Mencegah Serangan SIM Swapping: Mengenal Bentuk Serangan dan Cara Perlindungan

  • Bagikan
Mencegah Serangan Sim Swapping: Mengenal Bentuk Serangan Dan Cara Perlindungan

Mencegah Serangan SIM Swapping: Mengenal Bentuk Serangan dan Cara Perlindungan. Penipuan melalui pertukaran SIM atau SIM swapping kembali menjadi sorotan karena efektivitasnya dalam mengakses komunikasi, akun, dan informasi sensitif.

Mencegah Serangan SIM Swapping: Mengenal Bentuk Serangan dan Cara Perlindungan

Kaspersky, perusahaan keamanan siber, menjelaskan definisi serangan ini serta bahayanya bagi bisnis, serta memberikan langkah-langkah untuk mencegahnya.

Apa Itu SIM Swapping?

SIM swapping adalah metode serangan di mana penyerang membajak nomor ponsel target dan mentransfernya ke perangkat mereka sendiri. Ini memungkinkan mereka untuk mengakses komunikasi dan akun terkait nomor telepon tersebut, dengan memanfaatkan pesan teks yang berisi kode verifikasi satu kali.

Baca juga: Arti Mimpi Mencukur Jenggot yang Panjang dan Tebal Secara Simbol

Cara Perlindungan dari Serangan SIM Swapping

1. Verifikasi Dua Langkah yang Kuat: Gunakan verifikasi dua langkah yang kuat dengan metode lain selain SMS, seperti aplikasi otentikasi.
2. Perhatikan Informasi Pribadi: Jaga informasi pribadi Anda tetap rahasia, hindari membagikannya di platform daring yang tidak terjamin.
3. Hubungi Operator Seluler: Pastikan untuk memberi tahu operator seluler Anda jika ada aktivitas yang mencurigakan pada akun Anda.
4. Gunakan Jasa Keamanan: Pertimbangkan untuk menggunakan layanan keamanan siber yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan seperti SIM swapping.

Baca juga :   Link Download Driver Epson L405 32Bit 64Bit¬†dengan Cara Install

Serangan SIM swapping merupakan ancaman serius bagi bisnis karena dapat memberikan akses kepada pelaku ke komunikasi dan informasi sensitif perusahaan. Dengan memahami bentuk serangan ini dan mengambil langkah-langkah perlindungan yang tepat, perusahaan dapat mengurangi risiko dan melindungi aset mereka dari serangan SIM swapping yang merugikan.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *