Penyebab dan 6 Cara Mengatasi HP Realme Lemot.

Semua merek smartphone ketika sudah memasuki usia pemakaian di atas 6 bulan pasti akan menunjukkan gejala lamban, termasuk ponsel dari pabrikan realme. Untuk mengetahui penyebab hp realme lemot dan cara mengatasi masalah ini, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, ponsel tipe outlet realme cukup banyak konsumen di Tanah Air. Bukan hanya karena harganya yang cukup terjangkau, namun spesifikasi yang di usungnya pun cukup membuat konsumen Indonesia jatuh hati.

Beberapa Penyebab Lambatnya Hp Realme

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi hp realme lemot, kita harus tahu dulu apa penyebab masalah tersebut.

Karena bagaimana kita bisa memperbaiki masalah jika kita tidak tahu apa penyebabnya?

Begitu pula dengan ponsel realme yang mulai mengalami penurunan performa. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendiagnosis terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebabnya, yang selanjutnya akan kami ulas oleh editor.

Terlalu banyak aplikasi yang terinstal

Kegilaan memasang beberapa aplikasi dan game di perangkat smartphone, selain mengacaukan ruang penyimpanan, juga bisa membuat kinerja smartphone menjadi lambat.

Apalagi jika perangkat smartphone Anda hanya lengkap dengan RAM kecil 2/3 GB, ketika cukup banyak aplikasi yang di instal dan di jalankan secara bersamaan, dampaknya HP Realme lemot dan anda harus mengatasi ini.

baca juga : Cara Membuat QR Code Video YouTube di Android dan iOS

Ruang penyimpanan internal semakin penuh

Masih terkait dengan poin pertama, banyaknya aplikasi dan file yang terdapat di perangkat smartphone Anda akan menyebabkan ruang penyimpanan internal cepat terisi dan dapat menyebabkan kinerja smartphone terganggu atau melambat.

Karena seperti yang kita ketahui, ruang penyimpanan internal ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan file dan file multimedia, memori internal digunakan untuk menyimpan file cache dan data sementara.

Sehingga ketika memori internal sudah tidak memiliki ruang kosong lagi, tentunya perangkat yang di gunakan akan langsung bermasalah.

File sampah bertumpuk

Junk files atau cache dari berbagai aplikasi yang terinstall di perangkat realme kamu, jika jarang di bersihkan akan membuat kapasitas RAM menjadi padat dan sistem tidak dapat memuatnya dengan sempurna.

Juga, jika RAM perangkat Anda hanya 2GB, di jamin akan segera dihapus jika dalam sebulan tidak di bersihkan di bagian ini dari akumulasi sampah atau file cache.

Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab yang sudah di jelaskan pada poin sebelumnya, ketika hp realme lemot juga bisa di sebabkan oleh hal lain seperti, mungkin ada kesalahan pada sistem operasi, kemungkinan terinfeksi. perangkat lunak jahat. atau virus, dan berbagai penyebab lainnya.

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebabnya, untuk mengatasi masalah pelambatan ponsel realme, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

Cara mengatasi Hp realme lemot

Mengutip forum resmi smartphone realme, ada beberapa langkah yang bisa di lakukan jika perangkat realme yang di gunakan sudah mulai menunjukkan gejala pelambatan.

Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Uninstall atau uninstall aplikasi yang tidak di gunakan atau jarang digunakan.
  • Selalu rutin bersihkan file cache atau file sampah agar tidak menumpuk
  • Hapus juga sejumlah file yang sudah tidak di gunakan lagi, seperti foto atau video yang jarang di lihat atau file unduhan yang menumpuk.
  • Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi atau sistem operasi jika pembaruan terbaru tersedia
  • Lakukan pemindaian antivirus atau serupa untuk menentukan apakah ada kemungkinan perangkat terinfeksi malware atau sejenisnya.
  • Tips terakhir adalah melakukan factory reset pada perangkat untuk mengembalikan pengaturan atau setting seperti saat pertama kali membeli perangkat.

Baca juga : Daftar Fitur Baru Android 12 Terbaru dan Terupdate Rilis

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab hp real lemot dan juga tips atau langkah cara mengatasi masalah tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *