Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED Display dalam TV

  • Bagikan
Perbedaan Layar Qd-Oled Vs Qled Display Dalam Tv
Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED Display dalam TV

Zaman sekarang penggunaan layar TV semakin canggih. Kenali Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED Display dalam TV sebelum menentukan membeli TV terbaru.

Pasar televisi dipenuhi dengan berbagai jenis layar dan fitur yang diklaim dapat memberikan kualitas gambar yang sangat baik. Apa itu layar QD-OLED? dan QLED di TV.

Dan kini, untuk semakin membingungkan konsumen, telah muncul teknologi tampilan baru bernama QD-OLED atau QD Display.

Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED Display dalam TV

Seperti namanya, QD-OLED adalah teknologi tampilan hibrida yang mengambil elemen OLED dan menggabungkannya dengan titik-titik kuantum. Langsung saja berikut ini adalah Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED Display dalam TV :

QLED vs QD-OLED

Teknologi Quantum Dot bukanlah hal baru di pasar televisi. Ini digunakan di TV LED QLED atau Quantum Dot dari banyak produsen, termasuk Samsung.

Jadi, Anda benar-benar bisa mendapatkan gamut warna yang lebar dan akurasi warna yang sangat baik di TV QLED. Tapi elemen OLED dari layar QD-OLED yang benar-benar memisahkan kedua jenis layar ini.

Baca juga :   13 Cara Menghemat Baterai Vivo T1, T1X, T1 Snapdragon Agar Tahan Lama

Apa pengertian dari Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED? TV QLED adalah TV LED yang menggabungkan lapisan titik-titik kuantum. Jadi meskipun mungkin memiliki rendering warna yang lebih baik daripada TV LED lainnya, ia masih memiliki kekurangan yang sama seperti TV LED lainnya.

Misalnya, TV LED tidak dapat mencapai tingkat hitam optimal TV OLED atau QD-OLED, sehingga TV QLED mengalami kelemahan yang sama.

Juga, tergantung pada apakah mereka menggunakan panel tipe VA atau panel tipe IPS, TV QLED dapat memiliki sudut pandang sempit atau lebar. Kehadiran panel IPS secara signifikan mempengaruhi rasio kontras.

Tetapi sementara panel QD-OLED akan memiliki kecerahan yang lebih tinggi daripada panel OLED, TV QLED akan bergabung dengan TV QD-OLED di garis depan kecerahan.

Baca juga: Apa itu Pengertian Layar QD-OLED? dan QLED dalam TV

Baca juga :   3 Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan di HP Realme C55 NFC yang Mengganggu

Menurut grafik yang dibagikan oleh Samsung, layar QD-OLED atau QD dapat mencapai kecerahan maksimum 1.000 nits dalam HDR. Sebagai perbandingan, beberapa TV QLED memiliki kecerahan puncak lebih dari 1.500 nits. Sudah paham dengan Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED?

QD-OLED vs QLED

Sementara tampilan QD-OLED menawarkan beberapa keuntungan yang tersedia dengan panel OLED, mereka agak mirip dalam struktur. Ada dua perbedaan utama dalam cara kerjanya.

Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED pertama, seperti yang disebutkan, layar QD-OLED hanya menggunakan OLED biru, yang menghasilkan cahaya biru. Di sisi lain, panel TV OLED mengandung bahan OLED merah, hijau, dan biru.

Bahan-bahan ini bergabung untuk menciptakan cahaya putih, yang bertindak sebagai sumber cahaya untuk setiap piksel. Inilah sebabnya mengapa panel OLED yang digunakan di televisi modern juga disebut OLED putih.

Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED kedua adalah bagaimana panel QD-OLED dan OLED mengubah sumber cahaya utama untuk menghasilkan warna lain.

Baca juga :   Rekomendasi Laptop Terbaru untuk Mahasiswa Akuntansi

Alih-alih titik kuantum yang digunakan dalam tampilan QD-OLED, panel OLED menggunakan filter warna yang mengubah cahaya putih menjadi warna merah, hijau, biru, dan putih.

Mereka kemudian ditambahkan untuk membuat warna lain. Namun, filter warna ini tidak seefisien titik kuantum dan sebagian energi cahaya hilang, sehingga mengurangi kecerahan panel.

Meskipun perubahan ini akan membantu tampilan QD-OLED, yang kemungkinan akan memberikan kecerahan yang lebih tinggi, gamut warna yang lebih lebar, dan warna yang lebih realistis, panel masih rentan terhadap keausan.

Ini paling sering dikaitkan dengan panel OLED, dan karena panel QD-OLED juga menggunakan bahan organik, mereka juga akan terdegradasi dari waktu ke waktu dan mungkin harus berurusan dengan masalah pembakaran.

Terkait: 5 TV Analog VS TV Digital dalam Sinyal, Sistem, Ukuran, Layar dan Waktu

Terakhir dalam Perbedaan Layar QD-OLED vs QLED tidak seperti TV OLED, Anda tidak perlu khawatir TV QLED akan mati.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *